Generasi Z dan Teknologi Wearable: Apakah Mereka Menaruh Perhatian?

Pengetahuan Umum
Menyediakan berbagai informasi seputar Generasi Z.
Konten dari Pengguna
4 Maret 2024 20:18 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pengetahuan Umum tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Ilustrasi phubbing, kebiasaan mengobrol sambil main gadget. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi phubbing, kebiasaan mengobrol sambil main gadget. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Generasi Z dikenal sebagai generasi yang tumbuh bersama teknologi digital. Di era ketika teknologi semakin maju, muncul pertanyaan apakah Generasi Z tertarik dengan teknologi wearable seperti smartwatch, fitness tracker, dan perangkat wearable lainnya?
ADVERTISEMENT
Mari kita telusuri lebih dalam apakah Generasi Z benar-benar memperhatikan perkembangan teknologi wearable ini. Kemudian, pelajari juga peluang dan tantangan yang mereka hadapi dalam artikel berikut.

Keterlibatan Generasi Z dalam Teknologi Wearable

Ilustrasi disrupsi teknologi Foto: Shutterstock
Keterlibatan Gen Z pada teknologi wearable cukup banyak. Beberapa di antaranya yakni sebagai berikut:

1. Minat dalam Gaya Hidup Sehat

Generasi Z dikenal sebagai generasi yang peduli akan kesehatan dan kebugaran. Banyak dari mereka yang aktif dalam berolahraga dan menjaga gaya hidup sehat.
Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak di antara Generasi Z yang tertarik dengan teknologi wearable seperti fitness tracker yang dapat membantu mereka memantau aktivitas fisik, detak jantung, dan tidur mereka.

2. Preferensi terhadap Koneksi dan Multifungsi

Generasi Z tumbuh dalam era di mana koneksi digital menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Mereka menyukai perangkat yang dapat memberikan akses cepat dan mudah ke informasi serta memfasilitasi koneksi dengan orang lain.
ADVERTISEMENT
Dalam hal ini, teknologi wearable yang dapat berfungsi sebagai perpanjangan dari perangkat pintar mereka, seperti smartphone, dapat sangat menarik bagi Generasi Z.

Pengaruh Media Sosial dan Influencer

Ilustrasi teknologi cloud computing atau komputasi awan. Foto: Shutter Stock
Di balik keterlibatannya, sikap Gen Z terhadap teknologi wearable dipengaruhi oleh paparan media sosial dan influencer. Berikut penjelasannya yang bisa Anda simak:

1. Pengaruh Endorser dan Influencer

Endorser dan influencer, terutama di platform media sosial seperti Instagram dan YouTube, memiliki peran yang signifikan dalam memengaruhi preferensi dan perilaku pembelian Generasi Z.
Jika teknologi wearable didukung oleh influencer yang populer dan dianggap keren oleh Generasi Z, maka mereka akan memiliki minat yang besar.

2. Tren dan Gaya Hidup

Tren dan gaya hidup juga memainkan peran penting dalam menentukan minat Generasi Z terhadap teknologi wearable. Jika penggunaan smartwatch atau perangkat wearable lainnya dianggap sebagai bagian dari gaya hidup yang keren dan trendi, maka Generasi Z akan lebih cenderung untuk memperhatikannya.
ADVERTISEMENT

Tantangan dan Peluang

Ilustrasi teknologi blockchain. Foto: NicoElNino/Shutterstock
Produsen teknologi wearable menjumpai banyak tantangan dan peluang dalam perjalanannya mengenal minat Gen Z terhadap produk buatannya. Apa sajakah itu?

1. Tantangan dalam Penetrasi Pasar

Salah satu tantangan produsen teknologi wearable adalah memahami preferensi dan kebutuhan yang unik dari Generasi Z. Ini karena kecepatan perubahan tren dan preferensi di kalangan Generasi Z cenderung cepat.
Produsen harus dapat beradaptasi dengan cepat untuk memastikan bahwa produk mereka tetap relevan dan menarik bagi pasar. Dengan begitu, Gen Z pun tertarik dengan produk buatannya.

2. Peluang untuk Inovasi

Kendati demikian, ada juga banyak peluang untuk inovasi dalam pengembangan teknologi wearable yang dapat menarik minat Generasi Z. Dengan memahami pola perilaku dan preferensi mereka, produsen dapat mengembangkan produk yang tidak hanya fungsional tetapi juga keren dan trendy.
ADVERTISEMENT
Dengan begitu, produsen dapat memenuhi kebutuhan dan ekspektasi Generasi Z terhadap barang yang dijualnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa potensi pasar yang besar dan peluang untuk inovasi masih terbuka lebar.
Bagi produsen dan pemasar, penting untuk terus memantau tren dan mengikuti perkembangan pasar untuk dapat memanfaatkan potensi Generasi Z dalam mengadopsi teknologi wearable.