Bagaimana Generasi Z Meredefinisi Konsep Kecantikan

Pengetahuan Umum
Menyediakan berbagai informasi seputar Generasi Z.
Konten dari Pengguna
7 Maret 2024 12:46 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pengetahuan Umum tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Bagaimana Generasi Z Mempengaruhi Konsep Kecantikan. Foto: Nattakorn_Maneerat/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Bagaimana Generasi Z Mempengaruhi Konsep Kecantikan. Foto: Nattakorn_Maneerat/Shutterstock
ADVERTISEMENT
Generasi Z telah menjadi kekuatan yang signifikan dalam merubah paradigma konsep kecantikan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi bagaimana Generasi Z mempengaruhi dan meredefinisi standar kecantikan tradisional, serta bagaimana hal ini memengaruhi industri kecantikan secara keseluruhan, berdasarkan pada penelitian dan sumber-sumber yang kredibel.
ADVERTISEMENT

Kebebasan Berekspresi dan Keragaman

Generasi Z dikenal karena nilai-nilai inklusivitas dan keragaman yang mereka anut. Mereka menolak standar kecantikan yang sempit dan normatif, dan lebih menghargai keragaman dalam segala hal, termasuk dalam penampilan fisik.
Generasi Z cenderung lebih terbuka terhadap berbagai jenis kecantikan yang tidak terwakili dalam media mainstream, seperti kecantikan beragam etnis, bentuk tubuh, dan identitas gender.

Pengaruh Media Sosial

Media sosial memainkan peran penting dalam membentuk persepsi kecantikan Gen Z. Instagram, TikTok, dan YouTube telah menjadi tempat bagi individu untuk berbagi pandangan tentang kecantikan serta mengekspresikan kreativitas mereka dalam merias wajah dan tubuh.
Influencer media sosial memiliki pengaruh besar dalam menentukan tren kecantikan yang diterima oleh Generasi Z. Mereka memperkenalkan konsep kecantikan yang lebih realistis dan beragam, yang berbeda dari citra kecantikan yang sering ditampilkan dalam media tradisional.
Ilustrasi Bagaimana Generasi Z Mempengaruhi Konsep Kecantikan. Foto: dok. Gustavian Garin/ kumparan

Gerakan "Body Positivity"

Gerakan "body positivity" atau positivitas tubuh juga telah menjadi bagian integral dari konsep kecantikan Generasi Z. Mereka menolak ide kecantikan yang didasarkan pada standar fisik tertentu dan mengadvokasi penerimaan diri dan self-love untuk semua jenis tubuh.
ADVERTISEMENT
Generasi Z sering menggunakan platform media sosial untuk menyuarakan dukungan mereka terhadap gerakan "body positivity" dan untuk mempromosikan pesan-pesan tentang kecantikan yang inklusif dan beragam.

Keterlibatan dalam Aktivisme Kecantikan Berkelanjutan

Generasi Z juga aktif dalam memperjuangkan perubahan dalam industri kecantikan. Mereka menuntut transparansi dari merek-merek kecantikan, termasuk dalam hal representasi tubuh yang realistis, keberlanjutan, dan keamanan produk.
Generasi Z sering menggunakan kekuatan kolektif mereka untuk menekan merek-merek kecantikan agar lebih bertanggung jawab dan sensitif terhadap kebutuhan konsumen yang beragam.

Tren "No Makeup" dan "Natural Beauty"

Tren "no makeup" atau tanpa riasan, serta penekanan pada "natural beauty" juga menjadi ciri khas dari konsep kecantikan Generasi Z. Mereka cenderung lebih memilih tampilan yang minimalis dan au naturel, dengan fokus pada perawatan kulit dan kesehatan fisik secara keseluruhan.
ADVERTISEMENT
Permintaan akan produk-produk kecantikan yang ringan dan bersifat alami telah meningkat secara signifikan sebagai respons terhadap preferensi konsumen Generasi Z.
Ilustrasi Bagaimana Generasi Z Mempengaruhi Konsep Kecantikan. Foto: aslysun/Shuttterstock

Membuka Jalan untuk Kecantikan yang Lebih Inklusif

Generasi Z telah memainkan peran penting dalam meredefinisi konsep kecantikan menjadi sesuatu yang lebih inklusif, realistis, dan beragam. Dengan menolak standar kecantikan yang sempit dan normatif, mereka telah membuka jalan bagi kecantikan yang merayakan keragaman dalam segala aspeknya.
Industri kecantikan harus terus beradaptasi dengan nilai-nilai dan preferensi Generasi Z, karena mereka merupakan kekuatan utama yang membentuk tren serta standar kecantikan masa depan.