Satwa Liar Juga Butuh Tempat Tinggal

Putria Moza
Mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Andalas
Konten dari Pengguna
26 Oktober 2023 11:33 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Putria Moza tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Satwa Liar. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Satwa Liar. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Deforestasi adalah suatu kegiatan penebangan hutan yang mana dengan tujuan untuk mengalihkan lahan hutan menjadi pemukiman, peternakan ataupun perkebunan. Deforestasi bukan lagi persoalan baru yang melanda Indonesia, terlebih berdasarkan data FAO negara kita adalah salah satu negara dengan jumlah hutan terluas dan masuk ke dalam urutan kedelapan di antara ratusan negara lain.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, sekalipun deforestasi membawa keuntungan bagi manusia dengan memberikan banyaknya persediaan lahan baru, deforestasi memiliki dampak yang sangat buruk bagi satwa liar. Deforestasi dilakukan untuk memberikan keuntungan terhadap mahluk hidup yakni manusia, tapi di sisi lain kita lupa bahwa satwa liar pun salah satu mahluk hidup yang memerlukan lahan atau tempat tinggal sama seperti manusia pada umumnya. Kegiatan deforestasi membuat satwa liar di dalam hutan pada akhirnya kehilangan tempat tinggalnya.
Selain mengakibatkan hilangnya tempat tinggal bagi satwa-satwa liar, deforestasi juga membuat satwa-satwa liar tersebut kehilangan sumber makanan. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa satwa-satwa liar terus mengalami kepunahan. Deforestasi yang terus menerus dilakukan akan mengakibatkan semakin banyak satwa yang mengalami kepunahan, yang mana hal tersebut juga akan membawa kerugian-kerugian bagi ekosistem yang ada di bumi ini.
ADVERTISEMENT
Data kepunahan yang tercatat dan diakumulasikan oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN) sendiri menunjukan bahwa sebanyak 32.000 spesies terancam punah. Apabila penyebabnya seperti deforestasi tidak segera diminimalisir, maka kepunahan itu tentu saja akan terjadi bagi mahluk hidup selain manusia.
Ilustrasi Satwa Punah. Foto: Shutterstock
Beberapa upaya tentunya bisa dilakukan untuk bisa mengurangi dampak dari deforestasi itu sendiri terhadap satwa, karena jika tidak melakukan sedikitpun upaya pencegahan, tentu akan membuat nasib satwa-satwa yang berada di dalam hutan mengkhawatirkan.
Adapun upaya atau solusi untuk mengurangi dampak deforestasi yakni;
1. Pemerintah Perlu Memperkuat Peraturan
2. Tekan Ekspansi Perkebunan
3. Jaga Hutan Bersama
Kesadaran masyarakat pun diperlukan dalam hal ini, bukan hanya pemerintah dan pihak korporasi yang bersangkutan saja. Kadang kalanya, manusia pun banyak melakukan penebangan asal di hutan tanpa mereka tahu akibatnya, untuk itu setiap mahluk hidup terutama manusia yang lebih berakal diperlukan pemahamannya untuk bisa menjaga hutan bersama-sama guna mempertahankan rantai kehidupan satwa yang tinggal di dalamnya.
ADVERTISEMENT