Pengertian Cerita Sejarah dan Jenis-jenisnya

Pengertian dan Istilah
Artikel yang menjelaskan pengertian dari sebuah istilah.
Konten dari Pengguna
31 Agustus 2023 14:50 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pengertian dan Istilah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pengertian Cerita Sejarah. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Pengertian Cerita Sejarah. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pengertian cerita sejarah adalah teks ini yang termasuk ke dalam jenis karya sastra prosa yang bersifat imajinatif. Meski imajinatif, namun ada kebenaran sejarah dalam teks ini.
ADVERTISEMENT
Untuk memahami cerita sejarah lebih baik, kamu bisa simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Cerita Sejarah?

Apa itu Cerita Sejarah. Foto: Unsplash
Menurut Modul Bahasa Indonesia Teks Cerita Sejarah dan Cerpen Sejarah karya Lies Supriyantini, pengertian cerita sejarah atau teks cerita sejarah adalah tulisan yang berisi fakta dari rentetan peristiwa sejarah.
Perlu diketahui bahwa teks cerita sejarah dan teks sejarah adalah dua hal yang berbeda. Teks sejarah adalah tulisan yang berisi cerita, kejadian, atau peristiwa yang benar-benar pernah terjadi atau berlangsung di masa lampau.
Sementara teks cerita sejarah adalah teks berupa cerita imajinatif yang ditulis dengan tokoh atau latar sejarah yang memang benar-benar terjadi secara faktual.
Walaupun cerita sejarah sifatnya imajinatif, namun tetap menggunakan unsur dan beberapa latar belakang dari sejarah faktual. Jadi, diperlukan riset mendalam agar tidak muncul kekeliruan sejarah.
ADVERTISEMENT
Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua peristiwa di masa lalu dapat digolongkan sebagai peristiwa sejarah. Suatu peristiwa dapat dianggap sejarah jika memenuhi beberapa syarat.
Beberapa syarat teks cerita sejarah antara lain adalah, peristiwa tersebut dapat memberikan dampak kepada banyak orang. Selain itu, teks cerita sejarah hanya dapat memuat peristiwa yang unik, abadi, dan dianggap penting.

Jenis Teks Cerita Sejarah

Jenis Cerita Sejarah. Foto: Unsplash
Terdapat dua jenis teks cerita sejarah, yakni fiksi dan nonfiksi. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Fiksi

Jenis teks cerita sejarah yang pertama adalah fiksi atau biasa dikenal dengan novel sejarah. Sebagai sebuah karya sastra, novel memang identik dengan karangan imajinatif.
Namun, banyak novel sejarah yang memuat fakta sejarah tentang suatu peristiwa. Misalnya, novel Laut Bercerita karangan Leila S. Chudori. Novel Laut Bercerita mengangkat sejarah peristiwa ketika para aktivis ditangkap dan disiksa pada masa Orde Baru.
ADVERTISEMENT
Selain novel, teks cerita sejarah juga dapat ditulis ke dalam bentuk cerpen, legenda, hingga roman. Pembuatan teks cerita sejarah berjenis fiksi biasanya dibuat sesuai data yang didapatkan dari sumber sejarahnya.

2. Nonfiksi

Jenis teks cerita sejarah yang kedua adalah nonfiksi atau biasa dikenal dengan teks sejarah. Berbeda dengan cerita fiksi yang mengandung sedikit karangan dari penulis, bentuk teks cerita sejarah nonfiksi murni berangkat dari fakta yang sebenarnya. Hal ini menjadikan teks cerita sejarah lebih kuat dalam bagian peristiwa, bukan penceritaan.
Contoh teks sejarah adalah biografi, autobiografi, catatan perjalanan, dan catatan sejarah. Sementara, salah satu karya populer yang termasuk teks sejarah adalah Catatan Seorang Demonstran karya Soe Hok Gie.
(DEL)