USER STORY
GK – PLUG AND PLAY KUCURKAN DANA MILYARAN RUPIAH UNTUK DANAI BELASAN STARTUP
9 January 2018 17:04 WIB
0
0
Jakarta, 9 Januari 2018 – Setelah meluluskan 9 startup angkatan pertamanya di Indonesia pada September 2017 lalu, Plug and Play, akselerator startup sekaligus investor teraktif di Silicon Valley, kembali memberikan investasi untuk startup di Indonesia dan startup internasional yang berencana masuk ke pasar Indonesia. Dengan digandeng oleh perusahaan investasi lokal Gan Konsulindo (GK), pencarian startup berbakat ini memang dilakukan secara rutin oleh Plug and Play sebanyak dua kali dalam setahun mengingat akan janji GK – Plug and Play kepada Presiden Jokowi untuk mendukung Indonesia menjadi pusat perekonomian Digital pada tahun 2020. GK – Plug and Play diketahui telah melakukan pencarian startup untuk angkatan keduanya sejak Oktober 2017 lalu. Sejak pendaftaran ditutup pada 31 Oktober 2017, GK – Plug and Play mencatat ada lebih dari 300 startup dari berbagai bidang yang mendaftarkan diri, mulai dari Fintech, IoT, Agrikultur, Mobile, Entertainment, dan sebagainya. Setelah pendaftaran ditutup, GK – Plug and Play melakukan beberapa tahap screening mulai dari kelengkapan dokumen hingga undangan untuk melakukan pitching. Pada tahap final, para startup ini diundang untuk melakukan pitching dan dinilai oleh tim dari Asia Pacific, tim Plug and Play global, dan perwakilan dari rekan korporasi GK – Plug and Play. Startup yang terpilih untuk masuk ke dalam angkatan kedua dari program akselerator ini adalah Blynk, Cheers, Dana Bijak, Datanest, Duit Hape, Eresto, Gandeng Tangan, Gringgo, Indogold, Manpro, Periksa ID, Trukita, dan Weston.
Tidak hanya mendapatkan pendanaan awal (seed funding), ketiga belas startup ini juga mendapatkan sejumlah keuntungan lainnya, mulai dari workshop, 1-on-1 mentorship, coworking space gratis di kawasan bergengsi Kuningan – Jakarta, akses ke Silicon Valley, hingga red carpet untuk bekerja sama dengan rekan korporasi GK – Plug and Play. Saat ini, GK – Plug and Play telah merangkul empat korporasi besar di Indonesia yaitu Astra Internasional, BNI, BTN, dan Sinar Mas. Saat ini, startup accelerator yang diundang oleh Presiden Joko Widodo untuk hadir di Indonesia ini juga sedang aktif merangkul beberapa korporasi lain untuk bergabung dalam ekosistemnya.
“Seed Funding hanyalah sebagian kecil dari investasi yang kami berikan. Lebih dari itu, kami akan menjembatani startup batch kedua kami dengan corporate partner kami sehingga ada kerjasama yang saling menguntungkan. Dengan kolaborasi seperti ini, tentu startup akan berkembang dengan lebih cepat. Tidak hanya itu, kami juga akan menghubungkan mereka dengan regulator, media, dan investor,” tutur Wesley Harjono selaku President Director Plug and Play Indonesia.

Berikut 13 startup yang terpilih untuk masuk di dalam program akselerator sekaligus investor teraktif di Silicon Valley tersebut:
Blynk menyediakan platform yang membantu Usaha Kecil Menengah (UKM), korporasi, dan badan pemerintahan untuk membuat aplikasi. Platform ini memungkinkan para pelaku UKM membangun aplikasi dengan fitur drag and drop dan tanpa menggunakan banyak bahasa pemrograman.
2. Cheers Global Wallets (https://www.cheers-now.com/)
Cheers memberikan kemudahan kepada developer untuk mengintegrasikan e-wallet di dalam aplikasi yang dibangun secara mandiri sehingga para penggunanya dapat terhubung secara finansial.
3. Dana Bijak (https://danabijak.com/)
Danabijak adalah layanan pinjaman online tanpa agunan yang menawarkan pinjaman mikro kepada masyarakat Indonesia.
4. Datanest (https://datanest.io)
Datanest membantu perusahaan-perusahaan untuk mengolah data dengan machine learning dan Artificial Intelligence sehingga dapat dijadikan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan.
Duit Hape merupakan sistem pembayaran dan pengiriman uang seluler independen yang dapat bekerja di semua sistem operasi, operator telekomunikasi, dan bank. Duit Hape memungkinkan penggunanya untuk melakukan setoran tunai dan penarikan, transfer, pembayaran cicilan, jaminan sosial, dan sebagainya.
Eresto adalah perangkat lunak sebagai layanan berbasis cloud untuk menjalankan restoran secara professional, seperti manajemen persediaan, akuntansi, CRM, dan sebagainya secara terpatu dengan implementasi yang mudah.
7. Gandeng Tangan (https://gandengtangan.org/)
Gandeng tangan merupakan peer-to-peer lending platform yang bertujuan memberikan investasi jangka pendek untuk membantu pembiayaan UMKM.
8. Gringgo (http://gringgo.co/)
Gringgo adalah aplikasi yang mengagregasi dan mengatur layanan pengumpulan serta daur ulang sampah.
Indogold adalah platform online yang membantu penggunanya melakukan investasi logam mulia secara aman dan fleksibel. Mulai dari tabungan emas dengan berat terkecil 0.001 gram, layanan cicilan untuk member, penggadaian logam mulia, dan sebagainya.
10. Manpro (https://manpro.id)
Manpro adalah aplikasi khusus dalam solusi bidang project management, khususnya untuk dokumentasi proyek konstruksi. Dengan Manpro, pengguna dapat mengakses dokumen atau gambar dengan mudah.
11. Periksa ID (http://periksa.id/)
Periksa ID adalah solusi terintegras yang dapat membantu meningkatkan kualitas pelayanan di bidang kesehatan menjadi lebih responsif, efektif, dan transparan. Dengan platform ini, pengguna dapat menulis resep, menyimpan catatan media, mengelola data pasien, menulis resep, dan lainnya.
12. Trukita (https://trukita.com/)
Trukita adalah platform online di mana pengguna dapat mendapatkan harga terbaik untuk kebutuhan trucking dan kargo.
13. Weston (westonenergy.co.id)
Weston menyediakan solusi untuk renewable energy system di daerah terpencil di Indonesia. Sistem ini dapat digunakan oleh setiap rumah untuk mendapatkan akses listrik dengan sistem pembayaran pay per use yang terjangkau.

Setelah diakselerasi selama 3 bulan, para startup ini akan dijadwalkan untuk mempresentasikan bisnis mereka pada GK – Plug and Play Expo dihadapan ratusan tamu ekslusif yang terdiri dari investor, pemerintah, C-Level Executives, dan media pada April mendatang. “Program GK – Plug and Play memang dirancang untuk berkesinambungan. Setelah program, kami adakan Expo Day sehingga startup-startup ini dapat bertemu dengan partner bisnis dan investor di stage berikutnya,” tutup Wesley.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: