Mau Healing? Tebet Eco Park Pilihannya

Freelancer and House Wife yang memiliki hobby travelling dan menyukai dunia creative digital. Sarjana Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Konten dari Pengguna
17 Februari 2023 6:55
·
waktu baca 4 menit
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Quinn Rizqi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Akhir pekan merupakan waktu yang cocok untuk berkumpul bersama keluarga dengan melakukan berbagai kegiatan seperti liburan, berolahraga dan mengunjungi tempat-tempat wisata untuk melepas penat dari padatnya aktivitas sehari-hari, membuat pikiran lebih tenang dan segar.
Aku bersama keluarga menghabiskan waktu liburan di akhir pekan dengan mengunjungi tempat wisata yang ada dijakarta. Jakarta merupakan pusat pemerintahan, bisnis dan ekonomi. Namun, Jakarta juga memiliki daya tarik yang seakan tak pernah habis karena selalu ada hal baru yang ditawarkan baik dari sisi tempat wisata maupun atraksinya, membuat masyarakat bisa melakukan berbagai hal dari wisata sejarah hingga berburu makanan khas tersedia disini.
Tempat wisata yang saya kunjungi ialah Tebet Eco Park. Tempat wisata ini merupakan sebuah taman kota yang terletak dijakarta selatan, tepatnya di Jalan Tebet Barat Raya, RT 1 RW 10, Tebet Barat, Kecamatan Tebet, Kota Jakarta Selatan.
Foto: Tebet Eco Park, Sumber: Dokumen Penulis I@aqueeny
zoom-in-whitePerbesar
Foto: Tebet Eco Park, Sumber: Dokumen Penulis [email protected]
Awal mulanya, Tebet Eco Park merupakan dua kawasan taman yang terpisah lokasinya, yaitu antara taman tebet utara dan taman tebet selatan, lalu Pemerintah DKI Jakarta melakukan revitalisasi menjadikan ruang terbuka hijau yang mengusung konsep taman harmonisasi antara fungsi ekologi, sosial, edukasi dan rekreasi.
Tebet Eco Park memiliki luas 7.3 hektare yang di dalamnya terdapat 8 taman eco zona meliputi community garden, wetland boardwalk, infinity link bridge, plaza, forest buffer, children playground, thematic garden, dan community lawn.
Setiap zona Tebet Eco Park dirancang untuk mengambil peran penting dalam keberlangsungan lingkungan dan interaksi sosial, mulai dari menjaga kualitas alam lingkungan hingga meningkatkan kualitas hidup pengunjung dan masyarakat sekitarnya seperti, sungai yang di naturalisasi kembali, rawa (lahan basah) dijadikan kolam retensi, konservasi tanaman dan penampungan kembali untuk mereduksi polusi, hingga berbagai ruang hijau terbuka yang berfungsi memfasilitasi masyarakat untuk berinteraksi. Maka dari itu Tebet Eco Park bukan sekedar sebuah taman saja, melainkan ekosistem yang mana antara alam dan manusia saling berinteraksi dan saling melindungi dalam sebuah harmoni. Oleh sebab itu, kita dapat melakukan berbagai aktivitas luar ruangan yang ada di dalam zona Tebet Eco Park;

Aktivitas di Community Lawn

Community lawn adalah area ruang terbuka yang dikelilingi pohon bunga kupu kupu (Bauhinia purpurea), dirancang dengan gundukan tanah berumput yang memecah area yang luas dijadikan beberapa ruang yang lebih kecil dan privat. Tempat ini cocok untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti berpiknik dan bersantai sambil menikmati udara yang sejuk dan asri dari pepohonan, seakan sedang ada di pedesaan, padahal di pusat kota.
Foto: Area Piknik, Sumber: Dokumen Penulis I @aqueeny
zoom-in-whitePerbesar
Foto: Area Piknik, Sumber: Dokumen Penulis I @aqueeny

