Konten dari Pengguna

Kritik Sastra Sosiologi Lagu "Bongkar" oleh Iwan Fals

Raden Muhammad A
Mahasiswa aktif Universitas Pamulang
15 Juni 2024 11:13 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Raden Muhammad A tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
https://www.youtube.com/watch?v=6ngFxr51W9A (tangkapan layar dari youtube)
zoom-in-whitePerbesar
https://www.youtube.com/watch?v=6ngFxr51W9A (tangkapan layar dari youtube)

Latar Belakang

ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Lagu "Bongkar" oleh Iwan Fals dirilis pada tahun 1989, dalam album "Opini". Lagu ini merupakan salah satu lagu kritik sosial yang paling terkenal dari Iwan Fals dan menjadi ikon perlawanan terhadap ketidakadilan.
ADVERTISEMENT

Analisis Lirik

Secara keseluruhan, lagu "Bongkar" sarat dengan kritik sosial terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia pada masa itu, termasuk:
Ketidakadilan dan kesewenang-wenangan: Lirik lagu menggambarkan bagaimana rakyat kecil ditindas dan diperkuda oleh para penguasa yang hanya mementingkan diri sendiri. Hal ini terlihat pada bait pertama dan kedua lagu.
Keadaan sosial yang memprihatinkan: Lagu ini juga menggambarkan keadaan sosial yang memprihatinkan, seperti kemiskinan, kesenjangan sosial, dan kurangnya akses terhadap pendidikan dan kesehatan. Hal ini terlihat pada bait ketiga lagu.
Ketidakpercayaan terhadap pemerintah: Rakyat sudah muak dengan ketidakpastian dan keserakahan pemerintah yang hanya mementingkan diri sendiri. Hal ini terlihat pada bait keempat dan kelima lagu.
Semangat perlawanan: Lagu ini mengajak rakyat untuk berani melawan ketidakadilan dan bersatu padu untuk memperjuangkan keadilan. Hal ini terlihat pada bait keenam, ketujuh, dan kedelapan lagu.
ADVERTISEMENT

Dampak dari Lirik Lagu Bongkar

Lagu "Bongkar" memiliki dampak yang besar bagi masyarakat Indonesia. Lagu ini menjadi lagu yang digemari oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang merasa tertindas dan tidak mendapatkan keadilan. Lagu ini juga menjadi lagu yang inspiratif bagi banyak aktivis dan gerakan sosial.
Hingga saat ini, lagu "Bongkar" masih relevan dengan kondisi masyarakat Indonesia. Lagu ini menjadi pengingat bagi kita semua untuk selalu kritis terhadap ketidakadilan dan berani melawannya.

Kesimpulan

Lagu "Bongkar" oleh Iwan Fals merupakan sebuah kritik sosial yang kuat dan relevan dengan kondisi masyarakat Indonesia. Lagu ini menggunakan berbagai gaya bahasa yang efektif untuk menyampaikan kritiknya dan memiliki dampak yang besar bagi masyarakat.
Lagu ini menjadi pengingat bagi kita semua untuk selalu kritis terhadap ketidakadilan dan berani melawannya.
ADVERTISEMENT

Catatan

Analisis ini hanya membahas beberapa aspek dari lagu "Bongkar". Masih banyak aspek lain yang dapat dianalisis.
Semoga analisis ini bermanfaat!