Meningkatnya Popularitas E-Sport di Kalangan Generasi Z

Pengetahuan Umum
Menyediakan berbagai informasi seputar Generasi Z.
Konten dari Pengguna
4 Maret 2024 20:36 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pengetahuan Umum tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tim eSport PSG.LGD di turnamen The International 2018. Foto: Bob Frid/USA TODAY Sports via Reuters
zoom-in-whitePerbesar
Tim eSport PSG.LGD di turnamen The International 2018. Foto: Bob Frid/USA TODAY Sports via Reuters
ADVERTISEMENT
E-Sport atau olahraga elektronik telah menjadi fenomena global yang cukup populer. Istilah ini mendapatkan tempat yang spesial di kalangan para Generasi Z.
ADVERTISEMENT
Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Generasi Z menunjukkan minat yang besar dalam bermain dan menyaksikan pertandingan e-sport. Pertanyaannya adalah, mengapa e-sport begitu diminati oleh Generasi Z?
Mari kita telusuri lebih dalam mengenai fenomena ini dan apa dampaknya terhadap budaya dan industri hiburan. Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Faktor-faktor yang Mendorong Popularitas E-Sport

Tim Esport Telkomsel, Kagendra, yang bakal wakili Indonesia di turnamen Call of Duty Mobile World Championship 2023 di AS. Foto: Dok. Telkomsel
Popularitas E-Sport semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Adapun faktor penyebabnya adalah sebagai berikut:

1. Koneksi Digital yang Kuat

Generasi Z tumbuh di era ketika teknologi digital menginterupsi kehidupan sehari-harinya. Mereka memiliki akses yang mudah dan cepat ke perangkat-perangkat teknologi, seperti smartphone dan komputer.
Kemudahan ini memungkinkan mereka untuk terhubung dengan permainan e-sport secara mudah. Dengan koneksi internet yang stabil, mereka dapat bermain dan berkompetisi secara online dengan pemain lain di seluruh dunia.
ADVERTISEMENT

2. Komunitas yang Solid

E-Sport menjadi bagian dari sebuah komunitas. Generasi Z menemukan kedekatan dan persahabatan dalam komunitas e-sport, di mana mereka dapat berinteraksi dengan sesama pemain.
Kemudian, mereka juga bisa belajar dari yang lebih berpengalaman dan bekerja sama untuk meraih kemenangan. Komunitas ini menciptakan rasa kepemilikan dan identitas yang kuat di antara para penggemar e-sport.

Pengaruh Media Sosial dan Streaming Platform

Ilustrasi eSport. Foto: Athit Perawongmetha/Reuters
Media sosial dan streaming platform memberikan pengaruh yang cukup banyak. Beberapa di antaranya yaitu:

1. Penyiaran Langsung dan Konten E-Sport

Platform streaming menjadi wadah bagi para penggemar e-sport untuk menonton pertandingan langsung dan konten terkait e-sport. Melalui berbagai acara yang disiarkan secara langsung, Generasi Z dapat dengan mudah mengakses dan menonton pertandingan favorit mereka di mana pun dan kapan pun.
ADVERTISEMENT
Hal ini memungkinkan mereka untuk tetap terhubung dengan dunia e-sport tanpa harus berada di tempat yang sama. Kemudahan teknologi memberikan keistimewaan tersendiri dalam menikmati konten.

2. Pengaruh Influencer dan Pro-Player

Influencer dan pro-player e-sport mampu meningkatkan minat Generasi Z di dunia e-sport. Melalui konten-konten mereka di media sosial dan platform streaming, mereka tidak hanya menghibur dan menginspirasi, tetapi juga membentuk tren dan budaya seputar e-sport.
Penggemar e-sport sering kali mengikuti dan meniru gaya hidup dan gaya bermain dari para influencer dan pro-player. Mereka merasa terinspirasi dengan sikap influencer tersebut.

Tantangan dan Peluang dalam Industri E-Sport

Ilustrasi eSport. Foto: Athit Perawongmetha/Reuters
Banyak tantangan dan peluang industri E-Sport dalam menggaet minat Gen Z, yaitu:

1. Tantangan dalam Penyediaan Infrastruktur

Salah satu tantangan utama dalam mengembangkan industri e-sport adalah penyediaan infrastruktur yang memadai, seperti tempat bermain dan fasilitas untuk turnamen. Diperlukan investasi yang besar dalam membangun infrastruktur tersebut.
ADVERTISEMENT
Investasi ini diperlukan guna mendukung pertumbuhan industri e-sport ke depannya. Indonesia yang tergolong sebagai negara berkembang memerlukan modal investasi yang lebih besar dibandingkan negara maju.

2. Peluang untuk Pertumbuhan dan Pengembangan

Meskipun demikian, ada banyak peluang untuk pertumbuhan dan pengembangan dalam industri e-sport. Industri e-sport memiliki potensi besar untuk terus berkembang dan menjadi bagian integral dari budaya hiburan global.
Dengan demikian, meningkatnya popularitas e-sport di kalangan Generasi Z tidaklah mengherankan. Dengan koneksi digital yang kuat, komunitas yang solid, pengaruh media sosial, dan dukungan dari berbagai pihak, e-sport telah menjadi fenomena global yang tidak hanya menghibur, tetapi juga membentuk budaya dan industri hiburan masa depan.