kumparan
18 November 2019 1:03

9 Tempat Paling Instagramable di Moskow, Rusia

PHOTO-2018-03-11-16-33-50 2.jpg
Pusat kota Moskow berselimut salju. (Foto: Pribadi)
Mantel dingin, syal, sarung tangan, dan sepatu boots adalah perlengkapan yang mesti disiapkan saat menghadapi musim dingin di Rusia. Apalagi kalau salju sudah turun. Derap kaki saat melangkah pun mesti diatur perlahan saat menjejakkan kaki di atas salju.
ADVERTISEMENT
Di negeri beruang merah ini, musim dinginnya bisa dari minus satu sampai minus yang paling ekstrem. Setiap tahunnya apabila sudah masuk musim dingin dan turun salju, sejauh mata memandang, jalanan, kendaraan, rumah, gedung, semuanya putih diselimuti salju.
Buat orang Indonesia yang sehari-harinya hidup di negara tropis dengan dua musim, pasti ingin mendapatkan pengalaman musim dingin dan melihat salju. Traveling ke negara yang ada saljunya, seperti Rusia, tentunya menjadi pilhan sangat menarik. Kota Moskow, ibukota Rusia merupakan salah satu tujuan paling favorit para traveler mancanegara.
Keindahan dan kecantikan seluruh kota Moskow saat berselimut putihnya salju membuat hampir setiap sudut kota bisa menjadi spot foto 'instagramable'. Jangankan orang Indonesia, orang Rusia juga suka berfoto berlatar salju untuk diunggah di sosmednya.
ADVERTISEMENT
Tak semua negara-negara empat musim, saat musim dinginnya berlangsung terdapat salju lebat, ada negara-negara yang hanya mendapat musim dingin dengan sedikit salju atau bahkan tidak turun salju sama sekali. Lain halnya dengan di Rusia, kalau sudah puncaknya musim dingin, salju sudah pasti turun dengan sangat lebatnya menyelimuti seluruh kota.
Sebenarnya musim dingin di Rusia berlangsung dari bulan November-Februari setiap tahunnya. Namun karena adanya perubahan iklim, seringkali musim dingin datang lebih awal ataupun lebih panjang dari jadwalnya. Turunnya salju pun jadi tidak menentu, kalau dulu di bulan Desember salju sudah mulai tebal tetapi pada beberapa tahun terakhir ini puncak salju tebal turun sekitar Januari-Februari.
Penerbangan Jakarta-Moskow membutuhkan sekitar 12-13 jam perjalanan. Kalau kamu mau ke Moskow dan ingin merasakan wisata saljunya sebaiknya rencanakanlah berkunjung di sekitar Januari atau Februari. Biasanya di periode ini puncaknya banyak dan sering turun salju. Hal yang paling penting yaitu membuat dirimu hangat dengan berbekal pakaian perlengkapan musim dingin sehingga jalan-jalanmu saat musim dingin tetap nyaman.
47221240261_4db3a45ae2_o.jpg
Tetap hangat saat musim dingin di Moskow (Foto:Flickr/Antoine K)
Di Moskow tak semua orang bisa berbahasa Inggris. Kendala bahasa sering terjadi. Meski demikian penduduk Moskow tetap ramah kepada orang asing misalkan yang ingin bertanya jalan atau arah. Muka orang Rusia memang terlihat dingin, tetapi sesungguhnya orang Rusia ramah dan senang membantu.
ADVERTISEMENT
Jalan-jalan saat musim dingin atau musim salju di Moskow memang tak seleluasa saat jalan-jalan pada musim-musim lainnya. Tetapi yakinlah, jalan-jalanmu pasti akan berkesan sekali dengan mendapatkan suguhan keindahan kota Moskow di musim dingin dan tentu saja bonus memperoleh foto 'instagramable' dengan latar putihnya salju.
Berikut sembilan tempat favorit para traveler dan paling 'instagramable' di Moskow.