Aktivitas di Children Playground

Children Playground merupakan tempat bermain anak, yang memiliki berbagai jenis permainan. Ikon di area ini adalah sebuah buaya raksasa berwarna cokelat. Buaya ini merupakan area bermain yang dapat dimasuki anak-anak. Di bagian gigi buaya, digantikan dengan tali supaya dapat digunakan untuk bermain gantungan. Ada juga area panjat tebing di bukit buatan. Sebuah bukit buatan dengan kemiringan hingga 45 derajat dan alas rerumputan yang terdapat pijakan kaki dan tali tambang untuk memanjat. Di area ini, anak-anak bisa melatih keberanian dan ketangkasan. Selain itu, ada permainan jungkat-jungkit, trampoline dan masih banyak lagi. Keseluruhan kawasan bermain ini berbalut warna-warna yang ceria. Sehingga dapat menambah keseruan anak-anak saat bermain.
Foto: Area Taman Bermain Anak, Sumber: Dokumen Penulis I@aqueeny
zoom-in-whitePerbesar
Foto: Area Taman Bermain Anak, Sumber: Dokumen Penulis [email protected]
Foto: Area Taman Bermain Anak, Sumber: Dokumen Penulis I @aqueeny
zoom-in-whitePerbesar
Foto: Area Taman Bermain Anak, Sumber: Dokumen Penulis I @aqueeny
Infinity Link Bridge merupakan icon dari taman ini. Infinity Link Bridge dirancang untuk menyambungkan taman utara dan taman selatan, jembatan dengan tinggi enam meter ini berdiri dilengkapi dengan tiang-tiang berwarna merah yang bergradasi, di mana warna tersebut disesuaikan dengan pohon leda dan pepohonan lain. Selain itu, bentuk jembatan ini tak hanya berupa sebuah jembatan lurus, melainkan meliuk seperti angka delapan, yang membelah pepohonan, seakan jembatan ini bernaung di bawah pepohonan. Tempat ini dijadikan untuk kegiatan olahraga dan berfoto, karena banyak spot foto yang menarik untuk diabadikan.
Foto: Area Jembatan, Sumber: Dokumen Penulis I @aqueeny
zoom-in-whitePerbesar
Foto: Area Jembatan, Sumber: Dokumen Penulis I @aqueeny

Aktivitas di Thematic Garden

Thematic Garden merupakan area terbuka hijau yang dikelilingi oleh pepohonan dan tumbuhan hijau membuat area ini memiliki udara yang sejuk untuk kita nikmati. Tempat ini dijadikan area olahraga yang dilengkapi alat fitness, dan terdapati track untuk joging membuat tubuh kita sehat.
Foto: Area Olahraga, Sumber: Dokumen Penulis I@aqueeny
zoom-in-whitePerbesar
Foto: Area Olahraga, Sumber: Dokumen Penulis [email protected]
Untuk yang ingin berkunjung ke Tebet Eco Park, kalian bisa datang pada hari senin - minggu, pukul 06.00-17.00, dan tidak dipungut biaya atau gratis. Namun, waktu berkunjung di bagi menjadi_2 sesi. sesi pertama dari pukul 06.00-11.00, dilanjutkan sesi kedua pukul 13.00-17.00. Hal ini disampaikan oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta melalui akun media sosialnya. Oleh karenanya, kita harus mengunduh aplikasi jakarta kini (JAKI) terlebih dahulu pada play store hp sebelum berkunjung ke sana. Caranya, kalian buka aplikasi JAKI dan klik banner bertuliskan "Daftar Masuk Tebet Eco Park" lalu dilanjutkan dengan mengisi data kunjungan yang meliputi jumlah pengunjung, tanggal kunjungan dan sesi kunjungan, sebagai tiket masuk Tebet Eco Park. Selain itu, ada fasilitas lain seperti toilet, foodcourt dan musolah tersedia disini.
Nah, ini pengalamanku menghabiskan waktu akhir pekan dengan berkunjung ke Tebet Eco Park. Tempat healing kekinian ditengah kota. Bagaimana, kalian tertarik ingin berkunjung kesini?