Pengin Bisnis, tapi Bingung nih

Anggi Putri Pratama
Mahasiswi Universitas Amikom Purwokerto
Konten dari Pengguna
23 Januari 2024 8:09 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Anggi Putri Pratama tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Source picture : Freepik (klik di sini)
zoom-in-whitePerbesar
Source picture : Freepik (klik di sini)
ADVERTISEMENT
Dalam perspektif saya, bisnis adalah suatu kegiatan yang tidak hanya memberikan potensi keuntungan finansial, tetapi juga merupakan sarana untuk mengembangkan berbagai keterampilan dan keahlian. Bisnis bukan hanya tentang mencari keuntungan semata, tetapi juga tentang memahami aspek-aspek manajemen seperti waktu, kedisiplinan, dan pengelolaan operasional.
ADVERTISEMENT
Berbicara tentang mahasiswa dan bisnis, saya percaya bahwa bisnis dapat menjadi wadah yang ideal untuk belajar dan mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh selama perkuliahan. Menjalankan bisnis memungkinkan mahasiswa untuk merasakan tantangan dunia nyata, menciptakan ide-ide kreatif, dan mengelola sumber daya dengan efisien.
Dalam konteks ini, saya ingin menyajikan perspektif tambahan tentang ide bisnis mahasiswa. Salah satu aspek yang dapat dieksplorasi adalah konsep bisnis berkelanjutan atau yang berfokus pada dampak sosial positif. Mahasiswa dapat menciptakan bisnis yang tidak hanya menghasilkan keuntungan, tetapi juga memberikan kontribusi pada isu-isu sosial atau lingkungan.
Contohnya, mahasiswa dapat mempertimbangkan bisnis kuliner dengan pendekatan ramah lingkungan, menggunakan bahan-bahan lokal dan mengurangi limbah plastik. Selain itu, bisnis produk dagang dapat mengedepankan produk-produk berkelanjutan atau ramah lingkungan.
ADVERTISEMENT
Bisnis jasa juga bisa dilihat dari sudut pandang memberikan nilai tambah pada masyarakat. Misalnya, membuka jasa bimbingan online atau kursus yang tidak hanya fokus pada profitabilitas, tetapi juga pada penyediaan akses pendidikan yang terjangkau dan berkualitas.
Saya percaya bahwa melihat bisnis dari angle berkelanjutan dan sosial tidak hanya akan memberikan kepuasan finansial, tetapi juga memberikan rasa kepuasan yang mendalam karena kontribusi positif pada lingkungan dan masyarakat. Dengan demikian, mahasiswa tidak hanya menjadi pebisnis yang sukses tetapi juga agen perubahan yang positif dalam masyarakat.