Pengertian E-book serta Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian dan Istilah
Artikel yang menjelaskan pengertian dari sebuah istilah.
Konten dari Pengguna
1 Maret 2024 12:36 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pengertian dan Istilah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi pengetian e-book. Foto: Pexels.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pengetian e-book. Foto: Pexels.
ADVERTISEMENT
E-book mungkin bukan istilah baru bagi sebagian besar orang, namun ada juga yang masih asing dengan istilah ini. Pengertian e-book secara sederhana adalah buku elektronik.
ADVERTISEMENT
Di era teknologi informasi yang terus berkembang, e-book telah menjadi pilihan yang semakin populer di kalangan pembaca muda. E-book menawarkan kenyamanan dan kepraktisan dalam membaca dan mencari informasi.
Untuk memahami pengertian e-book, serta manfaatnya sebagai literatur digital dalam artikel berikut.

Pengertian E-book

Ilustrasi pengertian e-book. Foto: Unsplash.
E-book adalah versi digital dari buku tradisional yang dapat diakses melalui perangkat elektronik seperti tablet, e-reader, atau komputer.
Buku elektronik atau e-book juga dapat diartikan sebagai konten digital yang dapat dibaca dan diakses dengan menggunakan perangkat elektronik.
Dikutip dari buku Cara Membuat Buku Digital Android: Seri Tutorial Mulai Dasar Sampai Upload ke Playstore, E-book (electronic book) sudah ada sejak 1971 saat astrofisikawan Michael Hart melakukan digitalisasi buku-buku dalam Project Guttenberg.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, penggunaan e-book di Indonesia sendiri baru berkembang sekitar tahun 2010-an dan jumlah pembacanya terus bertambah setiap tahunnya.

Kelebihan dan Kekurangan e-Book

Ilustrasi pengertian e-book. Foto: Unsplash.
E-book mempunyai peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Buku digital memberikan kemudahan akses ke berbagai materi bacaan tanpa perlu membawa banyak buku fisik.
Tak hanya praktis, berikut ini beberapa manfaat atau kelebihan e-book:

Tidak membutuhkan banyak tempat.

Beberapa situs ebook sudah memiliki fasilitas untuk menerjemahkan buku dalam berbagai bahasa.
ADVERTISEMENT
Membatasi penyalinan dan distribusi karya, menjual atau menggunakan teks dalam domain publik secara bebas dengan menggunakan proteksi keamanan lisensi "click-wrap".
Meski menawarkan segudang kelebihan, e-book juga punya mempunyai kekurangnnya. Adapun kekurangan buku elektronik sebagai berikut:

1. Pilihan bacaan terbatas

Kelemahan utama dari buku digital adalah kurangnya judul buku yangdapat disimpan oleh sebuah alat baca atau e-reader.

2. Ketergantungan pada gadget

Membaca buku digital dapat membuat seseorang ketergantungan pada gadget. E-reader harus selalu memastikan ponsel maupun laptop mereka memiliki daya yang cukup untuk mengakses e-book. Sebab, e-book tidak akan bisa diakses jika akses ke gadget terputus.

3. Mudah dibajak

E-book juga rentan digandakan secara ilegal oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

4. Gangguan pada indera mata

Salah satu kekurangan e-book lainnya adalah memberikan dampak negatif pada kesehatan mata. Paparan radiasi cahaya biru dari layar ponsel maupun laptop dapat membuat mata kering, lelah, iritasi, hingga penurunan fungsi penglihatan.
ADVERTISEMENT
(GLW)