kumparan
20 Mei 2019 10:05

Jenis-jenis Psikotes dan Contoh Soal Beserta Pembahasannya

Ilustrasi otak manusia
Ilustrasi otak manusia. Foto: Shutterstock
Psikotes atau tes psikologi merupakan tes untuk mengukur aspek-aspek individu seseorang dalam segi psikisnya. Dalam tes tersebut, hal yang diukur adalah kecenderungan perilaku seorang individu.
ADVERTISEMENT
Psikotes pada umumnya berisikan berbagai soal yang menguji kemampuan kognitif dan afektif dari diri seseorang. Kognitif meliputi potensi kecerdasan pikiran atau IQ, sedangkan afektif meliputi kecerdasan emosional atau EQ.
Psikotes memiliki beberapa tujuan. Pertama, untuk mengetahui kemampuan mental dan intelegensia dari peserta yang mengikutinya. Kedua, untuk mengetahui potensi yang dimiliki oleh pesertanya. Dan, melalui psikotes, peserta dapat diketahui fungsi neurologis dalam diri mereka.
paper, pencil.png
Quipper Blog
Jenis-jenis Psikotes
Pada dasarnya, jenis-jenis psikotes ada banyak ragamnya. Namun, yang lumrah digunakan tidak banyak. Biasanya, jenis-jenis psikotes yang kerap digunakan ialah psikotes Logika Aritmatika, Tes Wartegg, Analogi Verbal, Draw a Man (DAM), Edwards Personal Preference Schedule (EPPS), Kraeplien atau disebut juga Paulie Test, dan Test Army Alpha Intelligent.
ADVERTISEMENT
  1. Logika Aritmatika
Secara sederhana, psikotes jenis ini berupa tes matematika logika. Artinya, kamu akan menghadapi ragam soal yang menguji kemampuan matematika logikamu. Lumrahnya, tes ini berbentuk deret angka. Kamu diuji untuk mampu menjawab deret angka selanjutnya secara tepat atau minimal mendekati deret angka sebenarnya.
  1. Tes Wartegg
Quipperian, kamu jangan beranggapan kalau tes tipe wartegg itu akan diuji di Warung Tegal (Warteg), ya! Tes Wartegg merupakan tes psikologi yang soalnya berisikan gambar-gambar yang harus disempurnakan.
  1. Analogi Verbal
Psikotes jenis ini menguji logika kamu. Ada beberapa macam jenis dari soal analogi verbal. Jenis-jenis analogi verbal itu yakni mencari sinonim, antonim, dan kelompok padanan kata yang tepat. Biasanya, jenis psikotes ini kerap muncul dalam berbagai macam jenis ujian seperti jenis ujian SBMPTN, masuk kerja, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
  1. Kraeplin/Pauli
Psikotes ini berisi deret angka ke bawah. Pengerjaan soal ini, harus menghitung sesuai urutan angka dan menuliskannya di antara celah angka. Dalam pengerjaannya, kamu akan diberikan waktu yang terbatas.
exam, writing.png
Quipper Blog
Contoh Soal Psikotes SBMPTN
Dari beberapa paparan jenis psikotes itu, tidak semuanya ada di SBMPTN. Biasanya, jenis psikotes yang muncul di SBMPTN ialah jenis analogi verbal. Untuk itu, Quipper Blog akan membahas beberapa contoh soal psikotes analogi verbal.
Contoh Soal 1
Panas-Kipas Angin = …
Padanan yang tepat untuk soal tersebut ialah:
A. Dingin-Selimut
B. Panas-Gurun
C. Dingin-Es Batu
D. Panas-Es Batu
E. Dingin-Gurun
Pembahasan:
Pada soal terdapat dua kata, yakni ‘Panas’ dan ‘Kipas Angin.’ Kedua hal itu memiliki hubungan, yakni perasaan tubuh terhadap cuaca atau situasi lingkungan dan alat untuk melawannya.
ADVERTISEMENT
Ketika kamu merasa ‘panas’ maka kamu akan membutuhkan ‘kipas angin’ untuk mendinginkan diri. Dari hubungan itu, maka jawaban yang tepat ialah pilihan jawaban A. Sebab, secara logika ketika kamu merasa ‘dingin’ kamu akan mencari alat melawan dingin yakni ‘selimut.’
Contoh Soal 2
Film-Oscar = …
A. Sepak Bola-La Liga
B. Bulutangkis-Sudirman
C. Karate-FORKI
D. Taekwondo-ASEAN Games
E. Voli-Net
Pembahasan:
Pada soal ada dua kata, yakni ‘Film” dan ‘Oscar.’ Hubungan keduanya ialah antara objek yang dinilai dengan nama penghargaannya. Oscar atau biasanya kamu mendengarnya Piala Oscar merupakan penghargaan di dunia perfilman.
Dari pilihan jawaban yang ada, maka yang memiliki hubungan yang sama ialah B. Sebab, pada olah raga bulutangkis, salah satu penghargaan atau piala yang ada dalam pertandingan ialah Piala Sudirman.
ADVERTISEMENT
Contoh Soal 3
Panas-Dingin = …
Padanan yang sama dengan soal tersebut ialah …
A. Panas-Hangat
B. Dingin-Cair
C. Pagi-Malam
D. Pagi-Siang
E. Berenang-Berjalan
Pembahasan:
Pada soal ada kata ‘Panas’ dan ‘Dingin’ yang memiliki hubungan antonim atau lawan kata. Kiranya cukup mudah menjawab soal tersebut bukan, Quipperian? Sebab, kamu tinggal mencari kata yang memiliki hubungan antonim pada pilihan jawaban.
Jadi, apa jawabannya Quipperian? Ya, kamu benar, jawaban yang tepat ialah C. Sebab, kata ‘Pagi’ dan ‘Malam’ pada pilihan jawaban itu saling berlawanan.
Contoh Soal 4
Minum-Dahaga = Makan- …
Pilihlah kata untuk melengkapi padanan kata tersebut …
A. Enak
B. Sayuran
C. Nasi Goreng
D. Lapar
E. Es Teh
Pembahasan:
ADVERTISEMENT
Pada soal di bagian pertama ada hubungan tindakan dan alasan. Kamu akan ‘minum’ kalau kamu merasa ‘dahaga.’ Kata ‘dahaga’ itu merupakan kata lain dari ‘haus.’
Lalu, padanan kata yang harus kamu cari ialah ‘makan.’ Secara logika, kalau kamu makan karena merasa lapar. Oleh sebab itu, pilihan jawaban yang tepat untuk soal tersebut ialah D.
Contoh Soal 5
Maret-April = …
Padanan kata yang bisa disandingkan ialah …
A. Bulan-Matahari
B. Bulan-Minggu
C. Panas-Dingin
D. Minggu-Hari
E. Juli-Agustus
Pembahasan:
Pada soal hubungan antara ‘Maret’ dengan ‘April’ ialah hubungan urutan bulan. Dari padanan kata yang ada dalam pilihan jawaban, padanan kata dengan hubungan serupa ialah ‘Juli-Agustus.’ Dengan demikian, jawaban yang tepat ialah pilihan jawaban E.
ADVERTISEMENT
Itulah beberapa pembahasan tentang psikotes. Bila kamu ingin lulus dan mampu menaklukkan soal psikotes dengan mudah maka satu-satunya cara yang harus ditempuh ialah dengan sering berlatih menjawab soal-soal tersebut. Semangat.
Penulis: Muhammad Khairil
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan