Wahyudi Chandra, Mantan TKI yang Kini Jadi Pengusaha Sukses di Hongkong

Konten dari Pengguna
30 September 2021 10:48 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Profil Orang Sukses tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Hong Kong, destinasi wisata populer Asia. (Foto: Thinkstock)
zoom-in-whitePerbesar
Hong Kong, destinasi wisata populer Asia. (Foto: Thinkstock)
ADVERTISEMENT
Sukses adalah hak semua orang. Namun, semua itu bergantung pada sikap kita dalam mengusahakan diri hingga mencapai titik tersebut.
ADVERTISEMENT
Wahyudi Chandra, menempuh perjuangan yang tidak mudah untuk bangun dari kondisi sulitnya. Bahkan ia harus merantau ke negara tetangga demi memperbaiki kondisi ekonomi. Namun, kesuksesan kini sudah menjadi miliknya melalui berbagai bisnis yang dia jalankan di Hong Kong.
Chandra merupakan pria kelahiran Indonesia yang besar di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kondisi keuangan keluarganya sulit dan hanya cukup untuk sekedar makan.
Kondisi sulit tersebut sempat membuat Chandra membenci hidupnya dan merasa minder. Ia pun terus berpikir agar bisa mengubah nasibnya.
“Di titik terendah hidup saya, saya merasa minder dan iri kepada orang kaya. Saya mulai berpikir bagaimana supaya saya bisa merubah hidup dan punya uang,” tutur Chandra dalam salah satu unggahan kanal Youtube Mboke Memey (30/09).
ADVERTISEMENT
Pada 1990-an, ia memutuskan untuk menjadi TKI di Hong Kong. Berbagai pekerjaan ia rela lakukan untuk mendapatkan uang. Mulai dari penjual nasi, loper koran, hingga pedagang kaset sempat Chandra lakoni. Bahkan di waktu liburnya pun, Chandra gunakan untuk bekerja.
Karakternya yang gigih dalam bekerja, Chandra peroleh dari sang ayah. Sejak ia kecil, ia melihat ayahnya yan tidak pernah mengeluh dalam bekerja membangun ekonomi keluarga.
“Ayah saya tak pernah mengeluh di depan anaknya, padahal hidup kalau diukur dari segi ekonomi, kami itu pas-pasan. Ayah saya sudah dipanggil Tuhan, di situ saya menyadari, banyak pelajaran yang saya ambil dari ayah,” ujarnya dalam wawancara.
Perjalanannya menjadi TKI memberikan banyak pelajaran bagi Chandra. Ia berhasil membangun berbagai bisnis di berbagai bidang, seperti minimarket dan kuliner.
ADVERTISEMENT
Salah satu bisnisnya yang banyak dikenal adalah Chandra Remittance Hongkong, perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman uang. Perusahaan ini ia bangun untuk membantu para TKW di Hongkong dalam mengirimkan uang kepada kerabatnya di tanah air.
Bukan lagi TKI, kini Chandra sudah dikenal sebagai pengusaha sukses Indonesia yang tinggal di Hongkong. Perusahaannya sudah menjadi ladang rezeki bagi ratusan karyawan yang bekerja padanya.
Walau sudah mencapai kesuksesan, Chandra tetap bersikap rendah hati. Ia tidak akan melupakan masa masa sulitnya saat menjadi TKI di Hongkong. Melalui usahanya, Chandara ingin menolong banyak orang untuk turut mencapai kesuksesan.
“Bagi saya kesuksesan adalah bagaimana bisa membantu orang lain juga menjadi sukses,” ucapnya.