Perjalanan Steven Spielberg, Sutradara yang Raup Rp 148 T dari Membuat Film

Konten dari Pengguna
27 Juni 2022 17:10
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Profil Orang Sukses tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Steven Spielberg Foto: REUTERS/Mario Anzuoni
zoom-in-whitePerbesar
Steven Spielberg Foto: REUTERS/Mario Anzuoni
ADVERTISEMENT
Steven Spielberg adalah pembuat film, sutradara, dan produser pemenang Academy Award yang dikenal dengan beberapa film laris Hollywood. Terkenal sebagai nama terbesar di Hollywood, ia dianggap menjadi salah satu sutradara paling berpengaruh dalam sejarah pembuatan film.
ADVERTISEMENT
Setelah bekerja di industri film selama lebih dari empat dekade, Spielberg telah berkontribusi pada film dari berbagai tema dan genre yang berbeda, termasuk fiksi ilmiah dan petualangan, serta fitur sejarah.
Dia telah dinominasikan dan dianugerahi banyak prestasi sepanjang kariernya karena karyanya telah mampu menjangkau individu dari berbagai latar belakang dan minat.
Film-filmnya telah memecahkan rekor box office hingga menjadi film blockbuster. Pembuat film ini merevolusi genre sci-fi dengan efek khusus yang disertakan dalam film seperti Jurassic Park dan E.T. Ekstra Terestrial. Selama bertahun-tahun sutradara ternama itu telah menjadi juara humanistik dan proyek-proyeknya fokus pada isu-isu seperti holocaust.
Mulai Membuat Film Sejak Usia 13 Tahun
Steven Spielberg lahir pada 18 Desember 1946 di Cincinnati, Ohio dari pasangan Leah Adler Posner, seorang pemilik restoran dan pianis konser, dan Arnold Spielberg, seorang insinyur listrik.
ADVERTISEMENT
Tumbuh sebagai seorang Yahudi Ortodoks, ia mengenyam pendidikan di Sekolah Ibrani dari tahun 1953 hingga 1957 dan mengalami prasangka dan intimidasi karena praktik keagamaan keluarganya.
Sebagai seorang anak, Spielberg mulai mengarahkan film pendek pertamanya. Pada tahun 1958, sebagai anak pramuka ia menerima lencana prestasi fotografi untuk membuat film berdurasi 9 menit berjudul 'The Last Gunfight'.
Pada usia 13, Spielberg memenangkan hadiah untuk filmnya Escape to Nowhere, sebuah film 40 menit berkisah pertempuran di Afrika timur. Pada tahun 1963, ia menulis dan menyutradarai film independen pertamanya, sebuah film fiksi ilmiah berdurasi 140 menit berjudul Firelight.
Kemudian, ia melanjutkan pendidikan di California State University Long Beach. Namun, ia sempat diskors sebanyak tiga kali dan akhirnya memutuskan untuk keluar dan mulai mengejar karier di industri hiburan pada tahun 1969.
ADVERTISEMENT
Raup Rp 148 Triliun dari Film
Steven Spielberg meraih banyak penghargaan mulai dari gambar terbaik hingga menjadi sutradara terbaik yang raup triliunan pendapatan. Untuk karyanya di Schindler's List pada tahun 1994, sutradara ini mendapatkan dua Academy Awards, satu untuk Gambar Terbaik dan satu untuk Sutradara Terbaik.
Pada tahun 1994, University of Southern California menganugerahi Spielberg dengan gelar kehormatan. Dia memenangkan Penghargaan Akademi Sutradara Terbaik untuk film perang Saving Private Ryan, pada tahun 1999.
Spielberg menerima Directors Guild of America Lifetime Achievement Award pada tahun 2004. Sutradara veteran Spielberg kemudian dilantik ke dalam Aula Ketenaran Fiksi Ilmiah pada tahun 2005.
Menurut laporan Forbes, film-film Steven Spielberg, sutradara pemenang Academy Award tiga kali, telah meraup lebih dari USD 10,1 miliar atau sekitar Rp 148 triliun di seluruh dunia.
ADVERTISEMENT
Hari ini, segepok uang tunai dari setiap tiket di taman hiburan Universal langsung masuk ke sakunya berkat hit blockbuster seperti Indiana Jones.