Konten dari Pengguna

10 Fakta Kuda Laut, Hewan Laut yang Tidak Pandai Berenang

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
20 Februari 2024 11:18 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi fakta kuda laut. Sumber: unsplash.com?DavidClode
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi fakta kuda laut. Sumber: unsplash.com?DavidClode
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Fakta kuda laut menarik untuk diketahui karena kuda laut digunakan sebagai lambang hal-hal yang berhubungan dengan minyak bumi. Bahkan Pertamina pernah menggunakan kuda laut sebagai logo resmi perusahaan.
ADVERTISEMENT
Salah satu alasannya karena minyak bumi dan gas sering ditemukan di tempat yang banyak terdapat fosil kuda laut. Namun kuda laut juga bisa ditemui sebagai ikan hias. Fakta tersebut menimbulkan rasa ingin tahu lebih jauh tentang kuda laut.

Fakta Kuda Laut

Ilustrasi fakta kuda laut. Sumber: unsplash.com/DavidClode.
Sebutan kuda laut disematkan karena kepalanya yang berbentuk seperti kuda. Kuda laut merupakan genus Hippocampus. Dari bahasa Yunani, hippos artinya kuda, sedangkan campus artinya monster laut.
Sirip kuda laut yang tidak kentara membuatnya sering dipertanyakan apakah termasuk ikan atau bukan. Untuk mengetahuinya lebih jauh, berikut adalah fakta kuda laut, yang dikutip dari Mengenal Kuda Laut dan Proses Reproduksinya yang Unik, Gagan Harry (2022:3).
ADVERTISEMENT
Fakta kuda laut yang tidak bisa berenang dengan baik diimbangi dengan kemampuan anggota tubuh lainnya. Kemampuan tersebut membuat kuda laut bisa bertahan hingga sekarang. (lus)