Pengertian Gambar Dekoratif dan Macam-macam Motifnya

Pengertian dan Istilah
Artikel yang menjelaskan pengertian dari sebuah istilah.
Konten dari Pengguna
1 Maret 2024 17:04 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pengertian dan Istilah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi pengertian gambar dekoratif. Foto: Unsplash.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pengertian gambar dekoratif. Foto: Unsplash.
ADVERTISEMENT
Apa pengertian gambar dekoratif? Gambar dekoratif seringkali dijadikan penentu atmosfer dan gaya dalam desain interior. Motif gambar dekoratif dapat mempengaruhi keseluruhan suasana sebuah ruangan.
ADVERTISEMENT
Gambar dekoratif umumnya dihasilkan melalui teknik lukisan tangan. Teknik tersebut memberikan sentuhan personal dan unik. Namun saat ini, teknologi digital juga turut digunakan untuk menciptakan gambar dekoratif dengan presisi dan fleksibilitas yang tinggi.
Simak artikel berikut untuk mengetahui pengertian gambar dekoratif dan macam-macam motifnya.

Pengertian Gambar Dekoratif

Ilustrasi pengertian gambar dekoratif. Foto: Pixabay.
Gambar dekoratif dapat didefinisikan sebagai karya seni visual yang dirancang untuk memperindah dan mempercantik suatu ruang atau objek.
Tak hanya sekadar hiasan, gambar dekoratif memiliki tujuan untuk memberikan nuansa, suasana, atau bahkan menyampaikan pesan tertentu.
Penempatan yang cermat, pemilihan warna yang tepat, dan desain yang harmonis dapat memberikan kesan visual yang memikat dan memanjakan mata.
Gambar dekoratif juga bisa berperan sebagai sarana seseorang mengekspresikan diri dan identitasnya. Hal ini dilakukan melalui pemilihan motif, tema, hingga warna gambar dekoratif.
ADVERTISEMENT
Dalam penelitian yang dipublikasikan di Journal of Environmental Psychology, gambar dekoratif bisa mempengaruhi psikologis seseorang dengan menciptakan perasaan nyaman dan bahagia saat memandangnya.

Ragam Jenis Gambar Dekoratif

Ilustrasi pengertian gambar dekoratif. Foto: Moonwallstickers.
Gambar dekoratif dapat dituangkan dalam berbagai media. Media yang paling umum adalah lukisan. Jenis gambar dekoratif ini seringkali menjadi fokus utama dalam mendekorasi dinding ruangan.
Lukisan dari seniman terkenal atau hasil karya pribadi misalnya dapat memberikan sentuhan personal. Selain lukisan, berikut beberapa jenis gambar dekoratif.

1. Tekstil

Gambar dekoratif juga kerap dituangkan dalam tekstil atau kain, seperti taplak meja, sarung bantal, hingga tirai juga dapat dianggap sebagai gambar dekoratif. Pola yang dipilih dapat menciptakan dinamika visual dalam suatu ruangan.

2. Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan seperti ukiran kayu, patung, atau hiasan dinding unik juga bisa menjadi medium gambar dekoratif. Gambar dekoratif pada kerajinan tangan dapat memberikan sentuhan artistik dan keunikan tersendiri.
ADVERTISEMENT

Macam-macam Motif Gambar Dekoratif

Tren dalam gambar dekoratif terus berkembang dari waktu ke waktu. Menurut penelitian yang diterbitkan di International Journal of Design (2018), motif gambar dekoratif terkini mencakup penggunaan palet warna netral, geometri abstrak, dan fokus pada keberlanjutan dalam desain. Berikut macam-macam motif gambar dekoratif:

1. Floral

Motif bunga pada gambar dekoratif memberikan kesan feminin dan sentuhan romantis. Dikutip dari Decorative Arts Magazine, motif floral memberikan nuansa yang lembut dan anggun pada berbagai karya seni dekoratif.

2. Geometris

Geometris menonjolkan simetri dan keseimbangan, memberikan kesan modern dan kontemporer. Dalam Journal of Decorative Arts (2017) oleh Will Sutherland menyatakan bahwa motif geometris memainkan peran penting dalam seni dekoratif modern.

3. Abstrak

Motif abstrak pada gambar dekoratif dapat memberikan kebebasan seseorang dalam berekspresi. Jenis motif ini juga menciptakan karya yang unik dan personal.
ADVERTISEMENT
(GLW)