News
·
18 Oktober 2020 21:31

Peran Mahasiswa UMM di Masa Pandemi Melalui Program New Normal di Desa Ngantru

Konten ini diproduksi oleh PMM UMM 96 Desa Ngantru
Peran Mahasiswa UMM di Masa Pandemi Melalui Program New Normal di Desa Ngantru (72797)
Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) sedang dijalankan oleh Universitas Muhammadiyah Malang dengan mengirim mahasiswanya di berbagai wilayah di Indonesia. Salah satunya adalah PMM Gelombang 10 Kelompok 96 yang terdiri dari 4 mahasiswa Hubungan Internasional dan 1 mahasiswa Ilmu Hukum melaksanakan program pengabdian tersebut di Desa Ngantru, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Kegiatan tersebut dilakukan mulai tanggal 7 September 2020 sampai dengan 7 Oktober 2020.
ADVERTISEMENT
Salah satu kegiatan yang dilaksanakan selama PMM adalah program New Normal yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam beradaptasi di era New Normal di tengah pandemi virus Corona (COVID-19/SARS Cov-2) yang belum menunjukkan penurunan yang signifikan di Indonesia. Pandemi ini telah memberikan dampak yang besar dan meluas di masyarakat di berbagai sektor kehidupan terutama terhadap ekonomi, pendidikan, dan kehidupan sosial masyarakat sehari-sehari. Sehingga kemudian pemerintah menerapkan seluruh kegiatan bermasyarakat dengan pemberlakuan protokol kesehatan seperti penggunaan masker dan cuci tangan.
Sebagai wujud awareness terhadap pandemi, PMM 96 Desa Ngantru mengagendakan kegiatan yang berkaitan dengan adaptasi era new normal. Beberapa kegiatan yang dilakukan diantaranya pembagian new normal starter pack yang berisi masker, vitamin c, hand sanitizer, dan panduan protokol kesehatan, kegiatan sosialisasi pembuatan disinfektan, pembagian masker di lokasi pembibitan tanaman, serta pembuatan banner himbauan penggunaan masker dan aturan protokol kesehatan.
ADVERTISEMENT
Pembagian new normal starter pack dilakukan bersamaan dengan program Posyandu balita Desa Ngantru pada Rabu 9/9 2020 di Balai Desa. Kegiatan tersebut sekaligus wujud partisipasi PMM 96 Desa Ngantru dalam pengabdian kepada masyarakat di bidang kesehatan. Pembagian new normal starter pack dilakukan bersamaan dengan rangkaian acara penyuluhan kesehatan mengenai PTM atau Penyakit Tidak Menular dan tentang kesehatan balita di Balai Desa Ngantru pada Sabtu, 12 September 2020. Kegiatan tersebut sekaligus wujud partisipasi PMM 96 Desa Ngantru dalam pengabdian kepada masyarakat di bidang kesehatan. Pada kegiatan tersebut pula, mahasiswa berkesempatan menjadi pengisi acara di akhir dengan melakukan sosialisasi pembuatan disinfektan dengan menggunakan bahan-bahan rumah tangga yang mudah didapat yang bermanfaat untuk mencegah penyebaran virus di lingkungan masyarakat.
ADVERTISEMENT
Selain itu, menjelang akhir PMM, mahasiswa UMM ini membuat sebuah banner himbauan tentang protokol kesehatan yaitu penggunaan masker, cuci tangan, etika batuk dan bersin, serta jaga jarak di keseharian. Banner ini kemudian diletakkan di pintu masuk Desa agar terlihat oleh setiap orang yang melintasi jalanan di Desa Ngantru.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white