Restorasi Mobil Motor Klasik di Yogyakarta

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Konten dari Pengguna
28 November 2022 9:16
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Radi Kusuma Adhinata tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Saat ini mobil dan motor klasik sangat digandrungi oleh anak muda dengan cara merestorasinya. Ketelitian dan kecermatan diperlukan untuk restorasi. Merombak dan membangun kendaraan agar menjadi layak jalan tanpa menghilangkan nilai klasik dan kunonya adalah untuk mengingat momen indah dan tak terlupakan saat mengendarai sepeda motor atau mobil.
Foto motor klasik yang digunakan anak muda (Minggu (27/11/2022)) Sumber: dokumen pribadi
zoom-in-whitePerbesar
Foto motor klasik yang digunakan anak muda (Minggu (27/11/2022)) Sumber: dokumen pribadi
Restorasi adalah proses pemulihan mobil klasik untuk menjadi lebih baik dan lebih layak untuk digunakan sebagai alat transportasi. Perbedaan antara kendaraan yang sudah direstorasi dengan yang belum adalah penampilan kendaraan yang kembali segar seperti keluar dari pabrik. “Suka motor klasik karena melambangkan kesederhanaan dan belajar menghargai dan merawat yang ada” ujar raja.
ADVERTISEMENT
Mengendarai kendaraan tua seakan memberikan kebanggaan tersendiri. Kendaraan klasik retro terus digemari oleh para penggiat otomotif di dunia hingga saat ini. Menariknya bahwa anak muda sangat menyukai kendaraan klasik. Maka tidak heran jika para penghobi yang mengoleksi atau memodifikasi mobil dan motor klasik. Mobil lawas seperti sedan klasik atau motor bebek klasik dikategorikan sebagai kendaraan segala zaman selain memiliki desain yang khas dan unik. Banyak orang masih mengendarai kendaraan klasik secara teratur. Meski sudah kuno, kendaraan klasik tetap bisa dirawat dengan baik dengan perawatan yang tepat.
Memiliki sebuah hal klasik di era modern memang suatu hal yang paling memuaskan. Apalagi jika hal tersebut berkaitan dengan mobil tua yang sudah tidak diproduksi lagi. Memiliki barang klasik di zaman sekarang adalah hal yang paling menyenangkan. apalagi jika menyangkut mobil dan motor klasik yang sudah tidak diproduksi lagi. Sekalipun keadaan telah berubah, hasrat mereka yang menyukai industri otomotif terhadap kendaraan dan sepeda motor klasik tidak pernah surut. Penggemar, khususnya, selalu bertambah dari hari ke hari.
ADVERTISEMENT
Tapi apa yang sebenarnya dicari dari kendaraan klasik ini? Tentunya selain keindahan dan fungsinya, mobil dan motor klasik banyak diminati karena keunikannya yang jarang dimiliki kendaraan masa kini. Selain itu, antusiasme terhadap kendaraan tua juga turut didukung beberapa komunitas masyarakat yang kini tengah melestarikannya.
Menemukan mobil atau motor klasik dalam kondisi sangat baik akhir-akhir ini benar-benar menantang. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperbaiki dan mengganti bagian mobil atau sepeda motor yang rusak, berkarat, atau tidak berfungsi secara keseluruhan. Demikianlah apa yang dimaksud dengan restorasi.
Tergantung seberapa sulit proses restorasi, setiap restorasi yang dibutuhkan untuk membuat kendaraan layak jalan dan berkilau memiliki biaya yang bervariasi. Suku cadang dapat diperoleh di beberapa toko di Yogyakarta atau kota-kota terdekat seperti Bandung, Semarang, atau Jawa Timur dengan tetap memperhatikan hasil yang maksimal.
ADVERTISEMENT
Saat memilih suku cadang, ada yang orisinil dan ada replika yang berkualitas yang diberi treatment. Sehingga memiliki kekuatan yang sama dengan suku cadang asli. Beberapa bagian replika memiliki kualitas yang baik, jadi tidak semuanya buruk. Ketepatan pemasangan, harga cukup murah, adalah yang paling penting.
“Untuk biaya restorasi sebenernya tergantung kondisi dan kendaraan apa yang sedang direstorasi untuk mobil paling umum kira kira biayanya 20juta hingga 30juta belum biaya jasanya” ujar Bram. “Sedangkan untuk motor harga Rp5 juta per unit kendaraan, sudah termasuk biaya cat, bongkar pasang dan setting kendaraan tapi belum termasuk biaya penggantian suku cadang” ujar Raja.
Untuk durasi pengerjaan tergantung kondisi dan kendaraan apa yang sedang direstorasi untuk mobil rata 6 bulan hingga 1 tahunan sedangkan durasi pengerjaan motor sekitar 3 bulan hingga 6 bulan, jika semua suku cadang sudah tersedia sekitar dua minggu.
ADVERTISEMENT
Tips yang perlu di perhatikan sebelum melakukan restorasi kendaraan adalah
1. Memilih bahan yang bagus dan masih layak
Kendaraan yang akan direstorasi, seperti mobil atau motor, adalah bahan yang dimaksud. Meski materialnya berupa rongsokan, kita tetap bisa memilih kondisi yang berkualitas baik. Beban kerja bengkel restorasi akan berkurang semakin baik kondisi bahannya. Kita ambil contoh kondisi body. Semakin parah rusaknya yang ada pada body maka semakin banyak waktu yang digunakan untuk memperbaiki atau menggantinya.
2. Mencari informasi detail jenis kendaraan yang akan di restorasi
Perlu memiliki pengetahuan tentang seluk beluk mobil yang akan kita restorasi agar aman dikendarai. Ini ada hubungannya dengan aksesibilitas suku cadang. Jangan biarkan pekerjaan restorasi terhenti karena dibatasi oleh ketersediaan suku cadang. Contoh mobil yang direstorasi antara lain Kijang Super, Corolla DX, atau VW kodok, sedangkan contoh motor yang direstorasi antara lain Honda Astrea, Honda CB, dan Yamaha Rx King, yang semuanya sudah populer di pasar Indonesia dan tidak kekurangan suku cadangnya. Namun, mungkin untuk restorasi kendaraan klasik lainnya, mungkin beberapa jenis dan merek mobil atau sepeda motor yang kurang diminati akan terkendala dengan ketersediaan suku cadang.
ADVERTISEMENT
3. Pehitungkan Biaya
Biaya melakukan restorasi kendaraan jelas diperlukan. Karena setiap kendaraan akan memiliki budget yang berbeda.
4. Cari bantuan di komunitas
Akan lebih baik jika Anda bergabung dengan komunitas kendaraan jika Anda menyukai jenis atau merek mobil klasik tertentu. Ada banyak komunitas penggemar kendaraan klasik yang tersebar di seluruh media sosial. Jejaring sosial adalah sumber yang bagus untuk menemukan forum dan saran tentang perawatan mobil tua.
5. Pilih Bengkel yang Tepat
Tidak semua bengkel memiliki kemampuan untuk restorasi. Kami menyarankan melakukan survei dulu untuk mencari tau fasilitas perbaikan yang dapat dipercaya dalam melakukan restorasi.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020