Pengertian Profesional: Landasan Kesuksesan dalam Dunia Kerja

Artikel yang menjelaskan pengertian dari sebuah istilah.
Konten dari Pengguna
25 September 2023 16:27 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pengertian dan Istilah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pengertian profesional dalam dunia kerja. Foto: Unsplash/Hunters Race
ADVERTISEMENT
Pengertian profesional adalah konsep penting dalam dunia kerja yang mencerminkan kualitas, perilaku, dan sikap yang diterapkan oleh individu dalam lingkungan pekerjaan.
ADVERTISEMENT
Hal tersebut menjadi tolak ukur penting yang mendorong para pekerja untuk mencapai kesuksesan dalam kariernya. Profesionalisme juga mencakup beberapa aspek, termasuk etika, pengetahuan, keterampilan, dan komitmen.
Lalu, apa arti profesional dalam bekerja? Berikut ini adalah pengertian beserta karakteristik dan perannya.

Pengertian Profesional

Profesional mencerminkan dedikasinya terhadap pekerjaan. Foto: Unsplash/Austin Distel
Profesional adalah suatu sikap dan perilaku yang mencerminkan dedikasi terhadap pekerjaan atau profesi yang dijalani. Hal ini mencakup berbagai elemen, termasuk etika, pengetahuan, keterampilan, dan tanggung jawab.
Seorang profesional juga harus berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dalam pekerjaannya. Kemudian, mengikuti standar etika yang tinggi dan berupaya untuk meningkatkan kualitas dirinya.
Jika ingin menjadi seorang profesional, maka pekerja harus memiliki kemampuan untuk menjaga integritas, kualitas, dan etika dalam segala aspek pekerjaan yang dijalankan.
ADVERTISEMENT
Selain itu, seorang profesional juga perlu memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik, bekerja sama dalam tim, dan menangani konflik dengan bijak.
Lalu, profesional juga mampu mengambil inisiatif, mengatasi masalah, dan membuat keputusan yang tepat berdasarkan pengetahuan dan pengalaman.
Tak hanya tampilan luarnya saja, tetapi juga harus memperhatikan sikap dan perilaku yang mencerminkan dedikasi terhadap pekerjaan dan tanggung jawab.

Karakteristik Profesional

Ada beberapa karakteristik yang dimiliki seorang profesional. Foto: Unsplash/Christina @ wocintechchat.com
Berikut ini adalah beberapa karakteristik yang harus dimiliki seorang profesional:
ADVERTISEMENT

Peran Profesional dalam Karier

Kesuksesan karier tergantung dari peran yang dimiliki profesional. Foto: Unsplash/Dylan Gillis
Seperti penjelasan di atas, profesional memainkan peran penting dalam kesuksesan karier mereka. Ketika seseorang menjalani pekerjaannya dengan sikap profesional, maka beberapa hal ini bisa terjadi:
Itulah pengertian profesional yang perlu diketahui. Kesimpulannya, seorang profesional harus memiliki sikap dan perilaku yang mencerminkan dedikasi terhadap pekerjaan dan profesinya.
ADVERTISEMENT
(SOF)