kumparan
search-gray
Food & Travel16 Februari 2020 15:53

Kisah Munculnya Sandwich

Konten kiriman user
Untitled Image
Tuna Salad Sandwich. Dok: Wikimedia
Sebagian dari kita, atau bahkan sudah banyak yang mengetahui Sandwich atau yang mungkin secara gampang dapat dinyatakan sebagai roti lapis. Ya, roti dengan lapisan-lapisan yang menggoda tentu membuat orang yang ingin menyantapnya semakin ingin untuk segera.
ADVERTISEMENT
Praktis dan enak, mungkin itu yang dirasakan oleh seseorang yang ingin menyantap sebuah sandwich. Cukup dengan sekali gigit, semua komponen yang ada langsung dapat dinikmati.
Di balik itu semua, ternyata sandwich memiliki sebuah kisah yang menjadikan kemunculannya ini. Sandwich yang telah kita kenal atau ketahui selama ini ternyata awalnya dipopulerkan oleh John Montagu, Earl of Sandwich ke-4 di Inggris.
Menurut legenda dan sebagian besar sejarawan setuju bahwa seorang Montagu ini sangat gemar berjudi dan bisa menghabiskan waktu berjam-jam di meja kartu. Begitu menggilanya dia dengan permainan tersebut membuatnya meminta pada koki rumah untuk menyediakan dan membawakan sesuatu yang tanpa harus dia bangkit dari tempat duduknya langsung dapat ia makan.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan permintaannya tersebut, maka lahirlah sebuah roti lapis atau sandwich. Roti dan daging yang disediakan itu sangat dinikmati oleh Montagu, sehingga ia terus-menerus memakannya. Setelah racikan tersebut menjadi populer di kalangan masyarakat London, Ia juga meletakkan nama Earl.
Apa yang terlahir dari ide John Montagu (atau yang lebih tepatnya adalah hasil karya juru masakannya) bukan menjadikannya sosok orang yang pertama memikirkan isian di antara irisan roti. Hal tersebut juga telah dinyatakan bahwa pertama kali Montagu mendapatkan idenya itu setelah ia melakukan perjalanan ke luar negeri, yaitu ke daerah Mediterania.
Di situ ia melihat piring-piring “mezze” Turki dan Yunani disajikan. Adanya dip, keju, dan daging yang ‘terjepit’ di antara lapisan roti itulah yang kemungkinan menjadi inspirasi seorang Montagu ketika ia sedang asyik duduk di meja kartu.
ADVERTISEMENT
Apa yang diciptakan oleh Montagu tersebut akhirnya meluncur. Hanya berselang beberapa bulan kemudian “sandwich” sudah muncul di entri buku harian seorang pria bernama Edwars Gibbon.
Ia menuliskan bahwa ia telah melihat di sebuah restoran sekitar dua puluh atau tiga puluh orang pertama kerajaan menyantapnya. Selain itu, hingga menjelang Perang Revolusi, sandwich semakin menetap dan populer di Inggris.
Itulah sedikit kisah bagaimana awal munculnya sandwich yang kini populer. Selain itu setelah populernya sandwich di Inggris, tentu masih ada kisah-kisah lainnya yang melanjutkan perjalanan sandwich yang akhirnya sampai saat ini tetap ada dan justru menjadi populer.
sumber: Butler, S. (2018, Agustus 22). History Stories: The Story of the Sandwich. Diambil kembali dari History.com.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white