Strategi Bisnis dalam Industri Kreatif Digital

Putri Purnama Sari
Mahasiswa Mass Communication - Universitas Bina Nusantara
Konten dari Pengguna
10 Februari 2022 16:19 WIB
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Putri Purnama Sari tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi proses pembuatan konsep strategi bisnis/Foto:Diambil oleh Putri Purnama Sari.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi proses pembuatan konsep strategi bisnis/Foto:Diambil oleh Putri Purnama Sari.
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dunia bisnis di era globalisasi berkembang sangat pesat. Banyaknya orang yang tertarik dalam bisnis membuat persaingan semakin kuat. Hal itu mendorong para pelaku bisnis untuk terus berinovasi dan memberikan ide kreatif dalam menciptakan produk agar bisa unggul dan diterima oleh masyarakat. Beberapa strategi yang dapat digunakan dalam bisnis digital ialah;

Memanfaatkan Sumber Teknologi

Globalisasi membawa kita ke dunia yang lebih canggih, sehingga mempermudah proses komunikasi jarak jauh dengan menggunakan internet. Internet dapat di akses melalui teknologi canggih seperti handphone, komputer, tablet dan masih banyak lagi. Hal ini sangat berpengaruh dalam melakukan pemasaran produk bisnis, karena dengan memanfaatkan teknologi maka bisnis akan lebih mudah di kembangkan ke jangkauan yang lebih luas.
ADVERTISEMENT
Sistem Pemasaran Melalui Media Sosial
Proses pemasaran (Marketing) bisnis dengan menggunakan media sosial saat ini telah menjadi tren, karena banyak masyarakat yang menggunakan media sosial sebagai alat komunikasi praktis. Beberapa media sosial yang populer di tengah masyarakat yaitu Facebook,Twitter,Instagram, dan TikTok biasanya memiliki fitur atau layanan pemasangan iklan atau Adsense yang banyak di manfaatkan oleh pengguna bisnis kreatif. Selain itu menggunakan jasa Influencer dan Selebriti melalui kerjasama endorse juga dapat membantu meningkatkan jumlah konsumen karena besarnya pengaruh dari pengikut mereka di media sosial.
Konten Kreatif, Unik, dan Menarik
Dalam proses pemasaran digital setiap pelaku bisnis berlomba untuk mendapat perhatian dari para konsumen. Konten yang unik tentu akan menambah karakter dan citra yang baik bagi para konsumen. Beberapa cara kreatif untuk membuat konten marketing bisa melalui video, blog, podcast, foto, dan masih banyak lagi.
ADVERTISEMENT
Bagaimana? menarik bukan beberapa strategi diatas yang bisa kita coba terapkan, apalagi untuk pemula yang ingin belajar tentang dunia bisnis. Yuk,berbisnis menggunakan bisnis digital kreatif!