Konten dari Pengguna

Perbedaan Kulit Pria dan Wanita yang Mempengaruhi Perawatan

Perawatan Pria
Membahas artikel tentang perawatan diri pria
13 Juni 2024 17:09 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Perawatan Pria tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Perbedaan Kulit Pria Dan Wanita, Foto: Unsplash/PonyWang.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Perbedaan Kulit Pria Dan Wanita, Foto: Unsplash/PonyWang.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Perbedaan kulit pria dan wanita harus diperhatikan karena akan memengaruhi cara perawatannya. Apalagi saat ini para pria sudah sadar untuk mulai merawat kulit agar tetap sehat.
ADVERTISEMENT
Terutama pada kulit wajah yang merupakan bagian dari kesehatan tubuh. Selain itu, merawat kulit akan membuat penampilan lebih tampak bersih, segar, dan bersinar. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui perbedaan kulit ini.

Mengenal Perbedaan Kulit Pria dan Wanita

Ilustrasi Perbedaan Kulit Pria Dan Wanita, Foto: Unsplash/miya227.
Dikutip dari buku Perawatan Wajah & Tubuh Pria, Ratih Poeradisastra (2004: 26), kulit pria dan wanita tidaklah sama. Ada perbedaan secara fisiologi, sehingga dapat mempengaruhi cara perawatannya.
Hormon testosteron menentukan ciri-ciri maskulin pada kulit pria dan memberikan struktur yang berbeda dengan kulit wanita. Inilah perbedaan kulit pria dan wanita yang dapat memengaruhi perawatan.

1. Ketebalan

Rata-rata kulit pria memiliki ketebalan sekitar 20% lebih banyak daripada kulit wanita. Ini disertai dengan jumlah kolagen yang lebih tinggi, memberikan penampilan yang lebih padat dan kencang pada kulit pria.
ADVERTISEMENT
Kandungan kolagen pada kulit pria cenderung mengalami penurunan secara terus-menerus seiring waktu. Wanita akan mengalami dampaknya terutama setelah memasuki masa menopause. Di mana kulit mereka akan mengalami penipisan yang lebih drastis dibandingkan pria.

2. Tekstur Kulit Wajah

Pria memiliki lapisan stratum corneum yang lebih tebal dibandingkan wanita. Hal ini menyebabkan tekstur kulit pria terasa lebih kasar dan kokoh daripada wanita. Perbedaan ini juga berkontribusi pada perkembangan kerutan yang lebih dalam pada kulit pria.

3. Kadar Minyak atau Sebum

Pria cenderung memiliki pori-pori yang lebih besar, sehingga menghasilkan lebih banyak sebum. Hal ini menyebabkan kulit pria memiliki kecenderungan untuk menjadi lebih berminyak daripada kulit wanita.
Selain itu, masalah kulit seperti komedo dan jerawat yang disebabkan oleh sebum cenderung bertahan lebih lama pada kulit pria.
ADVERTISEMENT

4. Kolagen

Kulit pria memiliki kepadatan kolagen yang lebih tinggi daripada kulit wanita. Karena tingkat kolagen yang lebih padat, kulit pria cenderung menunjukkan tanda-tanda penuaan yang lebih lambat dibandingkan wanita dengan usia yang sama.
Itulah perbedaan kulit pria dan wanita yang penting untuk diketahui. Kulit pria lebih tebal dibandingkan wanita dan pori-pori pria cenderung lebih besar. (Umi)