Konten dari Pengguna

Ikuti Program Kampus Merdeka, Mahasiswa UPNVJT Rancang Aplikasi Belajar

Queen Anjar Dea Nigata
Mahasiswa UPN "Veteran" Jawa Timur
22 Desember 2022 15:36 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Queen Anjar Dea Nigata tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Kegiatan live session bersama dengan semua mentee dan mentor kelas 19. Sumber: Dokumentasi Pribadi.
zoom-in-whitePerbesar
Kegiatan live session bersama dengan semua mentee dan mentor kelas 19. Sumber: Dokumentasi Pribadi.
ADVERTISEMENT
Kampus Merdeka merupakan kebijakan Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang ditujukan bagi seluruh mahasiswa/mahasiswi di Indonesia. Kegiatan ini memiliki beberapa manfaat yang sehingga menarik untuk diikuti , yaitu dapat dikonversi menjadi 20 sks, memperluas koneksi pertemanan hingga di luar universitas, mempelajari suatu ilmu langsung dari mitra yang berpengalaman, serta berkesempatan mengeksplorasi bidang ilmu sesuai keahlian masing-masing.
ADVERTISEMENT
Program yang ditawarkan begitu beragam, salah satunya yaitu Studi Independen Bersertifikat. Hingga bulan Juli 2022, kampus merdeka sudah mencapai batch 3 dan membuka pendaftaran kembali. Terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta, seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk), Transkrip Nilai, Curriculum Vitae, Surat Rekomendasi Universitas, dan SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak). Tak hanya itu, terdapat juga beberapa tahapan seleksi sesuai dengan kebijakan mitra masing-masing.
Dari puluhan ribu mahasiswa yang lolos seleksi MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat), terdapat salah satu mahasiswi yang berasal dari Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur yaitu Queen Anjar Dea Nigata yang berasal dari Prodi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer. Mahasiswi ini lolos untuk mengikuti Studi Independen dengan mitra PT Impactbyte Teknologi Edukasi (Skilvul) yang merupakan salah satu mitra yang tergabung dalam program Kampus Merdeka. Skilvul merupakan sebuah platform pendidikan teknologi yang menyediakan konten pelajaran digital skills dengan metode "blended-learning" dalam bentuk online maupun offline. Visi dari mitra ini yaitu untuk menghasilkan sejuta digital talent untuk Indonesia melalui pendidikan voakasi digital. Lalu kenapa harus memilih Skilvul? Kegiatan ini akan memberikan Skilbadge setiap kali peserta berhasil menyelesaikan sebuah kelas yang nantinya dapat digunakan sebagai sertifikasi pada saat job hunting. Selain itu, Skilvul juga terhuung dengan lebih dari 150+ hiring partners, sehingga peserta akan mempunyai kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus dari program ini. Pelaksanaan program Studi Independen Bersertifikat ini didampangi oleh satu mentor di tiap kelasnya serta Bapak Asif Faroqi, S. Kom., M.Kom. sebagai dosen pembimbing dari UPN "Veteran" Jawa Timur.
ADVERTISEMENT
Kegiatan Studi Independen ini diadakan secara full online melalui aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan ini dibagi menjadi 2 projects. Projek yang pertama yaitu membuat aplikasi belajar berbasis mobile, sedangkan projek yang kedua yaitu melakukan desain ulang terhadap aplikasi atau website sesuai dengan challenge partner yang sudah dipilih masing-masing. Beberapa challenge partner yang bisa dipilih, antara lain Penanganan Bencana, Pendidikan, Amartha, Bank Jago, Campaign, Crowde, KitaBisa, Krealogi, PasarPolis, Skilvul, dan Waste4Change. Kedua projek tersebut dirancangan menggunakan pendekatan design thinking. Pengertian dari design thinking ini sendiri merupakan metode kolaborasi yang mengumpulkan banyak ide dengan tujuan untuk mencari solusi yang paling efektif dan efisien untuk memecahkan suatu masalah yang kompleks. Metode ini dibagi menjadi 5 tahapan, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan testing.
Pain Points dan How-Might We dari aplikasi Studynow. Sumber: Dokumentasi Pribadi.
Pada projek pertama, desain aplikasi belajar yang dirancang tersebut diberi nama Studynow. Tujuan dari pembuatan desain aplikasi Studynow yaitu untuk membuat platform yang menambah semangat belajar dengan adanya fitur gamification serta desain interface aplikasi yang user friendly sehingga menarik minat pengguna. Sebelum mulai merancang, maka dilakukan pengumpulan data, review, dan observasi terkait dengan aplikasi belajar serupa untuk diketahui apa saja kekurangan dari aplikasi tersebut yang akan diperbaiki nantinya. Hasil observasi tersebut kemudian dianalisis untuk menghasilkan gagasan atau ide sebagai landasan dalam membuat prototype rancangan yang akan dibuat. Setelah itu, dibuatlah user flow yang merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan pengguna untuk menyelesaikan suatu task serta wireframe sebagai gambaran kasar dari desain aplikasi yang akan dibuat. Selanjutnya, setelah membuat wireframe, maka lanjut dalam pembuatan design system agar hasil UI lebih konsisten. Tahap berikutnya yaitu pembuatan UI Design sesuai dengan user flow yang telah dibuat sebelumnya. Setelah tahap pembuatan UI Design selesai dilakukan, maka tahap selanjutnya yaitu membuat prototype dengan tujuan untuk mencoba dan mensimulasikan solusi desain yang telah dibuat. Tahap terakhir yang harus dilakukan yaitu testing untuk memperoleh feedback dari pengguna terkait aplikasi yang telah dirancang tersebut.
UI Design Aplikasi Studynow. Sumber: Dokumentasi Pribadi.
UI Design Aplikasi Studynow. Sumber: Dokumentasi Pribadi.
Di akhir kegiatan Studi Independen Bersertifikat, diadakan presentasi pada tanggal 23 Desember 2022 melalui aplikasi Zoom Meeting kepada seluruh peserta SIB Skilvul, mentor, serta mitra challenge partner masing-masing.
ADVERTISEMENT