Pencarian populer

Pulau Sisilia, Tempat Lahirnya Para Mafia Eropa (bagian 2)

The Godfather (Foto: Dok. IMDb)

Kekerasan berkepanjangan yang diterima masyarakat Sisilia melahirkan budaya kejahatan, dan kecenderungan untuk mencurigai orang luar. Orang-orang Sisilia pada akhirnya selalu memandang sebuah permasalahan harus dipecahkan dengan melihat situasi terburuknya. Bagi mereka, para politisi hanya berniat untuk memeras, dan pemerintah dibentuk tanpa sedikitpun niatan untuk memperbaiki warganya. Pertukaran kekuasaan yang terjadi berabad-abad di Sisilia membuat mereka tidak melihat adanya pemerintahan yang konstan. Masyarakat hanya percaya pada dua hal, diri mereka sendiri, dan para penjahat yang menjaga kota.

Organisasi rahasia akhirnya terbentuk untuk menentang para penjajah, yang telah menindas mereka. Beberapa di antara mereka ada yang secara individu lebih berani untuk menghadapi para penjajah. Para pemberani itu akhirnya diangkat sebagai pemimpin di kalangan bangsa Sisilia. Mereka berhasil menanamkan rasa cinta terhadap tanah kelahiran mereka, dan meraih kebebasan bersama atas hak-hak mereka yang selama ini telah direnggut.

Para pemimpin pemberani itu membentuk sebuah kelompok pelindung, yang pada akhirnya berperan layaknya seorang mafia, untuk menjaga keamanan pulau. Tahun 1700-an, para mafia itu mulai memeras uang dari orang-orang yang seharusnya meeka lindungi. Caranya cukup unik, masyarakat akan menerima sebuah surat yang berisi bujukan secara sopan untuk memberikan uang perlindungan kepada para mafia. Jika sang penerima surat tidak membayar sejumlah uang yang telah disebutkan, maka mereka akan mendapat serangan brutal dari para mafia tersebut.

Sekitar tahun 1860-an terjadi gelombang imigran besar ke Amerika dari Italia, termasuk dari Sisilia. Ribuan orang Italia yang pergi ke sana menetap di wilayah New Orleans, Louisiana. Di kota pelabuhan inilah, para mafia Sisilia melanjutkan kegiatan mereka di negara Amerika. Para mafia ini melanjutkan tradisi yang telah mereka lakukan sebelumnya di pulau Sisilia. Mafia Sisilia cabang Amerikapun akhirnya terbentuk, dan New Orleans terpilih sebagai tempat kelahiran Mafia Amerika modern.

Di pulau Sisilia sendiri, kekuatan mafia semakin besar dan kuat, bahkan telah memasuki institusi pemerintahan. Anggota mafia yang telah masuk dalam dunia politik akan melindungi kegiatan-kegiatan mafia Sisilia. Penyebaran kelompok mafia tersebut telah berhasil menduduki beberapa kota di negara Italia. Kegiatan yang dilakukan oleh para mafia itu ternyata diketahui oleh pemimpin Italia, Benito Mussolini.

Ada sebuah hal yang menarik antara Mafia Sisilia dengan Benito Mussolini. Satu waktu, parade yang dilakukan oleh Mussolini melewati sebuah kota yang dihuni oleh para mafia Sisilia. Para pemimpin mafia setempat banyak yang tidak menyukai Mussolini sebagai pemimpin mereka. Akhirnya pimpinan mafia itu memerintahkan para penduduk untuk tidak keluar rumah selama parade tersebut berlangsung. Bahkan sikap tidak hormat para mafia ini terliat ketika mereka menyuruh para gelandangan yang compang-camping datang ke lapangan untuk mendengarkan pidato Mussolini. Kesal dengan sikap para mafia itu, Mussolini akhirnya memerintahkan pasukannya menghancurkan seluruh anggota mafia di Italia.

Konfilik yang terjadi antara Mussolini dengan para mafia dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah Amerika. Persekutuan antara Italia Mussolini, dengan Jerman Hitler membawa mereka ke dalam Perang Dunia II. Amerika kemudian bertindak sebagai pendukung dari para mafia itu dan membantu segala urusannya. Mafia Sisilia akhirnya dijadikan mata-mata oleh pihak Amerika untuk melihat pergerakan dari pemerintah Italia. Dan sebagai gantinya, Amerika membantu mengusir tentara Jerman dari pulau Sisilia.

Sumber : Mannion, James. 2004. The Everything Mafia Book. Batam : Karisma Publishing Group.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: