Bisnis
·
9 Juli 2021 12:06
·
waktu baca 2 menit

Jangan Menunggu, Waktunya Tidak Akan Pernah Tepat

Konten ini diproduksi oleh Anggi Putri Pratama
Jangan Menunggu, Waktunya Tidak Akan Pernah Tepat (733244)
searchPerbesar
Ilustrasi perencanaan bisnis. Photo by Anggi Putri Pratama
Banyak orang bermimpi ingin menjadi seorang pebisnis besar dan sukses. Tapi, hanya sebagian kecil yang benar-benar hidup menjalani mimpi tersebut.
ADVERTISEMENT
Alasannya sederhana, merintis dan mengelola usaha sendiri tidak semudah yang dibayangkan. Selain harus memiliki mental yang kuat, ada hal penting lain yang harus dipersiapkan dengan matang.
Namun, apakah dengan persiapan saja cukup untuk membuat kita berhasil dalam bisnis? Tentu saja tidak. Kita tahu berhasil atau tidak setelah kita mencoba.
Nah, maka mulailah melangkah dan menjalankan setiap rencana. Jangan hanya berpikir tapi ayo mulai bertindak.

Jangan menunggu waktunya tidak akan pernah tepat - Napoleon Hill

Membangun bisnis memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi bukan berarti kamu tak bisa ikut memulai bisnis. Ingin mandiri di usia muda dengan berbisnis? Tentu bisa.
Ketika kita memulai suatu usaha, tidak ada kelayakan pasti kapan harus memulai. Semakin cepat kita memulai, semakin baik hasil yang akan diperoleh.
ADVERTISEMENT
Seorang wirausaha tidak hanya bisa mengandalkan satu faktor saja dalam berwirausaha. Seperti hal nya ketika wirausaha hanya fokus mengutamakan modal, memang hal itu benar namun tetap saja membutuhkan faktor lain untuk bisa berjalan dengan baik, seperti marketing, keuangan, action plan dan sebagainya .
Ketika menunggu waktu yang tepat hingga semua sempurna maka hal itu malah akan menghambat. Karna tidak ada kelayakan pasti dalam persiapan usaha. Dan tidak ada ujungnya dalam menemukan titik sempurna.
Untuk apa rencana yang sempurna tanpa terlaksana - Anggi Putri Pratama
Semakin cepat memulai hasilnya akan semakin baik karena banyak bisnis yang memiliki usia lebih lama maka bisnis tersebut lebih banyak dikenal oleh masyarakat.
Koneksi pelanggan bisa lebih banyak ketika bisnis berjalan dengan kurun waktu yang lebih lama,wirausaha juga akan semakin paham apa yang diinginkan oleh pelanggan dengan adanya tanggapan,kritik dan saran yang diterima. Banyak hal lain yang bisa diperbaiki seiring dengan berjalannya bisnis guna menyempurnakan bisnis sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan mencapai keberhasilan.
ADVERTISEMENT

Perlu memulai untuk bisa mencapai suatu keberhasilan, tanpa melangkah kita tidak akan tahu apa yang terjadi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata memulai adalah mulai.
Memulai berasal dari kata dasar mulai. Memulai memiliki arti dalam kelas verba atau kata kerja sehingga memulai dapat menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.
Tolak ukur keberhasilan bisnis memang bukan hanya berapa lama bisnis itu berjalan. Banyak di antaranya yang memiliki usia bisnis lebih lama namun tetap saja tidak berkembang, maka dari itu perlu diimbangi inovasi dengan mengikuti perkembangan zaman agar bisnis bisa terus berjalan.
Salah satu faktor keberhasilan bisnis yaitu usia bisnis maka jangan menunggu esok nanti dalam memulai bisnis.
ADVERTISEMENT

Anggi Putri Pratama

Program Studi Bisnis Digital

UNIVERSITAS AMIKOM PURWOKERTO