News
·
28 November 2020 8:27

Excellent Grooming, di Era Serba Online

Konten ini diproduksi oleh PERHUMAS
Excellent Grooming, di Era Serba Online (88648)
searchPerbesar
dok. webinar PERHUMAS Muda Jakarta Raya
Buat seorang public relations, grooming sangat penting karena menentukan first impression dari seorang public relations itu sendiri terlebih saat ini banyak pertemuan-pertemuan yang dilakukan secara online atau virtual. Sehingga setiap pertemuan secara online atau virtual merupakan hal yang penting.
ADVERTISEMENT
Selasa, 24 November 2020 PERHUMAS Muda Jakarta Raya menyelenggarakan webinar dengan tema Excellent Grooming For Great Public Relations. Public relations dalam praktiknya saat ini banyak kegiatan yang dilaksanakan secara online atau virtual. Grooming merupakan penampilan diri seorang yang terjaga dan selalu rapi secara keseluruhan, dimulai dari ujung rambut hingga ujung kaki, atau tindakan dimana seseorang terlihat bersih dan rapi, baik dari cara berjalan, berpakaian, dan sebagainya. Sehingga first impression atau first moment of truth menjadi sangat penting. Lalu selama pandemi ini yang serba online atau virtual bagaimana caranya melakukan grooming tersebut.
T. Marlene Danusutedjo selaku DIrector Marketing and Communications InterContinental Jakarta Pondok Indah yang juga Ketua Himpunan Humas Hotel Jakarta memaparkan pentingnya grooming bagi seorang public relations.
ADVERTISEMENT
Marlene mengatakan bahwa grooming itu penting bukan untuk public relations saja tetapi untuk semua orang. Beliau menjelaskan beberapa hal diantaranya mengapa grooming sangat penting : pertama, first impression kita harus memberikan kesan pada 2 menit pertama yang menunjukan diri kita yang rapi. Karena ganteng atau cantik itu relatif, tetapi rapi itu untuk semua orang. Kedua, showing you care ketika orang memperdulikan penampilannya, memperlihatkan juga bahwa orang tersebut memperhatikan hal-hal yang lainnya. Ketiga, good hygiene; peduli terhadap diri sangat memperhatikan diri; keempat, exudes professionalism ketika Anda ingin mengikuti acara sudah rapi dari awal berarti Anda sudah siap yang menunjukkan Anda professional. Kelima appreciate your audience, walau dikala pandemi Anda diharuskan mengikuti kegiatan online pagi-pagi pastikan Anda tetap berpenampilan tetap rapi. Dan keenam gain trust and respect dengan membangun grooming akan membangun kepercayaan dan menghormati karena Anda sudah berperilaku profesional.
ADVERTISEMENT
Marlene juga menjelaskan penting untuk mengapresiasi audiance dengan cara berpenampilan yang rapi. Grooming dilakukan bukan berdasarkan mahal tidak, bermerk atau tidak tetapi yang ditekankan adalah rapi dan bersihnya baik dari riasan wajah, pakaian, sepatu, dari ujung kepala hingga ujung kaki.