1. Red Square (Kremlin, St. Basil's Chatedral dan GUM)
8868572826_eba3250db7_o.jpg
Red Square di Moskow. (Foto: Flickr/Andrew Lee)
Red Square (Krasnaya Ploshcad) atau lapangan merah merupakan tempat paling wajib untuk kamu kunjungi di Moskow. Lapangan luas ini sering dipakai untuk berbagai perhelatan dari mulai upacara, perayaan, dan parade militer. Kalau kamu berminat, makam Lenin juga berada di lapangan merah dan gratis bagi pengunjung dengan jadwal beberapa kali seminggu.
ADVERTISEMENT
Jika kamu traveling ke Moskow di akhir atau awal tahun, kamu akan beruntung bisa menikmati suasana christmas market dan arena ice skating di lapangan merah, yang biasanya berlangsung sejak Desember sampai Januari karena Rusia menganut Orthodox sehingga Natal di Rusia pada umumnya jatuh tanggal 7 Januari.
Masih di satu area sekitar lapangan merah, kamu bisa sekaligus jalan kaki ke beberapa tempat yang juga menarik dikunjungi, seperti Kremlin, St. Basil’s Chatedral dan GUM.
Kremlin adalah kompleks istana dan benteng tembok batu bata dengan 20 menara, yang didirikan pada abad ke-15. St. Basil’s Chatedral dibangun pada abad ke-16, terdiri dari kubah warna-warni unik dan sering menjadi icon kota Moskow.
5363708367_01464777a5_o.jpg
St. Basil's Chatedral dan menara Spasskaya Kremlin Moskow. (Foto: Flickr/Goodison80)
Sementara itu, GUM merupakan salah satu pusat perbelanjaan di Moskow, yang dibangun pada tahun 1893 oleh arsitek Rusia. Kamu juga bisa coba es krim khas GUM sambil menikmati musim dingin di Moskow.
IMG_5009.JPG
GUM Moskow. (Foto: Pribadi)
IMG_5017 2.jpg
Menikmati Es Krim khas GUM. (Foto: Pribadi)
2. Bolshoi Theater
ADVERTISEMENT
Bolshoi Theatre merupakan sebuah teater besar bersejarah di Moskow, dibangun pada abad ke-19, oleh arsitek keturunan Italia-Rusia. Bolshoi teater telah mengalami beberapa renovasi setelahnya. Kamu bisa berfoto di depan gedungnya, atau kalau berminat kamu bisa masuk ke dalamnya dengan membeli tiket nonton pertunjukkan seni dan ballet di Bolshoi Teater. Ballet Rusia sangat tersohor di dunia.
20240004_64ff5fbbdb_o.jpg
Suasana di dalam Bolshoi Theater. (Foto: Flickr/Tykho)
3. Gorky Park
I follow the Moskva down to Gorky Park, listen to the wind of change…Pasti familiar dengan lagu Scorpions ini kan.. Kalau kamu penasaran kenapa Scorpions sampai menuliskan taman Gorky di lirik lagunya, kamu wajib datang ke taman Gorky tempat bersantai favorit penduduk Moskow.
IMG_5011.JPG
Gorky Park di Moskow. (Foto: Pribadi)
4. The Chatedral of Christ the Saviour
The Chatedral of Christ the Saviour atau sering disebut dengan 'Gereja Putih' adalah katedral Orthodox Rusia. Katedral ini terletak di tengah kota dan selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena megahnya bangunan ini.
13889539619_177414e67b_o.jpg
The Chatedral of Christ the Saviour. (Foto: Flickr/Marina)
5. Stasiun Bawah Tanah ‘Metro’ Moskow
ADVERTISEMENT
Stasiun historis ini jangan sampe terlewatkan. Dibuka tahun 1935 sejak zaman Uni Soviet dengan 13 stasiun, stasiun ini terus berkembang sampai sekarang dan tahun 2019 ini jumlahnya bertambah banyak menjadi 232 stasiun.
Pada umumnya semua stasiun bawah tanah di Moskow amat menarik dan patut dikunjungi. Beberapa yang paling rekomen untuk dikunjungi, antara lain, Arbatskaaya, Park Pobedy, Park Kultury, Ploshad Revolutsii, Kievskaya, Teatralnaya, Komsomolskaya dan Mayakovskaya.
