Pencarian populer

5 Fungsi Utama Karbohidrat Bagi Tubuh

Secara definisi, karbohidrat adalah senyawa yang mengandung atom Karbon (C), Hidrogen (H), dan Oksigen (O). Secara umum, rumus kimia dari karbohidrat adalah Cx(H2O)y . Contohnya Glukosa (C6H1206). Sebagian besar karbohidrat yang kita konsumsi ini adalah berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Namun, belakangan mulai bermunculan beragam jenis diet yang mengharuskan kita untuk tidak mengonsumsi atau memangkas asupan karbohidrat. Padahal karbohidrat punya fungsi-fungsi utama bagi tubuh kita, lo. Apa saja ya fungsinya? Yuk, kita simak ulasannya di bawah.

Sumber: Quipper Blog

1. Sebagai sumber energi bagi tubuh manusia

Secara teori, 1 gram karbohidrat dapat menghasilkan 4 kalori. Karena sangat besar kalori yang dihasilkan bagi tubuh, karbohidrat merupakan kebutuhan utama bagi sel-sel jaringan tubuh. Pengubahan kalori ini dapat diubah menjadi energi dan glikogen. Energi akan dipakai oleh sistem saraf dan eritrosit, kemudian sebagian lagi disimpan dalam bentuk glikogen di hati dan di otot.

2. Sebagai detoksifikasi zat-zat toksik di dalam hati

Detoksifikasi merupakan lintasan metabolisme yang terjadi pada tubuh sehingga bisa mengurangi racun (toksis) dalam tubuh manusia dengan sistem penyerapan distribusi, biotransformasi dan hasil ekskresinya. Sebagaimana kita ketahui, makanan yang kita konsumsi belum tentu 100 persen steril. Oleh sebab itu, organ hati (hepar) kita bekerja untuk menetralisir racun-racun yang ada di dalam tubuh, agar tubuh selalu dalam keadaan normal. Karena sistem kerja hepar terjadi setiap hari, oleh sebab itu hepar memerlukan nutrisi yang baik berupa karbohidrat agar sistem kerjanya berjalan dengan lancar.

Sumber: Quipper Blog

3. Sebagai sumber penyerapan Kalsium

Ada salah satu karbohidrat yang berjenis laktosa, salah satu contohnya adalah susu. Berperan sebagai salah satu sumber kalsium, susu sangat baik bagi tubuh terutama kandunganya yang dapat membangun tulang dan gigi.

4. Mencegah terjadinya ketosis dan pemecahan protein yang berlebihan

Ketosis adalah kondisi hepar yang memproduksi keton sebagai energi untuk seluruh tubuh. Senyawa keton adalah cadangan bahan bakar energi. Ketosis terjadi apabila tubuh tidak memiliki persediaan karbohidrat yang cukup untuk dibakar. Maka sebagai gantinya, tubuh akan membakar cadangan lemak sebagai pengganti karbohidrat. Ketosis biasanya digunakan orang yang sedang diet. Namun diet yang berlebihan dapat menimbulkan penyakit anoreksia.

5. Sebagai bahan yang berguna untuk pencernaan dan memperlancar defekasi

Defekasi merupakan proses pengeluaran zat sisa/pengosongan usus dan mengeluarkan feses, atau sering dikenal dengan proses buang air besar (BAB). Sebagaimana kita ketahui, bahwa ada jenis-jenis karbohidrat yang mengandung serat yang baik untuk tubuh contohnya buah-buahan dan sayur-sayuran, yaitu pepaya.

Pepaya sangat baik untuk membantu proses pencernaan di dalam usus besar sampai anus. Apabila proses defekasi ini tidak berjalan dengan baik, biasanya timbul bercak darah pada anus ataupun feses.

Nah, mulai sekarang kamu harusnya sudah tidak berpikirian buruk lagi dengan karbohidrat ya karena nyatanya tubuh kita tetap perlu mendapatkan asupan karbohidrat dari makanan yang kita konsumsi.

Sumber: https://www.quipper.com/id/blog/mapel/kimia/fakta-ilmiah-karbohidrat-kimia-kelas-12/

Penulis: William Yohanes

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.63