Pengertian Pidato dan Jenis-jenisnya

Pengertian dan Istilah
Artikel yang menjelaskan pengertian dari sebuah istilah.
Konten dari Pengguna
20 April 2023 13:15 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pengertian dan Istilah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pengertian pidato. Foto: Freepik
zoom-in-whitePerbesar
Pengertian pidato. Foto: Freepik
ADVERTISEMENT
Pidato adalah sebuah kegiatan yang umum dilakukan untuk memberikan informasi dan juga memengaruhi khalayak. Sudah dipelajari sejak duduk di bangku sekolah, ini pengertian pidato dan jenis-jenisnya
ADVERTISEMENT
Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pidato adalah sebuah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada banyak orang. Pidato juga bisa diartikan sebagai wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.

Mengenal Pengertian Pidato

Pengertian pidato. Foto: Unsplash
Secara umum, pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan khalayak atau banyak orang yang dilakukan dengan menggunakan bahasa yang baik dan dapat diterima oleh khalayak, atau dalam kata lan menggunakan retorika yang baik. Umumnya, pidato dilakukan untuk menyampaikan sebuah gagasan.
Guna memahami lebih dalam mengenai pengertian pidato, berikut pengertian pidato menurut para ahli:
ADVERTISEMENT
Jika dirangkum, maka pidato memiliki beberapa tujuan, mulai dari memberikan sapaan, memberikan informasi, memengaruhi khalayak (pendengar), menghibur khalayak, dan juga meyakinkan khalayak atas gagasan yang coba dibawakan.

Jenis-jenis Pidato

Presiden Jokowi memberikan pidato saat meresmikan Mayapada Hospital Bandung, Senin (6/3/2023). Foto: Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden
Dari beberapa tujuannya tersebut, pidato juga dibagi menjadi beberapa jenis yang memiliki karakteristik masing-masing, mulai dari pidato informatif, argumentatif, rekreatif, dan persuasif, berikut informasinya:

1. Pidato Informatif

Pidato informatif adalah jenis pidato yang umum ditemui, yakni sebuah pidato yang bertujuan untuk menyampaikan pengetahuan atau informasi penting pada khalayak. Kemudian, informasi yang diberikan pada khalayak tersebut diharapkan bisa diterima dengan baik.
Menurut Monroe, Ehninger, dan Gronbeck, pidato informatif bisa dibagi menjadi tiga macam, yakni laporan lisan (oral reports), pengajaran (oral instruction), dan kuliah (informative lectures).
ADVERTISEMENT

2. Pidato Argumentatif

Pidato argumentatif adalah jenis pidato yang di dalamnya mengandung dalil, argumentasi, data, dan alasan yang berfungsi sebagai penolak atau pendukung sebuah pernyataan.

3. Pidato Rekreatif

Pidato rekreatif adalah jenis pidato yang bertujuan untuk menyuguhkan kegembiraan yang bisa dinikmati bersama-sama dengan penuh rasa persaudaraan atau kekeluargaan. Jadi, sang komunikator bisa menambahkan humor agar proses penyampaian bisa terasa lebih hangat.

4. Pidato Persuasif

Pidato persuasif adalah jenis pidato yang bertujuan untuk memengaruhi khalayak, atau lebih tepatnya memengaruhi sikap serta tindakan seseorang. Biasanya, komunikator dalam pidato persuasif akan menggunakan manipulasi psikologi agar khalayaknya bertindak layaknya kehendaknya sendiri.
Demikianlah informasi mengenai pengertian pidato dan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat.
(AA)