Profil Ahmad Luthfi, Kapolda Jawa Tengah

Profil Tokoh
Menyajikan informasi profil tokoh ternama dari Indonesia maupun mancanegara.
Konten dari Pengguna
19 Juni 2024 20:46 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Profil Tokoh tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Profil Ahmad Luthfi. Foto: kumparanNews
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Profil Ahmad Luthfi. Foto: kumparanNews
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Profil Ahmad Luthfi, Kepala Polda Jawa Tengah, menjadi sorotan setelah namanya disebut tengah disiapkan untuk mengemban posisi Irjen Kementerian Perdagangan (Kemendag).
ADVERTISEMENT
Sebab, penempatan posisi baru Luthfi di Irjen Kemendag memperpanjang daftar nama perwira tinggi Polri yang menduduki jabatan sipil, sekalipun penempatan tersebut mempunyai dasar hukum yang jelas.
Adapun penempatan polisi aktif di jabatan sipil di antaranya diatur pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Undang-undang ini sempat dikritik banyak pihak karena membolehkan sejumlah kementerian/lembaga diduduki polisi dan prajurit TNI aktif.

Biodata Ahmad Luthfi

Berikut adalah biodata Ahmad Luthfi:

Profil Ahmad Luthfi

Irjen Pol Ahmad Luthfi memiliki nama lengkap Irjen Pol Drs. Ahmad Luthfi, S.St.Mk, S.H. Pria yang saat ini memegang jabatan perwira tertinggi di kepolisian Jawa Tengah ini merupakan lulusan Sekolah Perwira Militer Sukarela (Sepa Milsuk) 1989.
ADVERTISEMENT
Dengan bekal pendidikan yang cukup matang, Irjen Pol Ahmad Luthfi memiliki rekam jejak di kepolisian yang cukup baik. Sebelum menjabat di Kapolda Jawa Tengah di tahun 2020, menjadi Kapolres Batang.
Setelah itu, ia mengemban jabatan menjadi Wakil Direktur Intelijen dan Keamanan (Wadir Intelkam) Polda Jateng di tahun 2010–2011.
Nama Irjen Pol Ahmad Luthfi semakin dikenal di Jawa Tengah setelah ia ditunjuk menggantikan Listyo Sigit Prabowo menjadi Wakapolres Surakarta. Saat mengemban jabatan ini ia cukup dekat dengan Jokowi yang kala itu masih menjadi Walikota Surakarta.
Tak berhenti sampai di situ, pada tahun 2015, ia naik jabatan sebagai Kapolres Surakarta. Namun, di tahun 2017, ia harus kembali ke Mabes Polri untuk mengisi jabatan sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Sosbud Baintelkam Polri.
ADVERTISEMENT
Pria kelahiran 1966 ini kembali ke Jawa Tengah pada tahun 2018 setelah ditunjuk menjadi Wakapolda Jateng. Lagi-lagi, untuk menggantikan Listyo Sigit Prabowo yang ditarik menjadi Kapolri, ia mengisi jabatan sebagai Kapolda Jawa Tengah di tahun 2020 sampai saat ini.

Kehidupan Pribadi

Ahmad Luthfi memiliki istri yang bernama Nurina Mulkiwati. Nurina, istri Irjen Ahmad Luthfi telah meninggal dunia karena penyakit kanker darah pada November 2019.
Sepeninggal istrinya, jenderal bintang 2 asal Surabaya itu hingga saat ini diketahui belum menikah lagi.
Ayah Irjen Ahmad Luthfi bernama H. Makali, sedangkan ibunya bernama Hj. Musarofah.Polisi yang akrab disapa jendral Luthfi ini memiliki adik yang bernama Kolonel Inf Zainul Bahar dan AKBP M. Sinwan.
ADVERTISEMENT

Pendidikan

Irjen Ahmad Luthfi adalah salah satu Pati Polri yang bukan lulusan dari Akademi Kepolisian (Akpol). Ia merupakan lulusan Sekolah Perwira Militer Sukarela (Sepa Milsuk) tahun 1989.
Dikutip dari laman p2k.stekom.ac.id, berikut adalah riwayat pendidikan Ahmad Luthfi.

Pendidikan Umum

Pendidikan Kepolisian

Pendidikan Kejuruan

Perjalanan Karier

Tak hanya Profil Ahmad Lutfhi, kariernya pun cukup menarik untuk diketahui. Karier Irjen Ahmad Luthfi sudah malang melintang di dalam kepolisian tanah air.
Meski bukan lulusan Akpol, Ahmad Luthfi membuktikan bahwa dirinya juga bisa menjadi seorang jenderal. Berbagai jabatan strategis di Korps Bhayangkara sudah pernah diemban Luthfi. Ia tercatat pernah mengemban jabatan sebagai Kapolres Batang.
ADVERTISEMENT
Kariernya makin moncer setelah ia didapuk menjadi Wadir Intelkam Polda Jateng pada tahun 2010. Pada tahun 2011, jenderal asal Surabaya ini dimutasi menjadi Wakapolresta Surakarta.
Saat itu Ahmad Luthfi mendampingi Kapolresta saat itu yakni Komjen Pol. (Purn.) Drs. Nana Sudjana, M.M.
Empat tahun kemudian, Irjen Ahmad Luthfi diangkat sebagai Kapolresta Surakarta. Setelah itu, ia kembali dimutasi menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Sosbud Baintelkam Polri pada tahun 2017.
Pada tahun 2018, Luthfi kemudian dipercaya untuk menjabat sebagai Wakapolda Jawa Tengah. Kala itu, pangkatnya masih Brigadir Jenderal atau Brigjen.
Barulah tahun 2020, Ahmad Luthfi berhasil naik pangkat menjadi Irjen dan mengisi kursi jabatan sebagai Kapolda Jateng.
Ahmad Luthfi belakangan juga disebut akan maju dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah 2024. Sejumlah partai politik (parpol) bahkan telah meliriknya.
ADVERTISEMENT
Salah satunya adalah Partai Amanat Nasional (PAN) yang telah resmi mengusung Luthfi di Pilkada Jawa Tengah 2024.
Tak hanya PAN, Partai Golkar juga mulai ancang-ancang menyusul PAN untuk sama-sama mengusung Luthfi. Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Golkar Jateng M Iqbal mengatakan, saat ini Partai Golkar sedang melakukan pembahasan untuk mengerucutkan dukungan.
Dia menjelaskan, Partai Golkar sedang memasuki tahapan survei yang pertama. Dalam survei tersebut nama Luthfi menjadi salah satu nomine yang layak.
Menurutnya, jenderal bintang dua tersebut cocok untuk memimpin masyakarat Jawa Tengah karena kepemimpinannya sudah teruji saat menjabat sebagai Kapolda Jawa Tengah.
Itulah profil Ahmad Lutfi seorang Kapolda Jawa Tengah yang dikabarkan akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah 2024. (glg)
ADVERTISEMENT