8 Model Rambut Spike Pria dan Tips Menatanya

Perawatan Pria
Membahas artikel tentang perawatan diri pria
Konten dari Pengguna
10 Juni 2024 13:05 WIB
·
waktu baca 7 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Perawatan Pria tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi 8 Model Rambut Spike Pria dan Tips Menatanya. Unsplash/Cikstefan
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi 8 Model Rambut Spike Pria dan Tips Menatanya. Unsplash/Cikstefan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Model rambut spike pria adalah pilihan gaya yang selalu mencuri perhatian. Dengan potongan tajam dan penataan yang memberikan efek rambut berdiri, gaya ini mencerminkan kepribadian yang dinamis, berani, dan modern.
ADVERTISEMENT
Dengan berbagai variasi yang ada, model rambut spike memberikan fleksibilitas bagi setiap pria untuk mengekspresikan diri mereka dengan cara yang unik dan personal.

8 Model Rambut Spike Pria

Ilustrasi 8 Model Rambut Spike Pria. Unsplash/Rdslav
Mengutip dari buku Men's Guide to Style, Titoley Yubilate Yako, 2014, potongan rambut spike dipopulerkan oleh pesepak bola David Beckham. Model rambut ini berpotongan meruncing dan memberi kesan penampilan yang segar dan kasual.
Gaya ini tidak hanya memanfaatkan produk styling seperti gel atau wax untuk memberikan tekstur dan volume, tetapi juga sering disesuaikan dengan bentuk wajah dan jenis rambut pemakainya.
Gaya spike juga dapat dikombinasikan dengan teknik potongan rambut lainnya, seperti undercut atau fade, untuk menciptakan tampilan yang lebih dinamis dan modern.
ADVERTISEMENT
Variasi ini memungkinkan setiap orang untuk menyesuaikan gaya spike sesuai dengan preferensi pribadi mereka dan tren mode terkini.
Spike memberikan fleksibilitas dalam penataan, memungkinkan pemakainya untuk bereksperimen dengan berbagai variasi panjang dan bentuk, menjadikannya pilihan populer untuk mereka yang menginginkan tampilan yang stylish namun tetap mudah dirawat. Berikut adalah model rambut spike pria.

1. Classic Spike

Model rambut spike klasik adalah pilihan yang tak pernah lekang oleh waktu. Gaya ini menonjolkan bagian atas yang lebih panjang dibandingkan sisi dan belakang yang dipotong pendek.
Penataan yang rapi dengan gel atau pomade memberikan tampilan yang elegan dan bersih.
Model ini sangat ideal untuk pria yang ingin menampilkan sisi profesional mereka, memberikan kesan yang teratur dan sopan dalam setiap kesempatan, baik itu di kantor maupun acara formal.
ADVERTISEMENT

2. Messy Spike

Untuk tampilan yang lebih santai dan alami, messy spike adalah pilihan yang tepat. Dengan potongan yang lebih bebas, rambut di bagian atas dibiarkan berdiri secara acak, menciptakan kesan yang tidak terlalu formal namun tetap menarik.
Gunakan wax atau pomade bertekstur matte untuk mendapatkan efek yang maksimal. Gaya ini cocok untuk kegiatan sehari-hari atau hangout bersama teman, memberikan kesan nonchalant dan effortless yang menarik perhatian tanpa terlihat berlebihan.

3. Faux Hawk Spike

Jika ingin tampil berani tanpa terlalu ekstrim, faux hawk spike adalah pilihan yang sempurna. Terinspirasi dari gaya mohawk, potongan ini menampilkan rambut yang lebih panjang di bagian tengah kepala, sementara sisi-sisinya dipotong lebih pendek.
Dengan sedikit styling, bisa menciptakan tampilan yang edgy dan modern. Faux hawk spike adalah pilihan ideal bagi mereka yang ingin tampil beda dan mencolok, memberikan kesan dinamis dan penuh energi.
ADVERTISEMENT

4. Textured Spike

Menambahkan tekstur pada rambut spike bisa memberikan dimensi dan volume ekstra. Dengan teknik potongan yang tepat dan penggunaan produk penataan seperti clay atau paste, bisa menciptakan tampilan yang lebih hidup dan berisi.
Gaya ini sangat cocok bagi pria dengan rambut tipis yang ingin menciptakan ilusi rambut lebih tebal dan penuh. Textured spike memberikan kesan yang lebih bervariasi dan menarik, membuat rambut Anda terlihat lebih dinamis dan berkarakter.

5. Short Spike

Bagi pria yang menyukai tampilan rapi dan minimalis, short spike adalah pilihan yang ideal. Potongan rambut yang sangat pendek di bagian atas ditata agar berdiri, menciptakan kesan yang simpel namun tetap stylish.
Gaya ini mudah dirawat dan cocok untuk berbagai kesempatan, mulai dari kegiatan sehari-hari hingga acara formal. Dengan short spike, bisa selalu tampil segar dan teratur tanpa perlu banyak usaha, membuatnya pilihan praktis bagi pria modern.
ADVERTISEMENT

6. High and Tight Spike

Mengambil inspirasi dari potongan rambut militer, high and tight spike menawarkan tampilan yang tegas dan maskulin.
Rambut di bagian samping dan belakang dipotong sangat pendek, hampir mendekati kulit kepala, sementara bagian atas dibiarkan cukup panjang untuk ditata ke atas.
Gaya ini menciptakan kontras yang kuat dan memberikan kesan disiplin serta kekuatan. High and tight spike sangat cocok untuk pria yang menginginkan gaya rambut praktis namun tetap penuh karakter dan kekuatan.

7. Curly Spike

Untuk pria dengan rambut keriting, curly spike bisa menjadi pilihan yang sangat menarik. Dengan menjaga panjang rambut yang cukup di bagian atas, rambut keriting bisa ditata agar berdiri menggunakan gel atau mousse.
Gaya ini tidak hanya unik tetapi juga memberikan tampilan yang eksotis dan penuh tekstur.
ADVERTISEMENT
Curly spike adalah cara sempurna untuk memamerkan keindahan rambut keriting dengan sentuhan modern, membuat Anda terlihat menonjol dengan gaya yang segar dan berbeda.

8. Undercut Spike

Menggabungkan potongan undercut dengan rambut spike menciptakan gaya yang sangat modern dan kontras. Sisi dan belakang kepala dipotong sangat pendek atau bahkan dicukur, sementara bagian atas dibiarkan panjang dan ditata berdiri.
Kontras tajam antara bagian atas dan bawah memberikan tampilan yang edgy dan stylish. Undercut spike adalah pilihan ideal bagi mereka yang ingin tampil berani dan menonjol, memberikan kesan yang sangat trendi dan berkelas.

Tips Menata Rambut Spike

Ilustrasi Tips Menata Rambut Spike. Unsplash/Getty Images
Spike menawarkan kesan modern dan ekspresif yang cocok untuk berbagai kesempatan, mulai dari acara santai hingga momen yang lebih formal. Namun, untuk menciptakan tampilan yang sempurna, diperlukan beberapa langkah dan teknik yang tepat.
ADVERTISEMENT
Berikut adalah beberapa tips menata rambut spike agar dapat mencapai tampilan yang keren dan tahan lama.

1. Kenali Jenis Rambut

Penting untuk memahami jenis rambut sebelum mulai menata rambut dalam gaya spike.
Rambut lurus, keriting, atau bergelombang akan membutuhkan pendekatan yang berbeda dalam menata spike. Misalnya, jika memiliki rambut keriting, mungkin perlu menggunakan produk yang lebih berat untuk menjaga spike tetap dalam posisi.

2. Pilih Produk yang Tepat

Berbagai produk styling tersedia untuk menata rambut dalam gaya spike, seperti gel, pomade, atau wax. Pilihlah produk yang sesuai dengan jenis rambut dan hasil yang diinginkan.
Gel umumnya memberikan hasil yang lebih kuat dan tahan lama, sementara pomade atau wax dapat memberikan kontrol yang lebih lembut dan tampilan yang lebih natural.
ADVERTISEMENT

3. Mulailah dengan Rambut Basah

Salah satu kunci keberhasilan dalam menata rambut spike adalah mulai dengan rambut yang masih basah setelah mandi. Ini akan membantu produk styling menyebar merata di seluruh rambut dan mempermudah proses pembentukan spike.

4. Aplikasikan Produk Secara Merata

Ambil sedikit produk styling dan aplikasikan secara merata ke seluruh bagian rambut yang akan di-spike. Pastikan untuk mendistribusikan produk dari akar hingga ujung rambut untuk memastikan hasil yang lebih konsisten dan tahan lama.
Hal ini akan membantu setiap bagian rambut mendapatkan dukungan yang cukup untuk membentuk spike dengan baik.

5. Gunakan Sisir Sisip atau Jari

Untuk membentuk spike, dapat menggunakan sisir sisip atau jari-jari. Pilih bagian rambut di atas kepala dan angkat ke atas untuk membuat spike yang lebih menonjol. Juga dapat menggunakan jari-jari untuk membentuk spike yang lebih natural dan acak.
ADVERTISEMENT

6. Perhatikan Proporsi

Penting untuk memperhatikan proporsi saat membuat spike. Hindari membuat spike terlalu besar atau terlalu kecil, yang dapat membuat tampilan rambut menjadi tidak proporsional.
Cobalah untuk menciptakan spike yang seimbang dan proporsional dengan bentuk wajah.

7. Finishing Touch

Setelah rambut terbentuk menjadi spike, berikan sentuhan akhir dengan menyemprotkan sedikit hairspray. Ini akan membantu menjaga spike tetap dalam posisi sepanjang hari dan memberikan hasil yang lebih tahan lama.
Hairspray juga memberikan perlindungan tambahan terhadap angin dan kelembapan, memastikan tampilan tetap rapi dan terdefinisi.

8. Eksperimen dengan Gaya

Jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai gaya spike yang berbeda.
Pengguna bisa mencoba spike yang lebih panjang, lebih pendek, atau bahkan mencampur beberapa panjang rambut untuk menciptakan tampilan yang unik dan sesuai dengan kepribadian pengguna.
ADVERTISEMENT
Bereksperimen dengan berbagai variasi ini memungkinkan pengguna menemukan gaya yang paling cocok dan menonjolkan karakter.

9. Perawatan Rambut yang Teratur

Untuk menjaga tampilan spike tetap bagus, penting untuk merawat rambut secara teratur. Rajinlah mencuci rambut, gunakan kondisioner untuk menjaga kelembapan, dan hindari penggunaan produk styling yang terlalu sering agar rambut tetap sehat dan kuat.
Perawatan yang konsisten akan membantu mempertahankan kesehatan rambut dan memastikan tampilan spike selalu tampak optimal.
Itulah model rambut spike pria dan tips menatanya. Dari gaya klasik yang elegan hingga variasi modern yang edgy, setiap model spike menawarkan cara unik untuk menonjolkan kepribadian dan gaya hidup.