kumparan
search-gray
Bisnis17 Februari 2020 18:42

5 Fakta Pesugihan Tuyul, dari Cara Mencuri hingga Benda Penangkalnya

Konten kiriman user
5 Fakta Pesugihan Tuyul, dari Cara Mencuri hingga Benda Penangkalnya (1083556)
lustrasi tuyul. Foto: Kumparan
Pesugihan tuyul bukan hal asing lagi di masyarakat Indonesia. Mitos ini masih beredar dan sebagian orang masih percaya. Tuyul digambarkan sebagai makhluk gaib berwujud anak-anak, banyak yang bilang tubuhnya berbulu dan agak berlendir dengan gigi yang runcing.
ADVERTISEMENT
Beberapa orang mengaku bisa atau sempat melihat penampakan makhlus halus ini. Tak hanya itu, dalam beberapa kasus masih ada yang terlibat dalam praktik-praktik pesugihan tuyul sampai sekarang.
Berikut beberapa fakta terkait tuyul yang masih digunakan sebagai pesugihan:

1. Cara tuyul mencuri

Banyak mitos beredar mempercayai, jika uang atau perhiasan yang kamu simpan tiba-tiba hilang terus-menerus secara misterius bisa jadi itu adalah perbuatan tuyul.
Mitosnya, tuyul ini memiliki akal yang sedikit, misal diperintahkan hanya mengambil uang Rp 50.000 walaupun ada uang Rp 100.000 sekali pun, si tuyul tidak akan tertarik mengambil uang tersebut.
Selain itu biasanya tuyul mengambil uang secara lembar per lembar dan uang yang diambil biasanya sejenis.
ADVERTISEMENT

2. Banyak versi penyebutan tuyul di luar negeri

Versi makhluk halus kecil ini ternyata bukan hanya ada di Indonesia, namanya bervariasi mulai dari Kwee Kia dalam bahasa Hokkien, Koman-tong (berjenis laki-laki) dan Koman-lay (berjenis perempuan) di Thailand, Tiyanak di Filipina hingga Cohen Kroh di Kamboja.
5 Fakta Pesugihan Tuyul, dari Cara Mencuri hingga Benda Penangkalnya (1083557)
Foto: Putri Sarah Arifira/kumparan

3. Jarum dan Yuyu sebagai penangkal tuyul

Mitosnya jarum dan yuyu bisa menangkal aktivitas tuyul. Disarankan agar menaruh beberapa jarum di bawah tumpukan uang yang disimpan, karena dipercaya tuyul takut dengan jarum. Sedangkan, yuyu atau sejenis kepiting kecil diyakini disukai oleh tuyul, akibatnya dia tidak fokus saat melakukan aktivitas mencuri, sarannya agar yuyu ditelakkan di sudut-sudut bagian rumah.

4. Tuyul meminta tumbal darah dari anggota wanita di keluarga

Menurut mitos di Jawa sebagai ganjaran untuk tuyul yang sudah menghasilkan kekayaan secara instan, sang majikan perempuan harus rela untuk menyusui tuyul tersebut, konon yang diminum tuyul adalah darah dari tubuh majikan.
ADVERTISEMENT

5. Perilaku tuyul sama dengan anak-anak pada umumnya

Tuyul dipercaya sebagai perwujudan bayi yang gagal lahir atau hasil aborsi, beberapa orang yang melihat meyakini sikapnya tidak jauh berbeda dengan anak-anak seperti suka berlari, memanjat, bahkan melakukan keisengan seperti menampakkan diri kepada manusia.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white