Pengertian Medan Magnet, Fungsi, dan Contohnya

Pengertian dan Istilah
Artikel yang menjelaskan pengertian dari sebuah istilah.
Konten dari Pengguna
6 Oktober 2023 18:46 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pengertian dan Istilah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pengertian Medan Magnet. Foto: Unsplash.com/
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pengertian Medan Magnet. Foto: Unsplash.com/
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Medan magnet berperan dalam berbagai aspek kehidupan mulai dari komunikasi, ilmu medis, hingga teknologi transportasi. Medan magnet memiliki pengaruh yang dapat dirasakan di dalam suatu daerah yang disebut sebagai garis medan magnet.
ADVERTISEMENT
Artikel ini akan membahas lebih lanjut pengertian medan magnet, fungsi, dan berbagai contohnya yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Medan Magnet

Ilustrasi Pengertian Medan Magnet. Foto: Unsplash.com/Dan Cristian Padure
Medan magnet adalah daerah di sekitar magnet atau benda yang memiliki sifat magnetik saat medan magnet tersebut memengaruhi benda lain yang memiliki sifat magnetik atau partikel bermuatan seperti elektron.
Medan magnet ini diciptakan oleh pergerakan partikel bermuatan dalam materi yang memiliki sifat magnetik. Salah satu ciri khas dari medan magnet adalah adanya kutub utara dan kutub selatan. Medan magnet akan saling menarik jika kutub yang berbeda bertemu, atau saling tolak jika kutub yang sama bertemu.
Garis medan magnet ini membentuk pola yang tertutup, dengan garis-garis medan yang keluar dari kutub utara dan masuk ke kutub selatan. Ini adalah konsep dasar dalam fisika yang digunakan untuk menjelaskan berbagai fenomena yang melibatkan magnetisme.
ADVERTISEMENT

Bagaimana Medan Magnet Terbentuk

Ilustrasi Pengertian Medan Magnet. Foto: Unsplash.com/Roberto Sorin
Medan magnet terbentuk melalui pergerakan partikel bermuatan dalam suatu benda yang memiliki sifat magnetik. Ini dapat terjadi pada tingkat atomik saat elektron dalam atom bergerak mengelilingi inti atom.
Elektron memiliki muatan negatif dan bergerak mengelilingi inti atom yang memiliki muatan positif. Gerakan ini menciptakan medan magnet yang terkait dengan atom tersebut.
Dalam materi ferromagnetik seperti besi dan nikel, atom-atom memiliki momen magnetik alami yang disebut spin. Ketika materi ferromagnetik ini dijepit dalam medan magnet eksternal, momen-momen magnetik atom-atom tersebut akan merata sehingga menghasilkan medan magnet yang kuat. Inilah mengapa benda-benda seperti besi dapat menjadi magnet setelah terpapar medan magnet eksternal.
ADVERTISEMENT
Selain itu, medan magnet juga dapat dihasilkan oleh arus listrik yang mengalir melalui kawat. Ini dikenal sebagai elektromagnet. Ketika arus listrik mengalir melalui kawat, ia menciptakan medan magnet sepanjang kawat tersebut.

Fungsi Medan Magnet

Ilustrasi Pengertian Medan Magnet. Foto: Unsplash.com/Valentin Antonucci
Medan magnet memiliki berbagai fungsi dalam berbagai aspek kehidupan. Di bawah ini fungsi utama dari medan magnet:

1. Komunikasi dan Teknologi Informasi

Medan magnet digunakan dalam pembacaan dan penulisan data pada perangkat penyimpanan seperti hard drive komputer. Data disimpan dalam bentuk medan magnetik yang dapat direkam dan diakses.

2. Kesehatan

Dalam dunia medis, medan magnet digunakan dalam perangkat Magnetic Resonance Imaging (MRI) untuk menghasilkan gambar internal tubuh manusia. Ini membantu dalam diagnosis penyakit dan kondisi medis.

3. Transportasi

Medan magnet digunakan dalam kereta magnetik (maglev) yang mengapung di atas rel magnet dan bergerak tanpa gesekan. Ini memungkinkan kereta maglev mencapai kecepatan tinggi.
ADVERTISEMENT

4. Energi Listrik

Medan magnet digunakan dalam generator listrik untuk menghasilkan energi listrik. Ketika medan magnet berinteraksi dengan kawat yang bergerak, ia menciptakan aliran listrik dalam kawat tersebut.

5. Industri

Medan magnet digunakan dalam industri untuk berbagai aplikasi seperti pemisahan logam dari campuran, proses galvanisasi, dan bahkan dalam pembuatan barang elektronik.

Contoh Medan Magnet

Ilustrasi Pengertian Medan Magnet. Foto: Unsplash.com/Dan Cristian Padure

1. Medan Magnet Bumi

Salah satu contoh paling umum dari medan magnet adalah medan magnet Bumi. Bumi bertindak seperti magnet raksasa dengan kutub utara magnetik di dekat Kutub Utara geografis dan kutub selatan magnetik di dekat Kutub Selatan geografis.
Medan magnet Bumi ini melindungi planet dari radiasi berbahaya dan memungkinkan penggunaan kompas sebagai alat navigasi.

2. Medan Magnet Elektromagnetik

Elektromagnet adalah jenis khusus dari medan magnet yang dapat dihasilkan dengan mengalirkan arus listrik melalui kawat yang dililitkan di sekitar inti besi. Contoh umumnya adalah elektromagnet yang digunakan dalam relay, motor listrik, dan berbagai perangkat elektronik.
ADVERTISEMENT

3. Medan Magnet Dalam MRI

Dalam perangkat MRI, medan magnet yang kuat digunakan untuk menghasilkan gambar internal tubuh manusia. Medan magnet ini diciptakan oleh superkonduktor yang dijaga pada suhu sangat rendah, sehingga menghasilkan medan magnet yang sangat kuat.