Perbedaan Merica dan Ketumbar Dilihat dari Bentuk hingga Kandungan Nutrisinya

Perbedaan Kata
Membahas perbedaan kata secara mendalam.
Konten dari Pengguna
27 Juni 2023 9:52 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Perbedaan Kata tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
merica hitam. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
merica hitam. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Merica dan ketumbar merupakan jenis rempah-rempah yang sering digunakan dalam berbagai masakan. Keduanya berfungsi untuk memberikan aroma dan cita rasa yang khas pada sebuah hidangan.
ADVERTISEMENT
Bentuk merica dan ketumbar sama-sama bulat. Warnanya mirip, yakni putih kecoklatan sehingga membuat sebagian orang kerap sulit membedakannya.
Dari segi rasa, kedua bumbu ini memiliki perbedaan yang cukup kentara. Merica memiliki rasa pedas, sedangkan ketumbar memiliki rasa yang cenderung pahit dan hambar.
Untuk memahami perbedaan merica dan ketumbar lebih jauh, Anda perlu mengetahui karakteristiknya terlebih dahulu. Artikel berikut akan membahasnya secara tuntas untuk Anda.

Perbedaan Merica dan Ketumbar

Ilustrasi biji ketumbar. Foto: mescioglu/Shutterstock
Perbedaan merica dan ketumbar bisa dilihat dari berbagai aspek, mulai dari bentuk, cita rasa, kegunaan, dan lain-lain. Berikut penjelasan lengkapnya yang bisa Anda simak:

1. Cita rasa

Merica memiliki cita rasa yang lebih pedas dan kuat. Sedangkan ketumbar rasanya sedikit pahit dan hambar.
Mengutip situs Britannica, aroma merica biasanya menyengat dan membuat hidung gatal. Sementara ketumbar memiliki aroma yang khas dengan sentuhan citrus yang ringan.
ADVERTISEMENT

2. Bentuk dan warna

Meski sama-sama bulat, bentuk merica dan ketumbar bisa dibedakan. Merica memiliki ukuran yang lebih besar, sedangkan ketumbar cenderung lebih kecil.
Untuk warnanya sendiri, merica digolongkan menjadi dua jenis. Ada merica putih yang disebut lada putih dan ada pula merica hitam yang disebut lada hitam (blackpepper).
Warna ketumbar rata-rata sama, yaitu putih kecoklatan. Terkadang ada juga ketumbar yang sangat pekat, sehingga terlihat seperti warna coklat kayu.

3. Penggunaan

Ketumbar berfungsi menambah cita rasa dan aroma. Biasanya, bumbu dapur ini sering digunakan untuk masakan-masakan Asia, khususnya hidangan kari dan masakan India.
Sedangkan merica, karena memiliki cita rasa pedas, bumbu ini sering digunakan untuk menambah tingkat kepedasan dalam beberapa hidangan. Pedas dari merica biasanya lebih menyengat dibandingkan cabai atau paprika.
ADVERTISEMENT

4. Kandungan nutrisi

Dikutip dari situs Foodstruct dan Versus, berikut rincian kandungan nutrisi antara ketumbar dan merica:

Persamaan Merica dan Ketumbar

merica Foto: Shutterstock
Di balik perbedaannya, terdapat persamaan antara merica dan ketumbar, yakni sebagai berikut:

1. Digunakan dalam masakan

Merica dan ketumbar sama-sama digunakan dalam berbagai hidangan di seluruh dunia. Keduanya memberikan aroma dan cita rasa yang khas pada hidangan. Merica dan ketumbar dianggap mampu menambah kenikmatan suatu sajian.
ADVERTISEMENT

2. Rempah-rempah populer

Merica dan ketumbar termasuk rempah-rempah yang sangat populer di seluruh dunia, khususnya di Asia. Keduanya dapat ditemukan dalam banyak resep tradisional dan modern.

3. Tersedia dalam bentuk bubuk

Baik merica maupun ketumbar dapat ditemukan dalam bentuk bubuk. Merica berasal dari biji Piper ningrum, sedangkan ketumbar berasal dari tanaman Coriandrum sativum.

5. Sifat penyedap

Merica dan ketumbar memiliki sifat penyedap alami yang dapat meningkatkan cita rasa makanan. Keduanya dapat memberikan kompleksitas rasa pada hidangan dengan memberikan sentuhan khas pada masakan.
(MSD)