Belajar dari Harjo Sutanto, Pengusaha yang Ada di Balik Suksesnya Wings Group

Konten dari Pengguna
3 Oktober 2022 11:50 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Profil Orang Sukses tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Harjo Sutanto, pendiri Wings Group. Foto: Dok. Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Harjo Sutanto, pendiri Wings Group. Foto: Dok. Istimewa
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Harjo Sutanto merupakan sosok pengusaha di balik besarnya Wings Group. Harjo Sutanto adalah salah satu konglomerat asal Indonesia.
ADVERTISEMENT
Pengusaha yang lahir pada 1926 tersebut mulai dikenal saat membuat produk sabun. Pada saat usianya memasuki 20-an, ia merantau ke Surabaya untuk mendirikan pabrik sabun rumahan dengan rekannya, Johanes F Katuari. Pabrik tersebut dinamakan "Fa Wings" yang berasal dari frasa "fa thong fat" yang berarti sukses dan makmur bersama.
Usahanya membuahkan hasil setelah ia menjual sabun batangan. Lalu, ia Johanes berinovasi untuk mulai menjual sabun colek untuk mencuci baju. Di tahun 1971, Harjo mulai menginisiasi penjualan produk sabun krim dengan merek Wings Ekonomi. Produk tersebut akhirnya meledak di pasaran.
Era 80-an merupakan era kejayaan Fa Wings pada saat itu. Karena bisnis yang dijalankan Harjo terus berekspansi dan bekerja sama dengan pihak lainnya.
ADVERTISEMENT
Di tahun 1981, Harjo mendirikan PT Cipta Segar Harum yang nantinya akan berganti menjadi PT Lion Wings. Atas kerja sama ini lah yang membuat mereka dapat memproduksi banyak barang dengan berbagai jenis.
Hingga pada 1991, Fa Wings berganti nama menjadi PT Wings Surya. Ada lima kelompok produk Wings mulai dari Wings Care, Lion Wings, Wings Food, Calbee Wings, dan Glico Wings.
Diketahui, Wings Group juga memegang hak waralaba di Indonesia dengan minimarket merek FamilyMart dan restoran merek Yoshinoya. Harjo pernah berhasil masuk dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes di tahun 2020.