Pengertian Iman, Islam, dan Ihsan, beserta Contohnya

Pengertian dan Istilah
Artikel yang menjelaskan pengertian dari sebuah istilah.
Konten dari Pengguna
22 November 2023 8:59 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pengertian dan Istilah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pengertian Iman, Islam, dan Ihsan. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Pengertian Iman, Islam, dan Ihsan. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Iman, Islam, dan Ihsan adalah tiga konsep penting dalam agama Islam yang saling terkait dan tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Ketiganya membentuk segitiga sama sisi yang menjadi kerangka dasar ajaran Islam.
ADVERTISEMENT
Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian Iman, Islam, dan Ihsan, serta memberikan contoh-contoh yang dapat membantu memahaminya.

Pengertian Iman, Islam, dan Ihsan

Mengutip dari laman Universitas Islam An Nur Lampung, Iman adalah keyakinan yang menjadi dasar akidah. Kata "Iman" berasal dari Bahasa Arab yang memiliki beberapa arti, termasuk percaya, tunduk, tentram, dan tenang.
Secara lebih mendalam, Iman dipahami sebagai pembenaran (التصديق) dan keyakinan yang kuat terhadap ajaran agama. Iman adalah percaya dengan cara membenarkan sesuatu dalam hati, kemudian diucapkan oleh lisan, dan dikerjakan dengan amal perbuatan.
Iman tersebut meliputi enam perkara yang disebut dengan rukun iman, yaitu:
ADVERTISEMENT
Pengertian Iman, Islam, dan Ihsan. Foto: Pexels
Secara etimologi, pengertian Islam memiliki makna selamat, tidak cacat, dan sejahtera. Islam juga berarti ketundukan (taslim), kepasrahan, menerima, tidak menolak, tidak membantah, dan tidak membangkang.
Islam adalah agama yang mengajarkan keselamatan dan penyerahan diri kepada kehendak Allah. Selain aspek keyakinan (iman), Islam juga mencakup perintah-perintah Allah yang harus diikuti oleh umat-Nya, yakni bersyahadat bahwa tidak ada Tuhan kecuali Allah dan rasulNya, mendirikan sholat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan, dan mengerjakan haji bila mampu.
Kemudian, Ihsan adalah upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melakukan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya. Ini adalah tingkatan tertinggi dalam praktek keagamaan di mana seseorang melakukan perbuatan baik tidak hanya karena kewajiban, tetapi juga karena cinta kepada Allah. Ihsan melibatkan kesadaran yang mendalam akan kehadiran Allah dalam setiap aspek kehidupan.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari laman muhammadiyah.or.id, penerapan Iman, Islam, dan Ihsan dalam kehidupan sehari-hari juga disebutkan dalam hadis Rasulullah SAW:
ADVERTISEMENT

Contoh Perilaku Iman, Islam, dan Ihsan

Pengertian Iman, Islam, dan Ihsan. Foto: Pexels
Contoh-contoh Iman, Islam, dan Ihsan dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa contoh:
ADVERTISEMENT
(IR)