Kekayaan Mencapai Rp 298 Triliun, Bambang Hartono Tak Gengsi Makan di Warung

Konten dari Pengguna
3 Desember 2021 15:55
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Profil Orang Sukses tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Michael Bambang Hartono, Atlet Cabor Bridge Indonesia di Asian Games 2018  (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)
zoom-in-whitePerbesar
Michael Bambang Hartono, Atlet Cabor Bridge Indonesia di Asian Games 2018 (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)
ADVERTISEMENT
Harta yang melimpah tak melulu berhubungan dengan kemewahan. Banyak miliarder yang memilih untuk tetap hidup sederhana dibanding menghambur-hamburkan harta.
ADVERTISEMENT
Seperti yang Bambang Hartono lakukan. Walau telah menjadi orang kedua terkaya di Indonesia, ia tak segan makan di warung sederhana.
Dalam sebuah wawancara, pria berusia 82 tahun memang mengakui lebih suka makanan Indonesia dan tidak malu untuk makan di pinggir jalan. Pada 2019, foto Bambang Hartono sedang makan di warung sederhana tahu pong Semarang sempat menjadi viral di sosial media Twitter.
“Yang sok kaya mentingin gengsi, yang kaya beneran mah lebih mentingin rasa. Beliau, customer setia Tahu Pong Karangsaru Semarang.. Xie xie om Hwie Siang (Michael Bambang Hartono) - Big Boss Djarum & BCA”, tulis akun Twitter @ayudh69 saat menggunggah foto Bambang Hartono, dikutip Jumat (03/12).
Michael Hartono makan di Tahu Pong Karangsaru Semarang. Foto: Twitter @ayudh69
zoom-in-whitePerbesar
Michael Hartono makan di Tahu Pong Karangsaru Semarang. Foto: Twitter @ayudh69
Apa yang tertulis di unggahan itu benar adanya. Bambang Hartono bersama adiknya, menjadi pewaris perusahaan Djarum yang dibangun oleh sang ayah Oei Wie Gwan.
ADVERTISEMENT
Selain itu, pundi-pundi Bambang Hartono juga datang dari investasinya di Bank Central Asia (BCA). Pria kelahiran Kudus itu menjadi pemegang saham terbesar di BCA.
Setelah berbisnis di dunia tembakau, Hartono Brothers juga mengembangkan sayap ke bisnis elektronik. Tak kalah sukses, perusahaan elektronik Polytron yang didirikan pada 1975 itu kini sudah sangat populer di Tanah Air.
Melihat besarnya gurita bisnis yang dimiliki Bambang Hartono, tak heran bila namanya masuk pada jajaran orang terkaya di dunia. Menurut Forbes, kekayaan Michael Bambang Hartono saat ini mencapai angka USD 20,7 miliar atau setara dengan Rp 298 triliun.
Ia menduduki posisi kedua sebagai crazy rich Indonesia tepat setelah adik laki-lakinya, Budi Hartono yang menempati peringkat pertama dengan kekayaan Rp 308 triliun. Dari jejeran dunia, Bambang Hartono menempati posisi ke 89 sebagai miliarder tahun 2021.
ADVERTISEMENT