Pola Makan Sehat dan Gaya Hidup Generasi Z di Masa Kini

Pengetahuan Umum
Menyediakan berbagai informasi seputar Generasi Z.
Konten dari Pengguna
18 Juni 2024 18:04 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pengetahuan Umum tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi menerapkan gaya hidup organik. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menerapkan gaya hidup organik. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Generasi Z dikenal dengan kepekaan mereka terhadap isu kesehatan dan lingkungan. Pola makan sehat dan gaya hidup aktif menjadi fokus utama bagi mereka.
ADVERTISEMENT
Artikel ini akan mengeksplorasi bagaimana Generasi Z mengadopsi pola makan sehat dan gaya hidup yang seimbang, serta dampaknya terhadap kesehatan mereka.

Kesadaran Akan Pola Makan Sehat

Membawa botol minum sendiri. Foto: Dok. Freepik
Kesadaran tentang pentingnya pola makan sehat semakin meningkat di kalangan Generasi Z, dipengaruhi oleh akses informasi yang mudah dan cepat melalui internet.

1. Tren Makanan Sehat

Menurut sebuah artikel dari Harvard T.H. Chan School of Public Health, Generasi Z lebih sadar akan pentingnya nutrisi dibandingkan generasi sebelumnya. Mereka cenderung memilih makanan yang kaya akan nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein nabati.
Tren seperti plant-based diet (diet berbasis tumbuhan) menjadi semakin populer di kalangan mereka, karena selain menyehatkan, juga dianggap lebih ramah lingkungan.

2. Pengaruh Media Sosial

Forbes melaporkan bahwa media sosial memiliki pengaruh besar terhadap pilihan makanan Generasi Z. Platform seperti Instagram dan TikTok sering digunakan untuk membagikan resep makanan sehat dan tips nutrisi, sehingga memotivasi mereka untuk mencoba dan mempertahankan pola makan yang lebih sehat.
ADVERTISEMENT
Influencer kesehatan dan nutrisi juga memainkan peran penting dalam mendorong generasi ini untuk mengadopsi kebiasaan makan yang lebih baik.

Gaya Hidup Aktif

Ilustrasi olahraga plank. Foto: Shutterstock
Selain memperhatikan pola makan, Generasi Z juga sangat aktif dalam menjaga kebugaran fisik mereka.

1. Olahraga dan Kebugaran

Menurut American College of Sports Medicine, Generasi Z cenderung lebih aktif secara fisik dibandingkan generasi sebelumnya. Mereka sering berpartisipasi dalam berbagai bentuk olahraga, dari gym dan fitness classes hingga kegiatan outdoor seperti hiking dan bersepeda.
Ketersediaan aplikasi kebugaran dan wearable technology seperti fitness trackers membantu mereka untuk memantau dan meningkatkan aktivitas fisik mereka secara konsisten.

2. Pentingnya Kesehatan Mental

Kaiser Family Foundation melaporkan bahwa Generasi Z juga sangat sadar akan pentingnya kesehatan mental. Mereka lebih terbuka untuk membicarakan masalah kesehatan mental dan mencari bantuan profesional jika diperlukan.
ADVERTISEMENT
Banyak dari mereka yang juga menggunakan teknik seperti meditasi dan mindfulness untuk menjaga keseimbangan antara kehidupan digital dan kesejahteraan mental.

Pengaruh Lingkungan terhadap Gaya Hidup

Ilustrasi diet. Foto: Evan Lorne/Shutterstock
Generasi Z memiliki kesadaran yang tinggi terhadap isu-isu lingkungan, yang juga mempengaruhi pilihan gaya hidup dan pola makan mereka.

1. Diet Berkelanjutan

Menurut Environmental Research, Generasi Z lebih cenderung memilih makanan yang tidak hanya sehat tetapi juga berkelanjutan. Mereka mendukung praktik-praktik pertanian organik dan lokal serta menghindari produk-produk yang memiliki dampak negatif terhadap lingkungan, seperti daging merah yang produksinya terkait dengan emisi gas rumah kaca yang tinggi.

2. Gerakan Anti-Pemborosan

The Guardian melaporkan bahwa gerakan anti-pemborosan juga populer di kalangan Generasi Z. Mereka lebih mungkin untuk mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang barang-barang, termasuk dalam hal makanan.
ADVERTISEMENT
Misalnya, mereka sering kali mencari cara untuk mengurangi limbah makanan dengan menggunakan seluruh bagian dari bahan makanan yang ada atau mencari resep yang menggunakan sisa makanan.

Dampak pada Kesehatan Jangka Panjang

Ilustrasi makanan sehat. Foto: 1112000/Shutterstock
Adopsi pola makan sehat dan gaya hidup aktif oleh Generasi Z diharapkan membawa dampak positif jangka panjang terhadap kesehatan mereka.

1. Pencegahan Penyakit

Journal of Adolescent Health mencatat bahwa dengan mengadopsi kebiasaan makan yang sehat dan gaya hidup aktif, Generasi Z dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Gaya hidup ini juga mendukung sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dan meningkatkan energi serta produktivitas sehari-hari.

2. Peningkatan Kualitas Hidup

Menurut World Health Organization, kebiasaan sehat yang dibangun sejak dini dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Generasi Z yang aktif secara fisik dan memiliki pola makan seimbang cenderung memiliki kesehatan mental yang lebih baik, kemampuan belajar yang meningkat, dan hubungan sosial yang lebih positif.
ADVERTISEMENT
(MSD)