Nanas, Komoditi Ekspor Indonesia yang Jadi Primadona di Mancanegara

Saya adalah saya.
Konten dari Pengguna
10 Juli 2019 15:46
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Putri Anggreni tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Source: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Source: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Nanas merupakan salah satu jenis buah yang lazim tumbuh di negara-negara beriklim tropis seperti Indonesia. Di Indonesia sendiri, kamu dapat dengan mudahnya menemukan nanas di beberapa daerah. Salah satu yang terkenal ada di Provinsi Lampung.
ADVERTISEMENT
Seperti buah lainnya, nanas juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Dalam setiap buahnya terdapat vitamin C, vitamin B6, vitamin B1, serta folat. Kandungan gizi tersebut pun membuat nanas memiliki berbagai manfaat baik bagi tubuh, di antaranya: menjaga kesehatan tulang, menjaga kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan kulit, anti inflamasi, dan lainnya.
Di Indonesia sendiri, nanas bukan merupakan buah yang asing. Kamu dapat dengan mudahnya menemukan buah ini mulai di pasar, supermarket, hingga pedagang buah di pinggir jalan.
Melimpahnya nanas di Indonesia, membuat buah ini juga menjadi salah satu komoditi ekspor utama. Di tahun 2018, nanas berkontribusi 82 persen dari total ekspor buah Indonesia. Devisa yang dihasilkan dari ekspor nanas pun mencapai Rp 3,3 triliun.
Source: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Source: Shutterstock
Nanas Indonesia digemari oleh dunia karena percampuran rasa manis dan asam yang pas. Jadi, tidak mengherankan selama 2018 tercatat ada 65 negara tujuan ekspor nanas. Di antaranya Jepang, Hong Kong, Korea, Taiwan, China, Singapura, Malaysia, Brunei, Vietnam, India, Pakistan, Srilanka, Iran, Timur Tengah, Eropa, Australia, Amerika, dan lainnya.
ADVERTISEMENT
Tidak berhenti di 2018 saja. Membuka tahun 2019, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertanian (Kementan) juga telah melepas ekspor nanas kaleng asal Lampung ke Spanyol.
Nanas menjadi salah satu komoditi ekspor Indonesia yang menjadi primadona di pasar internasional. Hal ini terbukti dengan banyaknya negara yang melakukan impor nanas asal Indonesia. Nah, jika negara lain saja sudah mengakui, masa kita masih mau mengkonsumsi yang impor?
#BeraniEkspor #142KarantinaMelayani
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·