Jangan lupa untuk sekaligus mencoba naik kereta bawah tanahnya atau sering disebut dengan ‘metro’, transportasi cepat andalan penduduk Moskow sehari-hari.
8551249069_b3d767ab6e_o.jpg
Mayakovskaya Station. (Foto: Flickr/Addison Godel)
30197274625_ae77d392eb_c.jpg
Komsomolskaya Station. (Foto: Flickr/JRES313)
6. Naik Cruise di Sungai Moskow
Kamu harus coba naik kapal cruise menyusuri sungai Moskow. Biasanya cruise berlangsung sekitar 2,5 jam dengan tiket relatif terjangkau. Kamu bisa naik dari titik dermaga di Gorky Park atau hotel Ukraina.
ADVERTISEMENT
Saat musim dingin, kapal cruise bisa memecah es beku yang ada di sungai. Sambil menyusuri sungai Moskow kamu bisa melihat berbagai landmark kebanggan kota Moskow, seperti Kremlin, St. Basil’s Chatedral, Chatedral Christ the Saviour, Peter The Great Statue, dan sejumlah bangunan kota modern Moskow.
IMG_5010.JPG
Sungai Moskow di musim dingin. (Foto: Pribadi)
7. Seven Sisters
Di Moskow terdapat tujuh gedung tinggi 'Seven Sisters' dengan desain stalinist style. Seven sisters ini dibangun antara tahun 1947 sampai 1953 dengan perpaduan gaya Baroque dan Gothic. Beberapa bangunan Seven Sisters, yang paling wajib kamu kunjungi, antara lain, gedung Kementerian Luar Negeri Federasi Rusia (terletak tidak jauh dari Gorky Park), Hotel Ukraina, dan Lomonosov Moscow State University.
6783959259_a495065343_o.jpg
The Lomonosov Moscow State University. (Foto: Flickr/Alex Zaripov)
8. Jalan Arbat
Jalan Arbat merupakan salah satu tempat nongkrong favorit anak muda di Moskow. Jalan ini telah ada sejak abad ke-15. Di sepanjang jalan Arbat banyak tempat menarik bisa dilihat seperti bangunan bersejarah, kafe, restoran, galeri seni, dan juga banyak toko souvenir khas Rusia.
5533794807_3bce31f3d7_o.jpg
Arbat Street di Moskow. (Foto: Flickr/Lukas Beer)
9. Pasar Izmailovo
ADVERTISEMENT
Di sini pusatnya untuk membeli souvenir khas Moskow dengan harga lebih murah dibandingkan dengan di jalan Arbat. Pasar Izamilovo adalah pasar 'kaget' di Moskow, yang juga banyak menjual barang-barang kesenian dan kerajinan khas Rusia. Pasar ini hanya buka di hari tertentu, biasanya setiap hari Rabu, Sabtu dan Minggu.
Di pasar Izmailovo kamu juga bisa bersantai di gerai-gerai makanan sambil mencoba makanan khas Eropa Timur dan juga Rusia, seperti shaslik (seperti sate daging sapi/kambing/ayam) dan borsch (sup bit dengan campuran sayur dan kacang).
IMG_5021.JPG
Pasar Izmailovo, Moskow. (Foto: Pribadi)
Sekian cerita tentang suasana musim dingin di Moskow dan spot paling menarik dan ‘instagramable’ di ibukota Rusia. Semoga kamu mendapat kesempatan berkunjung ke negerinya Putin ini. Kalau kamu sudah ke 9 tempat paling 'instagramable' ini kamu sudah ‘sah’ ke kota Moskow, Rusia.
ADVERTISEMENT
Pastinya pengalamanmu jalan-jalan saat musim dingin dan melihat turunnya salju di Moskow akan sangat bekesan dan tak terlupakan :)
IMG_5018.JPG
Saat salju turun di Moskow. (Foto: Pribadi)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan