Bagaimana Generasi Z Mempengaruhi Desain Produk? Ini Preferensinya

Pengetahuan Umum
Menyediakan berbagai informasi seputar Generasi Z.
Konten dari Pengguna
27 Februari 2024 21:15 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pengetahuan Umum tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi memilih produk kosmetik. Foto: LinaGainanova/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi memilih produk kosmetik. Foto: LinaGainanova/Shutterstock
ADVERTISEMENT
Generasi Z tidak hanya mengubah lanskap budaya dan teknologi, tetapi juga memberikan pengaruh besar dalam penentuan desain produk. Generasi yang peduli akan isu-isu lingkungan ini begitu mengutamakan konsep keberlanjutan dalam desain produk.
ADVERTISEMENT
Menurut penelitian, Generasi Z juga cenderung memiliki selera konsumsi yang unik dan menarik. Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi bagaimana karakteristik konsumsi Generasi Z membentuk arah desain produk, mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhinya, serta menyelami studi kasus produk yang berhasil menghadapi tantangan dan peluang dalam pasar yang semakin dinamis.
Siapkan diri Anda untuk memahami esensi dari generasi yang tak hanya mengonsumsi, tetapi juga menginspirasi desain produk masa depan. Simak selengkapnya dalam artikel berikut ya.

Karakteristik Generasi Z dalam Konsumsi Produk

Ilustrasi susu kemasan. Foto: Mark E. Gibson/Getty Images
Tentu, karakteristik Gen Z dalam konsumsi produk berbeda dengan Generasi X dan Y. Beberapa ciri khas yang melekat pada Gen Z antara lain:

1. Teknologi sebagai Inti Kehidupan

Generasi Z tumbuh di era teknologi yang masif sehingga tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-harinya. Karena kondisi ini, mereka cenderung mencari produk yang terhubung dengan teknologi, baik dalam bentuk fungsionalitas yang lebih canggih maupun pengalaman pengguna yang lebih intuitif.
ADVERTISEMENT

2. Tanggung Jawab Sosial dan Keberlanjutan

Kesadaran akan isu-isu lingkungan dan sosial menjadi perhatian utama bagi Generasi Z. Mereka cenderung mencari produk-produk yang dibuat secara bertanggung jawab, ramah lingkungan, dan mendukung nilai-nilai sosial yang positif.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Desain Produk

Ilustrasi minuman energi dalam kemasan kaleng Foto: dok. Sciencemag
Sikap dan karakternya yang cenderung berbeda, menjadikan Generasi Z membawa pengaruh yang cukup besar bagi perkembangan desain produk. Apa sajakah itu?

1. Inovasi dan Uniknya Produk

Generasi Z tertarik pada produk-produk yang inovatif dan unik. Ketika menggunakan produk, mereka akan mencari tampilan dan pengalaman pemakaian yang berbeda. Itu mengapa desain produk perlu menyesuaikan dengan kebutuhan akan inovasi tersebut.

2. Fungsionalitas dan Kesederhanaan yang Diinginkan

Kesederhanaan dan fungsionalitas menjadi faktor penting dalam penentuan desain produk. Generasi Z menginginkan produk-produk yang mudah digunakan dan memberikan nilai tambah dalam kehidupan sehari-harinya.
ADVERTISEMENT

3. Pengalaman Pengguna yang Mendalam

Generasi Z menginginkan pengalaman pengguna atau testimoni yang asli. Mereka akan menaruh loyalitas pada produk yang mampu terhubung secara emosional dengan konsumen. Desain produk perlu mempertimbangkan aspek-aspek ini untuk memenuhi harapan mereka akan pengalaman yang memuaskan.

Studi Kasus Desain Produk yang Berhasil

Ilustrasi jus buah dalam kemasan. Foto: Shutter Stock
Beberapa peneliti telah melakukan riset terkait pola Generasi Z terhadap desain produk. Mereka pun menyimpulkan sejumlah studi kasus yang dinilai berhasil. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

1. Teknologi yang Memenuhi Kebutuhan Sehari-hari

Contoh produknya yaitu smartphone. Produk ini dilengkapi fitur-fitur yang dapat memudahkan aktivitas sehari-hari, mampu mengelola waktu, melancarkan komunikasi, dan memudahkan akses informasi.

2. Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan

Produk-produk yang dirancang dengan menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan dan proses produksi yang berkelanjutan sangat menarik perhatian Gen Z. Contohnya yaitu botol minum yang terbuat dari material daur ulang.
ADVERTISEMENT

3. Desain yang Melibatkan Pengguna

Produk-produk yang melibatkan pengguna dalam proses desain, seperti platform digital yang memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi dalam menciptakan produk baru sangat diutamakan. Produk ini mampu menambah ketertarikan Gen Z terhadap produk.

Tantangan dan Peluang bagi Desainer Produk

Ilustrasi membaca label produk skin care. Foto: Shutterstock
Tentu, tidak selalu berjalan mulus. Desainer produk kerap menghadapi tantangan dan peluang ketika menghadapi selera Generasi Z terhadap desain produk miliknya. Apa saja?

1. Menarik Perhatian Generasi Z

Tantangan bagi desainer produk adalah untuk dapat menarik perhatian Generasi Z. Sebab, mereka cenderung selektif dalam memilih produk.

2. Potensi Pasar yang Besar

Generasi Z dapat menjadi target pasar yang potensial. Dengan mengandalkan preferensi Gen Z yang unik, desainer produk bisa menciptakan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan dan selera mereka.

3. Kolaborasi dengan Pengguna

Kolaborasi dengan pengguna menjadi kunci dalam merancang produk yang dapat memenuhi kebutuhan dan harapan Generasi Z. Desainer harus melibatkan mereka dalam proses desain demi meningkatkan tingkat penerimaan dan kepuasan terhadap produk.
ADVERTISEMENT