Pengertian Public Speaking, Sebuah Seni Berbicara di Depan Umum

Pengertian dan Istilah
Artikel yang menjelaskan pengertian dari sebuah istilah.
Konten dari Pengguna
6 November 2023 6:11 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pengertian dan Istilah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi pengertian public speaking. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pengertian public speaking. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Public speaking, atau yang sering dikenal dengan sebutan berbicara di depan umum, adalah keterampilan komunikasi yang penting dalam kehidupan sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Kemampuan berbicara di depan umum tidak hanya diperlukan oleh para pembicara profesional, seperti politisi atau guru, tetapi juga bermanfaat bagi semua orang dalam berbagai situasi, mulai dari presentasi di kantor, pidato pernikahan, hingga berbicara di hadapan kelas.
Artikel ini akan mengupas pengertian public speaking, mengapa penting, serta bagaimana cara meningkatkannya.

Pengertian Public Speaking

Ilustrasi public speaking. Foto: Shutterstock
Public speaking adalah proses komunikasi di mana seseorang berbicara di depan audiens untuk menyampaikan pesan, ide, atau informasi. Hal ini melibatkan pemilihan kata, intonasi suara, gerakan tubuh, dan ekspresi wajah yang digunakan untuk mempengaruhi, menghibur, atau mengedukasi audiens.
Public speaking mencakup berbagai situasi, termasuk presentasi bisnis, pidato politik, ceramah agama, kuliah di kampus, dan berbicara di acara sosial.
ADVERTISEMENT
Menurut Scott M. Cutlip dan Allen H. Center, dua ahli komunikasi terkemuka, public speaking adalah suatu proses komunikasi yang berlangsung ketika satu orang atau lebih, yang bertindak sebagai pembicara, berbicara di hadapan sejumlah orang yang merupakan audiensnya, dan berusaha mempengaruhi pemikiran, sikap, atau tindakan mereka dalam hal tertentu.

Pentingnya Public Speaking

Ilustrasi public speaking. Foto: Shutterstock
Public speaking memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan dalam berbagai aspek kehidupan profesional. Berikut adalah beberapa alasan mengapa public speaking penting:

1. Menyampaikan Pesan dengan Efektif

Kemampuan berbicara di depan umum memungkinkan seseorang untuk menyampaikan pesan atau ide dengan jelas dan efektif kepada audiens. Ini membantu dalam komunikasi yang lebih baik, terutama dalam konteks bisnis di mana presentasi produk atau ide adalah hal yang umum.
ADVERTISEMENT
Menurut Dale Carnegie, seorang ahli dalam bidang hubungan manusia, sekali seseorang dapat berbicara di depan umum dengan baik, ia akan memperoleh kepercayaan diri yang tak ternilai dan kemampuan untuk memengaruhi orang lain.

2. Meningkatkan Karier

Kemampuan public speaking yang baik adalah aset berharga dalam karier. Orang yang dapat berbicara di depan umum dengan percaya diri cenderung mendapatkan promosi lebih cepat dan memiliki peluang yang lebih baik untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.
Menurut Bertram Austin Wolfe, seorang pakar dalam bidang psikologi sosial, kemampuan berbicara di depan umum adalah salah satu faktor yang paling penting dalam memengaruhi perkembangan karier seseorang.

3. Meningkatkan Kemampuan Sosial

Public speaking membantu meningkatkan kemampuan sosial seseorang. Ini melibatkan berinteraksi dengan audiens, memahami respon mereka, dan merespons dengan baik. Hal ini dapat memperkuat kemampuan komunikasi interpersonal seseorang.
ADVERTISEMENT

4. Memengaruhi Perubahan Sosial

Dalam konteks yang lebih luas, public speaking memiliki peran penting dalam memengaruhi perubahan sosial. Para pemimpin dan aktivis sering menggunakan kemampuan berbicara di depan umum untuk memobilisasi orang untuk tujuan-tujuan tertentu, seperti hak asasi manusia, keadilan sosial, atau pelestarian lingkungan.

Cara Meningkatkan Kemampuan Public Speaking

Bagaimana seseorang dapat meningkatkan kemampuan public speaking? Berikut adalah beberapa langkah yang dapat membantu:

1. Persiapan yang Matang

Persiapan yang matang adalah kunci keberhasilan dalam public speaking. Ini melibatkan penelitian yang mendalam tentang topik yang akan disampaikan, pembuatan rencana presentasi yang jelas, dan latihan berbicara.

2. Latihan Berbicara

Latihan berbicara adalah cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan public speaking. Latihan dapat dilakukan di depan cermin, dengan merekam diri sendiri, atau dengan berbicara di hadapan teman atau mentor.
ADVERTISEMENT

3. Pahami Audiens Anda

Pahami audiens Anda dengan baik. Ketahui siapa mereka, apa kebutuhan dan minat mereka, serta bagaimana Anda dapat menyampaikan pesan Anda dengan cara yang paling efektif untuk mereka.

4. Kuasai Teknik Tubuh dan Suara

Penggunaan gerakan tubuh yang tepat dan intonasi suara yang sesuai dapat memperkuat pesan Anda dan membuat presentasi lebih menarik.
(APS)