Belajar dari Garret Camp, Pendiri Uber yang Pernah Jadi Pengusaha Muda Terbaik

Konten dari Pengguna
12 September 2022 6:00
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Profil Orang Sukses tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Taksi online Uber (ilustrasi). Foto: Reuters/Sergio Perez
zoom-in-whitePerbesar
Taksi online Uber (ilustrasi). Foto: Reuters/Sergio Perez
ADVERTISEMENT
Garrett Camp adalah pengusaha Kanada yang dikenal sebagai pendiri StumbleUpon atau platform penemuan web dan Uber, layanan ojek online melalui aplikasi seluler. Camp memiliki sekitar 4 persen saham Uber yang tercatat di New York Stock Exchange pada 10 Mei 2019.
ADVERTISEMENT
Sebelum Uber, Garrett Camp mendirikan alat penemuan web StumbleUpon, yang ia jual ke eBay pada 2007 seharga USD 75 juta.
Sejak muda, Garrett sudah mewarisi semangat kewirausahaan orang tuanya. Ibunya adalah seorang seniman dan ayahnya adalah seorang ekonom. Orang tua Camp memutuskan untuk mengubah karier mereka dan bekerja sama untuk menjadi tim desain untuk membangun rumah.
Dulunya, Camp belajar di sekolah dasar kecil yang hanya memiliki 150 siswa. Sekolah menengahnya lebih besar, dengan sekitar 1.700 siswa. Setelah menyelesaikan sekolahnya, dia mendaftar di Universitas Calgary untuk mendapatkan gelar di bidang teknik elektro pada 1996.
Setelah itu, dia pindah ke Montreal untuk magang di Nortel Networks untuk bekerja pada teknologi pengenalan suara. Selama tinggal di Montreal, ia juga mengambil kursus di Universitas Concordia.
Garrett Camp, Pendiri dan Ketua, Uber Technologies Inc. Foto: Twitter/@gc
zoom-in-whitePerbesar
Garrett Camp, Pendiri dan Ketua, Uber Technologies Inc. Foto: Twitter/@gc
Ia lalu kembali ke Calgary pada tahun 2000 untuk menyelesaikan gelar. Camp kemudian mulai mengerjakan Magister Rekayasa Perangkat Lunak dan meneliti sistem kolaboratif, algoritma evolusioner, dan pencarian informasi.
ADVERTISEMENT
Saat di universitas, ia memutuskan untuk memulai sebuah perusahaan dan bekerja sama dengan tiga teman yang berpikiran sama. Teman-temannya datang dengan beberapa ide bisnis dan akhirnya memutuskan untuk menggunakan konsep mesin penemuan yang akan menemukan konten web untuk penggunanya.
Lahirlah StumbleUpon. Perusahaan lepas landas dan kesuksesan awalnya membantu para pendiri dalam mengumpulkan dana yang memadai dari investor besar.
Saat menjabat sebagai CEO StumbleUpon, Camp muncul dengan ide mendirikan Uber pada tahun 2009. Baru-baru ini ia membentuk Expa dan dianggap sebagai salah satu inovator teknologi terbaik.
Pada tahun 2007, Garrett Camp masuk dalam Daftar Inovator Teratas TR35 di bawah usia 35 tahun di Konferensi Teknologi Berkembang Tinjauan Teknologi di MIT.
Kemudian, ia dinobatkan oleh Bloomberg Businessweek sebagai salah satu Pengusaha Muda Terbaik di bidang Teknologi pada 2008. Selain itu, ia dihargai di Tribeca Disruptive Innovation Awards 2013 atas prestasinya di StumbleUpon dan Uber.
ADVERTISEMENT