Berjumpa dengan Orang Utan Saat Patroli di Kawasan Hutan Desa

Petrus Kanisius
Bekerja di Yayasan Palung
Konten dari Pengguna
6 Desember 2023 17:12 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Petrus Kanisius tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto orangutan yang dijumpai saat melakukan patroli. (Foto : Tim Smart Patrol LPHD Rantau Panjang).
zoom-in-whitePerbesar
Foto orangutan yang dijumpai saat melakukan patroli. (Foto : Tim Smart Patrol LPHD Rantau Panjang).
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Berjumpa dengan orang utan, sarang orang utan dan temuan lainnya ketika Tim Smart Patrol melakukan kegiatan patroli di beberapa Kawasan Hutan Desa, di antaranya di Penjalaan dan Rantau Panjang, Kecamatan Simpang Hilir, pada November hingga Desember 2023.
ADVERTISEMENT
Robi Kasianus, selaku Field Officer Program Hutan Desa Yayasan Palung, mengatakan, Kegiatan Patroli di Kawasan hutan desa Penjalaan dan Rantau Panjang dengan melakukan monitoring Kawasan dari gangguan aktivitas illegal.
Selain itu, kegiatan patroli seperti ini dilakukan untuk mencatat potensi bidiversitas yang ada di dalam hutan desa, kata Robi.
Di Kawasan Hutan Desa Penjalaan, misalnya, tim smart patrol menemukan aktivitas illegal berupa jerat satwa. Setidaknya ada 3 jerat satwa yang berhasil dijumpai saat melakukan patroli di Kawasan hutan desa tersebut. Selanjutnya, tim smart patrol langsung memusnahkan jerat-jerat satwa yang mereka jumpai di kawasan hutan desa tersebut. Diduga, jerat tersebut adalah jerat babi dan jerat rusa.
Tim smart patrol memusnahkan jerat pemburu. (Foto : Tim Smart Patrol LPHD Rantau Panjang).
Saat melakukan patroli, tim smart patrol sangat beruntung, beruntungnya mereka karena bisa berjumpa dengan sarang orang utan. Setidaknya ada 13 sarang orang utan yang mereka jumpai di kawasan hutan desa tersebut.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya, ketika melakukan patroli di Kawasan Hutan Desa Rantau Panjang, tim smart patrol berhasil berjumpa dengan satu individu orang utan jantan sedang makan buah-buahan hutan. Selain itu, tim smart patrol berjumpa dengan sarang orang utan 24 sarang, monyet ekor panjang dan cakar beruang.
Kegiatan SMART Patrol seperti ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap bulan oleh tim patroli binaan Yayasan Palung di beberapa wilayah hutan desa.
Yayasan Palung dan F&F Nature Together bekerja sama mendampingi tim smart patroli ketika melakukan patroli di Kawasan Hutan Desa Penjalaan dan Rantau Panjang.
Foto dan Video: Tim Smart Patrol LPHD Rantau Panjang
Penulis: Petrus Kanisius-Yayasan Palung