Pengertian Historiografi, Ciri-ciri, dan Fungsinya

Pengertian dan Istilah
Artikel yang menjelaskan pengertian dari sebuah istilah.
Konten dari Pengguna
13 Oktober 2023 9:31 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pengertian dan Istilah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pengertian Historiografi. Foto: Unsplash.com/Erika Fletcher
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pengertian Historiografi. Foto: Unsplash.com/Erika Fletcher
ADVERTISEMENT
Historiografi adalah disiplin ilmu yang mempelajari cara sejarah direkam, ditafsirkan, dan dianalisis. Ini adalah studi tentang cara manusia menciptakan narasi tentang masa lalu. Metode historiografi berubah secara signifikan dalam sejarahnya.
ADVERTISEMENT
Sejak awal sejarah, manusia selalu mencoba untuk merekam dan memahami masa lalu mereka. Dalam pandangan sejarah yang lebih modern, historiografi adalah kunci untuk memahami sejarah sebagai konsep dan praktik.

Pengertian Historiografi

Ilustrasi Pengertian Historiografi. Foto: Unsplash.com/Inaki Del Olmo
Historiografi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata, yakni "historia," yang berarti "sejarah," dan "graphein," yang berarti "menulis." Oleh karena itu, historiografi dapat diartikan secara harfiah sebagai "menulis sejarah."
Namun, arti sebenarnya dari historiografi lebih mendalam daripada sekadar menulis catatan sejarah. Ini melibatkan penelitian, analisis, dan interpretasi dokumen-dokumen sejarah.
Menurut Peter Burke, seorang sejarawan Britania, historiografi adalah studi tentang sejarah tulisan, atau lebih tepatnya, studi tentang sejarah tentang tulisan sejarah. Ini mencakup berbagai aspek, seperti:

1. Metodologi

Bagaimana sejarah direkam dan ditulis? Metode apa yang digunakan para sejarawan dalam menciptakan narasi sejarah?
ADVERTISEMENT

2. Narasi dan Tafsiran

Bagaimana narasi sejarah berkembang seiring waktu? Bagaimana perubahan dalam budaya, politik, dan sosial memengaruhi cara sejarah ditafsirkan?

3. Sumber

Bagaimana sumber sejarah digunakan dan diinterpretasikan? Apa peran arsip, dokumen, dan peninggalan lainnya dalam konstruksi sejarah?

4. Pengaruh Ideologi dan Budaya

Bagaimana ideologi dan budaya masa lalu memengaruhi penulisan sejarah?

5. Kepentingan Kontemporer

Bagaimana sejarah yang ditulis dapat memengaruhi isu-isu kontemporer dan politik?

Ciri-ciri Historiografi

Ilustrasi Pengertian Historiografi. Foto: Unsplash.com/Daniele Levis Pelusi
Historiografi memiliki ciri-ciri yang membedakannya dari sekadar menulis catatan sejarah. Beberapa ciri-ciri utama historiografi adalah:

1. Interpretatif

Historiografi tak sekadar merangkai fakta-fakta sejarah, tetapi juga memberi interpretasi atas peristiwa-peristiwa tersebut. Para sejarawan membuat kesimpulan berdasarkan bukti-bukti yang ada dan menafsirkan peristiwa sejarah.

2. Sumber Primer dan Sekunder

Historiografi mengandalkan sumber-sumber sejarah primer dan sekunder. Sumber primer adalah dokumen atau bukti-bukti yang dibuat selama periode yang sedang dipelajari, seperti surat-surat, catatan resmi, atau artefak sejarah. Sumber sekunder adalah karya-karya yang ditulis oleh para sejarawan tentang periode tersebut.
ADVERTISEMENT

3. Multidisipliner

Historiografi melibatkan berbagai disiplin ilmu, termasuk sejarah, sosiologi, antropologi, ekonomi, dan bahkan ilmu politik. Para sejarawan perlu memahami latar belakang sosial, budaya, dan politik dari periode yang mereka teliti.

4. Konstruksi Narasi

Para sejarawan menciptakan narasi yang menghubungkan peristiwa-peristiwa sejarah menjadi satu rangkaian yang koheren. Narasi ini dapat memiliki berbagai sudut pandang tergantung pada penulisnya, dan ini mencerminkan sifat subjektif dari historiografi.

5. Kritik Terhadap Sumber

Para sejarawan harus mempertanyakan sumber-sumber mereka, mengidentifikasi bias yang mungkin ada, dan mengukur keandalan informasi yang diberikan. Kritisisme terhadap sumber adalah langkah penting dalam historiografi.

Fungsi Historiografi

Ilustrasi Pengertian Historiografi. Foto: Unsplash.com//Chris Lawton
Historiografi berperan dalam pemahaman dan penganalisisan sejarah. Beberapa fungsi utama dari historiografi adalah sebagai berikut:

1. Menguak Bias dalam Sejarah

Historiografi membantu mengungkap bias yang mungkin ada dalam catatan sejarah. Bias ini bisa berupa bias gender, rasial, politik, atau sosial. Dengan demikian, historiografi membantu menyaring dan menafsirkan catatan sejarah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih obyektif.
ADVERTISEMENT

2. Meningkatkan Pemahaman Sejarah

Dengan pendekatan interpretatifnya, historiografi memungkinkan setiap orang untuk memahami lebih dalam peristiwa sejarah. Ini memberikan konteks yang lebih kaya dan penjelasan yang lebih mendalam tentang sejarah manusia.

3. Menciptakan Narasi Alternatif

Historiografi memungkinkan penciptaan narasi alternatif yang dapat membantu mengisi celah dalam catatan sejarah. Ini membuka pintu bagi sudut pandang yang sebelumnya mungkin diabaikan.

4. Merangsang Diskusi dan Debat

Historiografi mendorong diskusi dan debat tentang peristiwa sejarah dan makna di baliknya. Hal ini penting dalam pengembangan pemahaman kolektif tentang masa lalu.