kumparan
21 Feb 2019 19:24 WIB

7 Fakta Menarik tentang Bahrain

Four Seasons Hotel, Bahrain Bay (sumber: thinkmarketingmagazine.com)
Membicarakan mengenai Bahrain, mungkin hal yang pernah kita ketahui adalah ketika, pembalap nasional Indonesia, Rio Haryanto bergabung dengan Manor Racing dan berlaga di Formula 1 Bahrain GP pada tahun 2016, atau bahkan mungkin juga ketika Tim Nasional Sepakbola Indonesia kalah telak dari Tim Nasional Bahrain dengan skor 10-0 pada tahun 2012.
ADVERTISEMENT
Setelah tiga tahun menjalani penugasan di Bahrain, bolehlah rasanya saya membagi pengetahuan mengenai Bahrain. Mungkin kelak ada diantara pembaca yang mendapat kesempatan mengunjungi Bahrain. Berikut adalah 7 fakta menarik tentang Bahrain:
1. Geografi, Sistem Pemerintahan dan Kedudukan Islam
Di peta, kita akan menemukan Bahrain berbatasan laut dengan Saudi Arabia dan Qatar. Kata Bahrain sendiri dalam Bahasa Arab berarti “Dua Lautan”. Ibu kota Bahrain, Manama, luasnya hanya sebesar 27 km2. Sementara Bahrain sendiri memiliki luas sebesar 765,3 km2 atau sedikit lebih luas dari Jakarta.
Dipimpin oleh King Hamad bin Isa bin Salman Al Khalifa, Bahrain merupakan negara Kerajaan berdasarkan Islam dan hukum Syariah merupakan sumber utama undang-undang. Namun demikian, pelaksanaannya di lapangan berbeda dengan penerapan hukum syariah di negara-negara berbasis Islam lainnya.
ADVERTISEMENT
Selain Islam, terdapat penganut Nasrani , Hindu, Budha, dan Yahudi. Bahrain juga mengakui kepercayaan seperti Bahai, Sikhs dan Druze.
2. Negara Kepulauan di Teluk
Meskipun kecil, Bahrain ternyata merupakan negara kepulauan. Bahrain terdiri atas 33 pulau dengan pulau utama yakni pulau Bahrain, tempat dimana kota Manama berada. Tidak hanya pulau-pulau alami, Bahrain juga giat membangun pulau-pulau buatan, antara lain Diyar Al Muharraq, Amwaj Island dan Durat Al Bahrain.
3. 54% Populasi penduduknya adalah pendatang
Hal lain yang menarik untuk dicermati adalah warga negara Bahrain hanyalah mencakup 46% dari keseluruhan populasi. Sebanyak 45,6 % berasal dari Asia (mayoritas dari Asia Selatan seperti India, Bangladesh dan Pakistan, serta Philipina dan Indonesia). Sisanya terdiri atas masyarakat Arab lainnya, Afrika Amerika dan Eropa.
ADVERTISEMENT
4. Negara Pertama ditemukannya minyak di Timur Tengah
Bahrain merupakan negara pertama yang menemukan dan melakukan eksplorasi minyak di kawasan Arab. Bahrain Petroleum Company pertama kali berhasil mendapatkan minyak pada tanggal 2 Juni 1932.
Ilustrasi Mutiara Bahrain (sumber: www.timeoutbahrain.com)
5. Penghasil mutiara laut terbaik
Selain minyak, Bahrain juga dikenal sebagai negara penghasil mutiara laut terindah. Bahkan Bahrain masuk dalam UNESCO World Heritage List sejak tahun 2012 karena masih mempertahankan budidaya mutiara laut secara tradisional. Namun demikian, saat ini hanya tersisa beberapa penyelam mutiara yang masih menjalankan tradisinya.
6. Negara Arab yang juga menjamin Hak-hak Perempuan
Selain kebebasan beragama, Bahrain juga menjamin peran perempuan dalam politik serta mendorong pengarusutamaan gender. Pada tahun 2002, Undang-undang Dasar baru Bahrain memperbolehkan perempuan untuk memilih. Tidak hanya itu, beberapa posisi Menteri juga diduduki oleh Perempuan.
ADVERTISEMENT
sepBahrain International Circuit diwaktu malam (sumber: http://www.musco.com)
7. Tuan Rumah F1 GP Pertama di Timur Tengah
Bahrain merupakan tuan rumah Formula One Grand Prix (F1 GP) pertama di Timur Tengah dengan Bahrain International Circuit-nya pada 4 April 2004.
Itulah tadi 7 fakta menarik mengenai Bahrain. Masih banyak hal-hal menarik lainnya mengenai Bahrain yang akan saya tuliskan, jadi jangan sampai ketinggalan tulisan saya berikutnya ya.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan