Globalisasi Dan Pengaruhnya Terhadap Bahasa Indonesia

Raadhii
mahasiswa Universitas Pamulang, teknik informatika
Konten dari Pengguna
20 Mei 2024 14:08 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Raadhii tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi: (pixbay)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi: (pixbay)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Apa itu Globalisasi?
Globalisasi merupakan proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Kemajuan infrastruktur transportasidan telekomunikasi menjadi salah satu faktor dalam globalisasi.Hal ini menjadi tantangan bagi masyarakat Indonesia untuk dapat mempertahankan diri ditengah pergaulan antar bangsa baik pada aktivitas ekonomi maupun budaya.
ADVERTISEMENT
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasilteknologi. Teknologi mempunyai pengaruh yang besar terhadap globalisasi. Globalisasidapat diartikan sebagai proses masuknya ke ruang lingkup dunia.
Apa pengaruh Globalisasi terhadap Bahasa Indonesia?
Globalisasi dapat menyentuh aspek-aspek penting dalam kehidupan. Globalisasi dapat menciptakan tantangan dan permasalahan baru bagi masyarakat.Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu di Indonesia.
Pesatnya perkembangan globalisasi pada masyarakat dapat mempengaruhi penggunaan bahasa. Contoh permasalahan yang sering terjadi adalah banyaknya masyarakat perantauan yang belum bisa menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, serta pengguna bahasa Indonesia dicampur dengan bahasa daerah.
Era globalisasi pada masa sekarang ini menyentuh semua aspek kehidupan, Masyarakat Indonesia perlu memperhatikan jati diri bangsa yaitu berkaitan dengan bahasa. Bahasa Indonesia digunakan secara luas pada lingkungankeluarga, sekolah maupun masyarakat. Fungsi dari bahasa Indonesia adalah alat untuk menyatukan bahasa dalam berkomunikasi. Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi bangsa Indonesia dengan memiliki karakteristik sederhana, mudah dipelajari dan tidak rumit termasuk salah satunya adalah bahasa Indonesia.
ADVERTISEMENT