Generasi Z dan Kewirausahaan Sosial, Apa Korelasinya?

Pengetahuan Umum
Menyediakan berbagai informasi seputar Generasi Z.
Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 20:54 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pengetahuan Umum tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi bisnis kafe. Foto: SritanaN/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bisnis kafe. Foto: SritanaN/Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Generasi Z terkenal akan kepeduliannya terhadap isu-isu sosial dan lingkungan. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak dari mereka yang terjun ke dunia kewirausahaan sosial, menciptakan bisnis yang tidak hanya mengejar keuntungan finansial tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.
ADVERTISEMENT
Artikel ini akan membahas bagaimana Generasi Z memanfaatkan kewirausahaan sosial untuk menciptakan perubahan, tantangan yang mereka hadapi, dan strategi sukses mereka.

Kepedulian Sosial Generasi Z

Ilustrasi Belanja Online. Foto: Shutterstock
Generasi Z menunjukkan perhatian yang mendalam terhadap masalah sosial dan lingkungan, yang mempengaruhi pendekatan mereka terhadap bisnis dan kewirausahaan.

1. Motivasi di Balik Kewirausahaan Sosial

Menurut McKinsey & Company, Generasi Z sangat dipengaruhi oleh isu-isu seperti perubahan iklim, ketidaksetaraan sosial, dan keberlanjutan. Mereka cenderung memilih untuk mendukung dan terlibat dengan bisnis yang memiliki tujuan sosial yang kuat. McKinsey menyatakan bahwa 70% dari Generasi Z lebih cenderung membeli produk dari perusahaan yang mereka anggap etis.

2. Pengaruh Media Sosial

Media sosial memainkan peran penting dalam membentuk kesadaran sosial Generasi Z. Pew Research Center melaporkan bahwa platform seperti Instagram, Twitter, dan TikTok digunakan oleh Generasi Z untuk mempromosikan kesadaran akan isu-isu sosial dan menggalang dukungan untuk berbagai kampanye. Ini juga menjadi platform bagi mereka untuk memulai dan mempromosikan usaha sosial mereka.
ADVERTISEMENT

Tantangan dalam Kewirausahaan Sosial

Ilustrasi anak muda peduli lingkungan melalui penanaman mangrove. Foto: Dok. Istimewa
Seperti halnya usaha lainnya, kewirausahaan sosial tidak luput dari tantangan. Generasi Z menghadapi berbagai hambatan dalam menjalankan bisnis sosial mereka.

1. Pendanaan dan Sumber Daya

Harvard Business Review mencatat bahwa salah satu tantangan terbesar bagi pengusaha sosial muda adalah mengamankan pendanaan. Banyak investor tradisional lebih fokus pada pengembalian finansial daripada dampak sosial, sehingga sulit bagi wirausahawan sosial untuk mendapatkan dukungan finansial. Namun, ada peningkatan minat pada investasi berkelanjutan yang mulai memberikan solusi bagi masalah ini.

2. Kurangnya Pengalaman dan Jaringan

Menurut Forbes, banyak pengusaha muda dari Generasi Z menghadapi kesulitan karena kurangnya pengalaman dan jaringan bisnis. Ini bisa menjadi penghalang signifikan dalam mengembangkan dan mempertahankan usaha mereka. Namun, banyak dari mereka memanfaatkan mentor dan program inkubator untuk mengatasi hambatan ini.
ADVERTISEMENT

Strategi Sukses dalam Kewirausahaan Sosial

Ilustrasi Investasi. Foto: Shutterstock
Meski menghadapi banyak tantangan, banyak pengusaha sosial dari Generasi Z yang berhasil menemukan cara untuk menciptakan dampak positif dan sukses dalam bisnis mereka.

1. Menggunakan Teknologi untuk Dampak Sosial

Generasi Z sangat mahir dalam memanfaatkan teknologi untuk memajukan tujuan sosial mereka. Stanford Social Innovation Review menunjukkan bahwa banyak dari mereka menggunakan platform digital untuk mendistribusikan produk, mengumpulkan dana, dan meningkatkan kesadaran.
Contohnya adalah penggunaan crowdfunding untuk mengumpulkan modal awal atau aplikasi mobile untuk menghubungkan konsumen dengan produk berkelanjutan.

2. Kolaborasi dan Kemitraan

Kolaborasi dengan organisasi non-profit, pemerintah, dan perusahaan besar sering kali menjadi strategi yang efektif. The Aspen Institute menekankan pentingnya kemitraan strategis dalam memperluas dampak sosial dan mencapai tujuan bisnis.
Dengan bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan, wirausahawan sosial dapat memanfaatkan sumber daya dan keahlian yang lebih luas.
ADVERTISEMENT

Dampak Kewirausahaan Sosial Generasi Z

Ilustrasi peluang usaha untuk mendapatkan second income Foto: Shutterstock
Kewirausahaan sosial yang dipimpin oleh Generasi Z membawa dampak signifikan pada masyarakat dan lingkungan.

1. Meningkatkan Kesadaran dan Aksi

World Economic Forum mencatat bahwa usaha sosial yang dipimpin oleh Generasi Z telah meningkatkan kesadaran tentang berbagai isu global dan mendorong tindakan kolektif. Kampanye mereka sering kali berhasil menarik perhatian media dan masyarakat luas, yang pada gilirannya mendorong perubahan kebijakan dan perilaku.

2. Mendorong Inovasi Berkelanjutan

Banyak dari usaha sosial ini juga mendorong inovasi dalam keberlanjutan. Menurut United Nations Development Programme (UNDP), generasi ini sering kali berfokus pada menciptakan solusi inovatif untuk masalah lingkungan, seperti produk daur ulang, energi terbarukan, dan pertanian berkelanjutan.
Inovasi-inovasi ini tidak hanya membantu mengatasi isu lingkungan tetapi juga menciptakan lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.
ADVERTISEMENT
(MSD)