Konten dari Pengguna

KKNP 52 UMSIDA Terapkan Teknologi dalam Pembelajaran di SDN Kemasantani

Nur Fadilah
Nur Fadilah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
17 Februari 2025 13:11 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Nur Fadilah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
SDN Kemasantani, 01 Februari 2025 – Dalam upaya meningkatkan minat belajar dan pemahaman numerasi pada siswa, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo melalui program KKN P telah menyelenggarakan kegiatan berbasis teknologi tepat guna di SDN Kemasantani. Kegiatan tersebut melibatkan pemanfaatan proyektor dan game berbasis web secara online yang dirancang khusus untuk mendukung pembelajaran numerasi bagi siswa kelas 1 dan 2.
ADVERTISEMENT
“Kegiatan yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo sangat menarik bagi siswa kelas 1 dan 2, apalagi anak-anak sangat suka dengan adanya media pembelajaran melalui media” ujar Kepala Sekolah.
Pembelajaran Media Digital Bersama Kelas 1 dan 2
zoom-in-whitePerbesar
Pembelajaran Media Digital Bersama Kelas 1 dan 2
Dalam acara yang dilaksanakan pada tanggal 01 Februari 2025 ini, mahasiswa KKN mengajak para siswa bermain sambil belajar melalui game interaktif yang telah disediakan. Metode pembelajaran yang inovatif ini diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sekaligus meningkatkan kemampuan dasar numerasi siswa secara efektif.
“Penggunaan teknologi tepat guna melalui game interaktif dalam pembelajaran numerasi ini terbukti efektif dalam meningkatkan antusiasme dan pemahaman siswa. Metode ini tidak hanya membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan,” ujar salah satu guru
Selama kegiatan berlangsung, mahasiswa KKN melakukan sesi tanya jawab secara individual kepada setiap siswa. Setiap jawaban yang benar langsung mendapatkan hadiah sebagai bentuk apresiasi dan motivasi bagi para peserta.
ADVERTISEMENT
Salah satu murid menyatakan, “sangat senang jika pembelajaran disertai dengan kegiatan bermain seperti ini.”
Pemberian Hadiah untuk peserta didik yang aktif untuk menjawab
Kegiatan ini menjadi salah satu wujud komitmen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dalam menerapkan teknologi tepat guna di bidang pendidikan. Diharapkan, penerapan metode pembelajaran berbasis game online ini dapat menjadi model bagi sekolah-sekolah lain dalam meningkatkan mutu pendidikan di era digital.
Keseruan bersama peserta didik SDN Kemasantani