Konten dari Pengguna

Apakah Pria Bisa Memakai Skincare Wanita? Ini Penjelasannya

Perawatan Pria
Membahas artikel tentang perawatan diri pria
13 Juni 2024 17:00 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Perawatan Pria tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi apakah pria bisa memakai skincare wanita. Sumber: pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi apakah pria bisa memakai skincare wanita. Sumber: pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Banyaknya produk skincare yang dijual di pasaran sekarang ini, memang kerap membuat konsumen merasa bingung harus memilih produk seperti apa. Khususnya bagi para pria yang belum familiar dengan berbagai produk skincare. Lantas, apakah pria bisa memakai skincare wanita?
ADVERTISEMENT
Pertanyaan ini sering kali muncul di kalangan pria yang baru pertama kali ingin menggunakan produk skincare. Hal ini tidak terlepas dari semakin sadarnya para pria akan pentingnya merawat kulit wajah.

Apakah Pria Bisa Memakai Skincare Wanita?

Ilustrasi apakah pria bisa memakai skincare wanita. Sumber: pexels.com
Mengutip dari buku Dijajah Korea, Korry El-Yana (2021:152), pada dasarnya, skincare adalah rangkaian perawatan kulit dan ditujukan untuk merawat kesehatan kulit wajah. Lantas, apakah pria bisa memakai skincare wanita?
Jawabannya adalah bisa-bisa saja. Namun, kemungkinan besar efek yang dihasilkan tidak akan maksimal. Hal ini karena skincare wanita menggunakan formulasi khusus untuk mengatasi kulit wanita dengan tekstur dan hormonal yang berbeda dibandingkan pria.
Jadi, sebelum menggunakan skincare wanita, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.
ADVERTISEMENT

1. Skincare Wanita Kurang Efektif bagi Pria

Umumnya, produk skincare di pasaran memang dirancang sesuai perbedaan fisik dan hormonal antara pria dengan wanita. Oleh karena itu, mayoritas skincare wanita mengandung bahan khusus untuk kondisi kulit wanita. Di mana bahan tersebut berfungsi untuk mengatasi masalah hormonal tertentu.
Hal inilah yang bisa saja membuat skincare wanita menjadi kurang relevan atau bermanfaat apabila digunakan oleh pria. Jadi, sebaiknya para pria harus lebih selektif apabila ingin menggunakan produk skincare wanita.

2. Masalah Kulit yang Berbeda

Pria dan wanita tentu memiliki masalah kulit yang berbeda. Contohnya, seperti pria cenderung lebih rentan terhadap jerawat. Hal ini karena produksi sebum yang berlebih tinggi. Berbeda halnya dengan wanita yang lebih sering mengalami masalah kulit, seperti hiperpigmentasi.

3. Perbedaan Struktur Kulit

Lapisan epidermis kulit pria lebih tebal dibanding wanita. Hal inilah yang kemudian berdampak pada resistensi terhadap infeksi, iritasi, paparan lingkungan dan lainnya.
ADVERTISEMENT
Jadi, karena adanya perbedaan kebutuhan perawatan kulit antara pria dan wanita, sebaiknya menggunakan skincare sesuai dengan kebutuhan kulit masing-masing.
Demikian penjelasan singkat yang dapat menjawab pertanyaan mengenai apakah pria bisa memakai skincare wanita. Semoga bermanfaat. (Anne)