Pensiunan Ini Mendadak Jadi Miliarder Setelah Jual Koin Emas Langka

Konten dari Pengguna
29 Januari 2022 13:21
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Profil Orang Sukses tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pensiunan Ini Mendadak Jadi Miliarder Setelah Jual Koin Emas Langka (73633)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Koin Emas Foto: PAS British Museum
ADVERTISEMENT
Mungkin Anda pernah dengar peribahasa ”Bagai mendapat durian runtuh”, atau yang berarti mendapat rezeki secara tiba-tiba. Bisa dibilang pensiuan satu ini sedang mengalaminya. Bagaimana tidak, ia mendadak jadi miliarder setelah menemukan koin emas langka.
ADVERTISEMENT
Ia berhasil menemukan koin emas langka di sebuah peternakan di Devon. Ternyata koin emas itu sangat berharga dan berhasil terjual senilai miliaran rupiah dilelang.
Pensiuan beruntung ini bernama Michael Leigh-Mallory. Mengutip dari Mirror.co.uk, Sabtu (29/01), sebenarnya ia sudah menghentikan pencarian logam sejak satu dekade lalu. Namun, pada September lalu ia kembali melakukannya untuk menuruti permintaan khusus dari anak-anaknya.
Ternyata hal itu menjadi pengalaman yang mengubah hidup. Ia menemukan koin Raja Henry III, berdiameter 0,8 inci. Koin tersebut adalah edisi koin emas tertua Inggris dari abad ke-13 yang sangat berharga. Koin itu terkubur sekitar empat inci di bawah tanah perhatian di Hemyock, Devon.
Koin langka itu berhasil terjual dengan harga £ 648 ribu (sekitar Rp 12,4 miliar) dilelang. Michael kemudian membagi hasilnya sebagian untuk pemilik tanah.
ADVERTISEMENT
Untuk itu, dari penemuan yang tidak disengaja ini, Michael membawa pulang uang sebesar £324 ribu atau setara dengan Rp 6,2 miliar.
“Ini semua bukan hanya tentang uang, ini suatu kehormatan untuk terhubung dengan penemuan ini. Saya akan mengingat hari ini selama sisa hidup saya,” ucap Michael.
Mr Leigh-Mallory berencana untuk menggunakan rezeki tersebut untuk membantu pendanaan pendidikan putrinya, Emily yang bergabung dengan kelompok arkeolog serta putranya Harry yang adalah pecinta sejarah.
Awalnya Michael tidak menyadari kelangakaan dari koin itu, sampai ia mengunggahnya melalui sosial media Facebook dan seorang spesialis menyadarkannya.
Koin tersebut dicetak sekitar tahun 1257 oleh tukang emas raja William dari Gloucester, menggunakan emas yang diimpor dari Afrika Utara. Henry III adalah raja Inggris yang menjabata pada 1216 sampai kematiannya pada 1272.
ADVERTISEMENT