Tentang KamiPedoman Media SiberKetentuan & Kebijakan PrivasiPanduan KomunitasPeringkat PenulisCara Menulis di kumparanInformasi Kerja SamaBantuanIklanKarir
2025 © PT Dynamo Media Network
Version 1.97.0
Konten dari Pengguna
Cegah Anak Kecanduan Gagdet, Mahasiswa UMM Mengadakan Program Psycho Fun
4 Januari 2021 20:45 WIB
Tulisan dari pmm71umm tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Sabtu, 19 Desember 2020, Mahasiswa Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kelompok 71 gelombang 13 mengadakan beragam permainan ketangkasan dan melatih kerjasama tim yang dihadiri 12 anak-anak Desa Tegalgondo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
ADVERTISEMENT
Berawal dari keresahan PMM kelompok 71 gelombang 13 bahwa di era serba digital ini, kebanyakan anak lebih memilih menggenggam gadget daripada bermain petak umpet. Oleh karena itu PMM kelompok 71 gelombang 13 mengadakan program kegiatan psycho fun. Kegiatan yang berbentuk permainan ini bertujuan untuk membuat anak-anak tidak ketergantungan dengan gadget dan bersosialisasi dengan anak-anak seumurannya. "Adanya kegiatan ini biar teman-teman kecil di sini produktif dan bersosialisasi, sih. Soalnya, banyak banget dari kita yang serba bergantung sama gadget sampai lupa bersosialisasi. Apalagi pandemi gini maksa kita buat selalu stay depan gadget," jelas Nabilla Dinar selaku koordinator kelompok.
![Melakukan pemanasan sebelum kegiatan dimulai.](https://blue.kumparan.com/image/upload/fl_progressive,fl_lossy,c_fill,q_auto:best,w_640/v1609664703/veqthdlvnibaqwhmzvi3.jpg)
Kegiatan dibuka dengan pemanasan selama 5 menit sebelum akhirnya massa mulai berkumpul dan kegiatan permainan dimulai. Meskipun kegiatan sempat ditunda karena diguyur gerimis, antusiasme peserta permainan tetap terasa.
Lomba yang diselenggarakan semuanya tetap fokus pada dua tujuan utama, yakni melatih ketangkasan dan kerjasama tim. Meskipun hanya berskala kecil, pelaksanaan lomba diadakan secara fair agar peserta lomba terbiasa dengan hasil yang tidak serba instan. Meskipun banyak diantara mereka yang maskernya terkena air dan ujung celana yang terkena genangan air, peserta lomba tetap antusias menyelesaikan misi lomba sampai selesai!
ADVERTISEMENT
Pandemi Covid-19 juga menyebabkan anak merasa bosan jika harus berada di dalam rumah terus-menerus. Dengan mengadakan kegiatan psycho fun ini anak-anak merasa sangat terhibur, ditunjukkan dengan semangatnya dalam mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir.